Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1065


Anggapan yang sering terlintak di pikiran cewek ketika menstruasinya nggak lancar adalah sakit. Padahal menstruasi yang terlambat tidak selalu diindetikkan dengan sebuah penyakit. Normalnya setiap perempuan akan mengalami haid atau menstruasi tiga atau tuju hari lamanya dan pasti terjadi setiap bulannya.

Namun, ada juga loh beberapa cewek yang menstruasinya nggak nentu. Sebenarnya kalau sudah begitu, apa sih yang terjadi?

Jadi, kamu salah satu perempuan yang alami itu, maka mungkin inilah sesuatu yang menjadi penyebabnya :

1. Terjadinya perubahan drastis pada berat badan kamu. Yang tadinya  gemuk tiba-tiba menjadi kurus atau yang tadinya kurus tiba-tiba gemuk secara drastis

Perempuan yang mengalami penurunan berat badan secara drastis biasanya akan menderita gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Akibatnya, asupan makanan bergizi dan kebutuhan hormon estrogen pun jadi ikut menurun.

Hal ini juga akan mengakibatkan penurunan frekuensi ovulasi dan menyebabkan menstruasi menjadi jarang atau bahkan akan berhenti sama sekali.

Sedangkan saat berat badanmu berlebihan, maka tubuhmu juga akan menciptakan kelebihan estrogen yang menyebabkan dinding rahim menebal dan berovulasi, sehingga akan mempengaruhi sikuls haid kamu. Bahkan, kalau kelebihan estrogen seperti ini bisa meningkatkan risiko kanker endometrium loh.

2. Stres dan cemas yang berlarut-latur juga bisa mengakibatkan ketikdseimbangan hormon yang juga berpengaruh terhadap siklus haidmu

Cewek yang gaya hidupnya cenderung menegangkan dan riwuh akan sering mengalami masalah telat datang bulan. Ketika stres, kelenjar hipotalamus akan terganggu. Hipotalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi. Jika hal ini terganggu, maka secara otomatis siklus haid kamu akan terganggu juga.

Jika kamu mengalami ini, maka cobalah untuk mengurangi aktivitas yang memicu stres dan cobalah untuk melatih relaksasi, mengubah gaya hidup dan rutin olahraga agar haidmu kembali lancar.

BACA JUGA :

Beda dari Rasa Galau Biasa, Depresi Itu Penyakit Serius! Usir Jauh-Jauh Dengan 8 Cara Ini

3. Aktivias yang berlebihan termasuk kebanyakan olahraga juga nggak bagus loh untuk siklus haidmu.

Terlalu banyak beraktivitas, akan menimbulkan kelelahan dan akan mempengaruhi kelenjar hipotalamus, yang nantinya akan mempengaruji menstruasimu.

Hal ini juga bisa mempengaruhi pelepasan LS dan FSH yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi atau pelepasan sel telur.

Keseringan berolahraga juga termasuk dalam aktivitas yang berat sehingga bisa menyebabkan kondisi yang disebut amenore yang berarti nggak ada menstruasi.

Hal ini dikarenakan terlalu beratnya olahrga sehingga produksi estrogen dalam tubuhmu juga berkurang. Sekarang, buatlah porsi aktivitasmu menjadi prioritas utama.

Jika menstruasi kamu terganggu, maka konsultasilah ke dokter . Mungkin dokter akan memberikan beberapa cara untuk menstruasimu kembali normal, serta jangan lupa untuk melakukan 3 hal di atas ya. Teruntuk single, sayangi kesehatanmu sekarang sebelum menikah. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer

Farhan nuzul 11 November 2019 - 21:37:46

Pada percobaan tersebut digunakan 2 tanaman yang t.. more..

0 Answer

Medina Simbolon 11 November 2019 - 14:18:02

Jln keluar. Sudah 1 thn saya menderita miom sudah .. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 1


7273

Banner Mitra November Week 1