Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1098


Hai wanitanya Allah, apakah kamu berulang tahun di bulan Agustus ini? Kalau benar, selamat ulang tahun ya. Apakah hari istimewamu itu seperti yang kamu harapkan? Ya, biasanya para isteri mengharapkan kejutan istimewa dari suami di hari ulang tahunnya. Namun sering kali kecewa, karena suami malah lupa kalau hari itu adalah hari lahir sang isteri tercinta.

Sedih, marah, kesal dan kecewa mungkin berkecamuk dihatimu. Tapi sabar dulu ya, bunda. Suamimu tidak secara sengaja melupakan hari ulang tahunmu atau bahkan hari ulang tahun pernikahan kalian. Menurut sebuah penelitian di Norwegia terhadap 45.000 orang, terbukti bahwa para pria lebih sulit mengingat nama dan juga tanggal.

Jadi, kalau suamimu kelupaan tanggal istimewamu, jangan langsung marah atau bahkan ngambek dan mendiamkan dia ya. Dia nanti akan semakin bingung dengan sikapmu. Kamu perlu lebih sabar ya, jangan sampai hanya karena ia benar-benar lupa, hal tersebut kamu jadikan masalah besar.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1# Perbaiki persepsimu tentang mengapa hari ulang tahunmu atau hari ulang tahun pernikahanmu penting

Ada banyak wanita yang “mengartikan” mengingat hari ulang tahun dan memberikan hadiah atau kejutan sebagai tanda cinta sang suami. Jadi, jika suami lupa, mereka menganggap suami tidak lagi mencintai mereka atau tidak lagi peduli dengan mereka.

Tentu saja itu tidak benar ya, suamimu tetap mencintaimu kok. Dia mungkin mengungkapkan cintanya dalam bentuk lain, hal-hal kecil yang ia lakukan untukmu setiap hari.

Jadi, coba kamu perbaiki persepsimu atau pandanganmu tentang kadar cinta dan perhatian suamimu ya. Cobalah lihat dari sudut pandangnya, coba tanyakan kepadanya apa sih yang jadi ungkapan cinta dan perhatian menurut dia.

Nah, kalau kalian sudah bisa menyelaraskan persepsi tentang ukuran dari perhatian dan cinta serta bagaimana mewujudkannya, hal tersebut akan mempermudah komunikasi kalian berdua.

2# Jangan meminta dia membaca pikiranmu, ungkapin aja yang kamu inginkan

Ini seringkali menjadi pemicu konflik dalam pernikahan, yaitu para isteri mengharapkan suami dapat membaca pikirannya. Tentu saja suami gagal dalam hal ini, dia bukan Tuhan dan juga bukan dukun, jadi pasti tidak bisa menebak apa pikiran dan isi hatimu.

Kalau kamu ingin sesuatu, kenapa ngga langsung aja sih didiskusikan dengan dia. Contohnya, kalau kamu ingin ulang tahunmu kali ini dirayakan dengan makan malam berdua saja, kamu bisa ajak diskusi suamimu sehingga bisa mengatur waktu agar dia bisa pulang lebih awal dari kantor dan juga menitipkan anak ke rumah orangtuamu atau mertuamu.

Nah, kalau gitukan lebih enak. Ngga perlu tuh ngambek-ngambek, apa lagi berantem.

3# Masukkan hari istimewa di kalender handphonenya dan buatlah reminder

Yang satu ini penting, kalau kamu masih ingin dia mengingat hari-hari istimewa kalian. Mintalah ijin untuk memasukkannya di kalender handphonenya, dan bila perlu buatlah pengingat atau alarm satu hari atau beberapa hari sebelum hari penting itu. Dengan cara ini, dia pasti akan ingat.

Tapi kalau dia sampai kelupaan juga nih, jangan langsung marah-marah ya. Bicarakan baik-baik, mungkin saja dia sedang sibuk atau mengalami kendala lain yang membuat perhatiannya teralih.

4# Menyamakan budaya

Ada keluarga-keluarga yang memang tidak pernah merayakan ulang tahun pernikahan atau ulang tahun anggota keluarganya. Jangan-jangan, itulah yang terjadi dalam kehidupan suamimu. Jadi, jika menurutnya hal itu bukanlah prioritas, kamu tidak bisa menyalahkannya, karena hal itu sudah menjadi budaya yang ditanamkan dalam keluarganya.

Jalan keluarnya adalah membuat kesepakatan bersama, apakah di keluarga kalian yang baru ini akan membangun budaya yang berbeda. Salah satunya adalah dengan merayakan hari-hari istimewa kalian, seperti hari ulang tahun, ulang tahun pernikahan, membuat peringatan meninggalnya orangtua dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lupa hari ulang tahun menjadi salah satu pemicu perceraian, tentu kita tidak pernah mengharapkan hal tersebut terjadi dalam pernikahan kita bukan. Semoga dengan menerapkan empat langkah di atas kita bisa menghindari pertengkaran-pertengkaran yang tidak seharusnya, sebaliknya hari-hari istimewa ini akan semakin mempererat hubunganmu dengan suamimu ya.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)