Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
332


Siapa sih yang suka dengan perut buncit? Tentu nggak satupun kan? Tapi kenyataannya, di zaman sekarang ini, semakin banyak orang yang mengalami perut buncit. Apakah kamu salah satunya?

Menurutmu, kenapa sih perut seseorang buncit? Nah, menurut HelloSehat, penyebab perut buncit itu adalah :

Pertama, kebanyakan pikiran alias stres.

Ayo, coba di cek. Apakah kamu sedang stres, banyak pikiran dan perut buncit? Nah, mungkin benar adanya bahwa kamu terlalu stres sehingga nafsu makan kamu menjadi meningkat, terutama makanan manis. Bentar-bentar beli cokelat, bentar-bentar pengen permen, bentar-bentar pengen makan nasi dan makanan lainnya.

Alhasil terjadi deh penumpukan lemak di perut kamu, apalagi jika habis makan, menghibur diri nonton TV sambil baringan. Yah... jadi deh penumpukan lemak.

Orang yang begini, biasanya lemaknya banyakan tertimbun di bawah pusat. Husst...aku juga mengalami hal yang serupa nih!

Kedua, karena malas olahraga

Sudah banyak makan, stres, eh malas olaharaga. Yah, kalau sudah begini, kebaya idaman cuma tinggal angan, perut sixpax cuma mimpi. Perut buncit tidak akan berkurang meski kamu mengatur porsi makan tapi nggak olahraga. Jadi harus dibarengi olahraga.

Ketiga, kurang tidur.

Nggak banyak yang tahu kan? Yap, ternyata kurang tidur nggak cuma mempengaruhi kesehatan tapi bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan berpengaruh pada penumpukan lemak di visceral.

Menurut Hellosehat, kamu harus tidur setidaknya 6-8 jam biar penumpukan lemak tidak merajalela di tubuh kamu.

Keempat, adanya bakteri di usus. Hati-hati loh!

Tahu nggak sih kalau di usus kita ada jenis bakteri yang banyak banget, ada ratusan deh! Jadi kalau kita nggak menjaga kesehatan usus kita, yang terjadi perut kita akan buncit.

Dikutip dari Hellosehat, orang gemuk biasanya memiliki jumlah bakteri Firmcutes yang lebih banyak daripada orang yang berbadan normal.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa bakteri tersebut mampu meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan sehingga mampu menaikkan berat badan termasuk lemak perut. Tapi nggak menutup kemungkinan bakteri tersebut bersarang di usus orang kurus juga loh. Jadi, hati-hati mengkomsumsi makanan ya, perhatikan kebersihannya dan jangan lupa komsumsi minuman sehat untuk usus kamu.

BACA JUGA :

Jangan Panik, Lakukan Ini Biar Nggak Terasa Sakit Pas Lahiran!

Setelah kamu sudah tahu penyebab perut buncitmu, sekarang saatnya untuk mengubah gaya hidup untuk memaksimalkan penurunan perutmu. Perut buncit itu nggak menarik banget, apalagi bagi perempuan. Saya pernah dikatain 'hamil' loh lantaran perut terlalu buncit. Duh, sedih ya!

Nah, itu sebabnya, lakukan hal ini yuk, untuk membantu mengurangi perut buncitmu. Kalau perut langsing, kan bebas mau pakai baju apa saja.

1. Kalau makan, jangan kunyah 1,2 kali langsung ditelan ya.  Kunyahlah dengan lambat dan sabarlah sampai makanannya melunak.

Ada tipekal orang yang malas mengunyah terlalu lama, ada juga yang suka mengunyah sampai lama sekali menyelesaikan makanan. Salah satunya yang malas mengunyah adalah saya. Apakah kamu juga begitu?

Biasanya orang yang hanya mengunyah makanan sekali atau dua dan tiga kali lalu ditelan, cenderung cepat kenyang tapi cepat lapar. Itu akan membuat kamu ingin makan dan makan lagi, sementara butuh waktu 2 atau 3 jam bagi tubuh kamu untuk mengubah makan menjadi energi untuk tubuh. Jikalau makanan tadi belum menjadi energi kemudian kamu timpa dengan makanan lagi, bayangkan bagaimana kondisi ususmu. Tidakkah logis bahwa itulah penyebab mengapa perutmu menjadi buncit?

Sebaiknya, kunyahlah makanan kamu sampai benar-benar melunak dan siap ditelan. Meski membutuhkan waktu, setidaknya ini baik buat ususmu dan mudah untuk diproses menjadi energi. Selain itu kamu tidak gampang lapar.

2. Makanlah lebih banyak protein dibanding karbo.

Kalau kamu adalah orang yang suka makanan yang mengandung karbohidrat dibanding sayuran, buah-buahan dan daging maka bersiaplah untuk buncit.

Sekarang cobalah ubah pola makanmu, misalnya memakan sayuran dan buah-buahan. Ini bagus banget buat pencernaanmu loh!

BACA JUGA :

Gampang! Dengan 6 Langkah Simple Ini, Maka Penyakit Tak Akan Menyerangmu!

3. Jangan makan sebelum pas menjelang tidur.

Ngerti nggak maksudnya? Iya, jangan coba-coba menyentuh makanan kalau sudah bersiap tidur. Karena butuh waktu 2 atau 3 jam memproses makanan di perut, jadi pastikan makan 3 atau 4 jam sebelum tidur.

Karena kalau kamu makan menjelang tidur, kalori di tubuh kamu tidak akan diolah menjadi energi melainkan jadi lemak.

Kalau kamu laper di malam hari, minumlah air putih dan makan setidaknya buah, itupun jika kamu sudah tidak tahan. Atau nggak, silahkan makan dimalam hari, tapi pastikan tidak langsung tidur ya! Tunggu 2 sampai 3 jam baru tidur.

4. Olahraga

Ada banyak olahraga yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perut buncitmu. Mulai dari cardio hingga sit-up dan push up.

Kalau kamu malas nge-gym setidaknya berlarilah sekeliling kompleks rumahmu, 20-30 menit sih sudah cukup,atau nggak kamu bisa memilih olahraga cardio lainnya seperti bersepeda, atau berenang.

Karena olahraga ini melibatkan seluruh anggota tubuhmu, dipastikan lemak-lemak di tubuhmu sedikit demi sedikit berkurang dan kamu menjadi lebih lansing deh.

Oh, kamu juga mencoba olahraga sit-up atau push-up dirumah. Olahraga ini ampuh banget untuk perut buncit. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih cepat, lakukan dengan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up setiap hari, bahkan naikkan intesitas latihan setiap hari sesuai kemampuan kamu.

Disarankan, lakukan pas pagi hari ya, karena bagus banget untuk mengontrol nafsu makanmu dan bikin kamu gampang kenyang. 

Jadi, itulah cara untuk menurunkan perut buncit. Semoga tahun ini bisa terealisasikan dengan baik ya! Amin.

Sumber : lifehack/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3