Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
416


Seorang pemuda bernama Toni berhenti mengencani wanita yang dia dekatinya sejak bulan Juni lalu karena kalau dihitung-hitung biayanya cukup tinggi. Bisa dibilang kencan termasuk salah satu bentuk pemborosan.

Pada umumnya, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk bisa menikmati waktu bersama gebetan atau pacar. Tapi belakangan ini, banyak kaum millennial yang mulai menyadari bahwa pengeluaran untuk kencan cukup menguras kantong.

Mereka beralasan bahwa mengajak gebetan atau pacar ke suatu tempat yang istimewa memang menyenangkan. Tapi kalau tujuannya hanya untuk tahu apakah mereka terkoneksi atau serasi, tindakan itu dianggap hanya buang-buang uang.

Baca Juga:

Supaya Penghasilanmu Bertambah 10 Kali Lipat, Kuncinya Cuma 5 Hal Ini…

Begini 3 Cara Tingkatkan Brand Awareness Lewat InstaStory, Yuk Dicoba!

Kencan atau pacaran memang butuh biaya. Nah, kalau misalnya kencan melibatkan mahasiswa atau pekerja yang penghasilannya pas-pasan, gimana mungkin bisa menutupi biaya pacaran? Beda lagi kalau kasusnya hubungan jarak jauh, pasti jauh lebih menghabiskan banyak uang.

Faktor mahalnya biaya kencan inilah yang kemudian membuat sebagian kaum millennial (anak muda) merasa kalau mereka benar-benar siap berkencan kalau stabilitas keuangannya sudah baik.

Di Amerika, 21% anak millennial percaya kalau mereka perlu mencapai tingkat pendapatan tertentu untuk bisa menjalani hubungan cinta. Kondisi inilah yang mengubah konsep berpacaran terus berkembang dari waktu ke waktu.

Bahkan saking mempertimbangkan biaya pacaran yang tinggi, hampir sebanyak dua pertiga anak muda berusia 20-an menahan diri untuk menjalin hubungan. Mereka lebih memilih untuk menabung dan mendapatkan karir dan keuangan yang stabil sebelum menikah.

Tantangan keuangan yang dialami anak millenia inilah membuat Dana Marineau, wakil presiden dan penasihat keuangan di Credit Karma, sebuah situs konsultasi keuangan, mencoba menemukan cara untuk menolong anak muda terhindar dari biaya kencan yang mahal.

Menurutnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran kencan yang tinggi.

1. Sisihkan jumlah pengeluaran untuk kencan setiap bulan.

Marineau menyarankan supaya anak muda bisa menyisihkan berapa besar jumlah uang untuk kencan. Pastikan pengeluaran itu sudah disesuaikan dengan penghasilan yang didapat.

“Berhati-hatilah dengan jumlah (pengeluaran) yang kamu tetapkan untuk dirimu dan jangan biarkan kamu menghabiskan lebih dari itu,” ucapnya.

2. Jujur tentang penghasilanmu kepada gebetan atau kekasihmu.

Bersikap jujur soal kondisi keuangan kepada pacar atau gebetan akan membebaskanmu dalam menjalani hubungan yang lebih sehat dan hemat. Selain itu, hal ini akan membuatmu pura-pura menawan di depan sang kekasih.

“Berkencanlah untuk menikmatinya bersama, bukan untuk mengesankan satu sama lain,” katanya.

3. Pergilah berkencan ke tempat-tempat yang terjangkau.

Tak melulu harus pergi ke mall atau kafe-kafe yang mahal. Kencan juga bisa dinikmati di tempat-tempat terjangkau.

“Kencan yang mengesankan gak selalu ditentukan hanya karena itu mahal,” terang Marineau.

4. Selalu gunakan uang cash.

Saat berkencan hindarilah menggunakan kartu kredit. Karena hal itu hanya akan membuatmu dengan mudah mengeluarkan uang. Cara terbaik untuk menghindari pemborosan saat kencan adalah dengan menggunakan uang cash atau tunai.

Apa kamu salah satunya yang takut berkencan karena merasa belum punya cukup uang untuk mengajak gebetan atau pacarmu jalan? Dengan informasi ini kamu mungkin bisa lebih cerdas mengakali pengeluaran kencan menjadi lebih hemat. Ini semua tergantung pada pilihanmu.

Sumber : Usatoday.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us