Terungkap, Gereja Awal di Zaman Rasul Petrus Ditemukan di Lokasi Ini…

Terungkap, Gereja Awal di Zaman Rasul Petrus Ditemukan di Lokasi Ini…

Lori Official Writer
1034

Sebuah gereja kuno yang diyakini sebagai tempat dimana Rasul Petrus dan Andreas tinggal ditemukan di dekat Danau Galilea, Israel.

Penemuan ini pertama kali dilakukan oleh Nyack College di New York bekerja sama dengan Pusat Studi Yahudi Kuno dan Asal Usul Kristen pada Juni lalu.

Gereja ini diyakini berasal dari zaman Bizantium membutuhkan proses penggalian selama empat tahun dan akan membutuhkan satu tahun lagi untuk menggali sisa-sisa reruntuhan gereja. 

“Gereja Para Rasul dibagun di atas rumah Petrus dan Andreas, pastilah sebuah bangunan yang luar biasa. Butuh semusim lagi untuk mengungkapnya sepenuhnya,” kata R. Steven Notley, seorang profesor Perjanjian Baru dari Nyack College.

Di antara reruntuhan bangunan ditemukan sisa-sisa Salib batu.

Baca Juga:

Kabar Baik! Lembaran Papirus Tertua Kristen Ini Ditemukan di Mesir

Akhirnya Gua Persembunyian Daud Ditemukan Setelah Sekian Lama Tersembunyi

Lokasi bangunan ini pertama kali ditemukan oleh seorang Uskup Bavaria bernama Willibald yang pernah melewati daerah sekitar Danau Galilea pada tahun 725.

“Dalam perjalanan, dia melewati sebuah tempat bernama Bethsaida di mana dia melihat sebuah basilika yang dibangun di atas rumah Petrus dan Andreas,” demikian ditulis dalam laporan penelitian dari Pusat Studi Yahudi Kuno.

Sampai saat ini, penggalian berfokus pada bangunan sebelah selatan dimana hal itu diyakini sebagai kompleks biara.

Dalam kisah Alkitab, kita tahu bahwa Petrus dan Andreas adalah dua bersaudara dan merupakan murid pertama Yesus. Mereka bertemu ketika Petrus dan Andreas sedang memancing di Danau Galilea. Kemudian, kedua bersaudara itu memutuskan untuk mengikut Yesus setelah mendengar dan menyaksikan apa yang dilakukan Yesus atas mereka.

Semoga penemuan sisa sejarah Alkitab ini semakin mengungkapkan kebenaran yang dituliskan dalam Alkitab dan semakin banyak orang yang dimenangkan di dalam Yesus.

Sumber : Cnn | Jawaban.com

Ikuti Kami