Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
567


Di era 80-an, dunia mode bisa dibilang masih menawarkan produk yang sopan.

Tak banyak pilihan mode saat itu. Sehingga anak-anak remaja sendiri tak tertarik menerapkan gaya busana yang sedang tren saat itu.

Tapi jaman mulai berubah. Semakin ke sini, kita bisa melihat betapa tawaran fashion membuat semua kalangan usia tergiur. Bukan hanya wanita-wanita dewasa dan kaum ibu yang ingin berpenampilan trendy atau kekinian. Tapi bahkan gaya busana anak-anak balita pun dipenuhi dengan beragam pilihan yang begitu menarik sampai yang terkesan seksi.

Gak heran kalau dunia fashion terus mengembangkan inovasinya untuk meluncurkan beragam bentuk busana yang membuat semua kalangan terlihat lebih menarik dan kekinian.

Bukan cuma ragam produk fashion yang muncul. Tapi juga tawaran fashion dari media-media, membuat bahkan anak-anak remaja begitu update mengikuti tren.

Di usia remaja, khususnya bagi anak perempuan adalah masa dimana persepsi mereka berkembang. Mereka mulai mudah tergoda mengikuti apa yang menurut mereka menarik.

Anak remaja perempuan mulai suka mengenakan celana pants yang cukup pendek. Atau hanya mengenakan tank top di depan publik. Ada juga yang mengenakan pakaian ketat yang membentuk seluruh tubuhnya.

Untuk anak seusia remaja, apakah pantas mengenakan pakaian semacam ini?

Semua orangtua pasti tak ingin anak-anak mereka dinilai sebagai mangsa dari lawan jenisnya bukan?

Tapi jika anak remaja perempuanmu justru suka mengenakan pakaian itu karena kesenangannya. Apakah orangtua harus membiarkan? Atau justru melarangnya mengenakan pakaian sejenis?

Hal yang paling mudah untuk mengingatkan anak remaja perempuan soal cara berpakaian yang pantas dan sopan adalah mengingatkannya soal pandangan Tuhan soal tubuh.

Di 1 Timotius 2: 9 dikatakan, “Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal…”

Kata ‘sederhana’ di dalam ayat ini bisa diartikan dengan ‘layak’, ‘terhormat’ atau ‘pantas’. Dengan kata lain seorang perempuan harus berpakaian yang tidak boleh menarik secara seksual atau menarik perhatian yang tidak seharusnya di depan umum.

Baca Juga : Tuntut Anak Selalu Berprestasi, Bukan Hanya Bikin Anak Stress. Dampaknya Bisa Separah Ini

Karena itulah penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak remaja perempuan mereka dan membuat batasan soal berpakaian (Ulangan 6: 7).

Pastinya hal ini gak akan mudah dilakukan, terutama kalau anak remaja ingin tampil terlihat trendy sama seperti anak gadis lainnya di luar sana.

Tapi bukan berarti karena anak remajamu berontak atau menyampaikan alasannya, orangtua pun memakluminya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak remaja perempuannya soal cara berpakaian yang pantas.

1. Sampaikan soal pentingnya berpakaian sopan

Kasih pengertian kenapa anak gak diperkenankan untuk memakai pakaian ketat atau seksi.

Setiap anak perlu penjelasan yang bisa mereka terima dari larangan yang disampaikan orangtua.

Kalau orangtua gak mengajarkan anak soal beberapa cara berpakaian yang tidak baik, kemungkinan dia akan memberontak dan tetap mengenakan pakaian itu.

Jelaskan bahwa mengenakan pakaian yang terbuka bisa menarik perhatian orang yang salah bahkan orang yang bisa jadi ancaman.

Ajari dia kalau kesopanan bukan hanya bicara soal cara berpakaian, tapi juga soal bersikap. Jenis pakaian yang kita pilih bisa jadi cerminan dari siapa diri kita (Lukas 6: 45; 1 Petrus 3: 3-4).

2. Jadilah teladan soal busana

Tunjukkan model pakaian yang bagaimana yang bisa dikenakan anak remajamu. Biarkan dia menirunya dari orangtuanya.

Anak-anak biasanya cenderung akan menirukan kebiasaan orangtuanya. Begitu pula dengan cara berpakaian. Tunjukkan kepada anak bahwa kesopanan adalah sesuatu yang perlu diajarkan di rumah.

“Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik, dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.” (Titus 2: 3-5).

3. Ajak anak belanja bersama

Kesibukan mudah sekali mengalihkan prioritas orangtua. Dengan uang, mereka bisa saja tak lagi perlu mengawasi apa yang dibeli anak. Dan saat anak remajamu membeli pakaian sendiri, saat itulah dia bisa membelikan pakaian apapun sesuai dengan yang dia sukai.

Akibatnya, orangtua akan mengalami serangan panic karena anak remajanya mengenakan pakaian yang tak pantas.

Untuk menghindari hal ini, jangan biarkan anak remajamu membelikan pakaiannya sendiri. Sebaliknya, ajak dia untuk membelinya bersama-sama untuk memastikan pilihan pakaian yang dia beli.

Orangtua bertanggung jawab untuk mendidik anak perempuannya sejak masih muda untuk menetapkan pilihan yang baik untuk dirinya sendiri. Dan hal ini akan berdampak baik bagi hidupnya kelak saat dia mulai beranjak dewasa.

4. Tegaslah berkata ‘TIDAK’

Di usia remaja, orangtua diperhadapkan dengan sikap anak yang mulai membangkang dan menantang. Jadi untuk menghadapi sikap ini, orangtua perlu menunjukkan sikap tegas.

Jika anak remajamu memaksa mengenakan pakaian yang ketat atau mini, tegaskan bahwa pakaian itu memang terlihat menarik dan membuatnya terlihat seksi. Tapi tegaskan bahwa nilai dirinya tidak ditetapkan oleh pakaian-pakaian semacam itu.

Gak ada cara yang lebih baik untuk melindungi anak remajamu dari ancaman bahaya fashion di jaman ini selain terus mengawasinya. Namun yang paling penting dari semuanya adalah bahwa dia mengenal identitasnya dan bagaimana seharusnya dia berpenampilan sesuai dengan standar Allah.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer

Brutal Fight 21 November 2019 - 09:37:32

Pacaran yang baik menurut alkitab

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3