Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4841


Seminggu setelah umumkan perceraiannya, mantan pendeta Covenant Life Church sekaligus penulis buku laris ‘I Kissed Dating Goodbye’ akhirnya menyampaikan bahwa dirinya tak lagi seorang Kristen.

Joshua Harris menyampaikan hal ini lewat postingan di Instagramnya pada Jumat, 26 Juli 2019 lalu.

Postingan ini menyusul pengumuman perceraiannya dengan Shannon Harris setelah membangun bahtera pernikahan selama 21 tahun.

“Hatiku penuh ucapan syukur. Aku berharap Anda bisa melihat semua pesan yang dikirim oleh banyak orang setelah pengumuman perceraianku. Mereka menyampaikan ekspresi cinta mereka meskipun mereka sedih atau bahkan sangat tidak setuju dengan keputusan itu,” tulis Harris.

Dia melanjutkan, sepanjang pekan itu dia menerima banyak ucapan prihatin dari orang-orang Kristen, ateis, evangelis, dan bahkan dari komunitas LGBTQ. Namun di samping itu, dia juga mendapat sejumlah pesan teguran dari pemuka agama.

“Meskipun tak selalu menyenangkan, saya tahu mereka berusaha mencintaiku. Ada juga komentar kemarahan dan kebencian yang membuat emosi dan menyakitiku,” lanjutnya.

Baca Juga : I Kissed Dating Goodbye

Meski begitu, Harris menyampaikan bahwa selain perceraian dia juga ingin menyampaikan kondisi imannya saat ini. Informasi ini dianggap perlu diketahui semua orang.

“Informasi yang terlewatkan dari pengumuman kami adalah bahwa aku sudah mengalami perubahan besar sehubungan dengan iman percayaku kepada Yesus. Ungkapan populer untuk ini adalah ‘dekonstruksi’, frase Alkitabnya adalah ‘murtad’. Dari semua standar untuk mendefinisikan seorang Kristen, aku bukanlah seorang Kristen. Banyak orang menyampaikan kepadaku bahwa ada cara berbeda untuk mempraktikkan imanku dan aku ingin tetap terbuka terhadap hal ini, tapi aku belum berada di sana sekarang,” terangnya.


Bukan hanya itu, Harris juga secara khusus menyampaikan permintaan maafnya kepada komunitas LGBTQ karena gereja tidak memberi mereka tempat dan kesetaraan pernikahan.

“Aku telah hidup dalam pertobatan selama beberapa tahun terakhir, bertobat dari kebenaran diriku, pendekatan hidupku yang berdasarkan rasa takut, pengajaran buku-bukuku, pandanganku tentang wanita di gereja dan pendekatanku dalam mengasuh anak…

“Tapi aku secara khusus ingin menambahkan ke daftar ini sekarang: ke komunitas LGBTQ+, aku ingin mengatakan bahwa aku menyesal atas pandangan yang aku ajarkan dalam buku-bukuku dan sebagai seorang pendeta tentang seksualitas,” tulisnya.

Harris juga mengaku menyesal karena sudah menentang pernikahan sesama jenis. Sehingga cara itu telah membuat komunitas LGBTQ+ mengalami pengucilan. “Aku harap Anda bisa memaafkan aku,” tulisnya.

Karena itu Harris memutuskan untuk menarik penerbitan buku I Kissed Dating Goodbye dan juga dua buku lainnya dari peredaran.

Tentu saja semua orang Kristen di berbagai belahan dunia akan mengaku kaget dengan pengumuman Joshua Harris ini. Terlebih dia dikenal luas lewat buku-buku tulisannya dan juga posisinya sebagai pendeta. Namun, kita perlu menyadari bahwa inilah tantangan bagi kekristenan. Perubahan bisa terjadi kapanpun dan hal ini bisa kita alami seiring dengan kondisi kerohanian kita dan berbagai faktor lainnya.

Sumber : Christiantoday.com | Cnn.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

16. Rayhan Gardner 28 January 2020 - 10:09:46

Tokoh dalam buah roh

0 Answer

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner mitra januari 4