Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
416


Apakah kamu berada dalam ikatan keuangan? Lebih tepatnya, apakah kamu tengah terikat dengan uang? Apakah kamu mengalami kesulitan untuk melunasi hutang kartu kredit kamu setiap bulan? Apakah kamu kewalahan dengan pengeluaran yang tak ada habisnya, tagihan yang banyak sekali dan tuntutan pembayaran yang harus kamu hadapi?

Jika demikian, mulailah melakukan program manajemen hutang. Untuk melakukan manajemen hutang maka kamu harus belajar memanejen uang terlebih dahulu.

Nah, manajemen uang yang baik dimulai dari rumah. Salah satu cara untuk memulai keputusan yang cerdas soal ini adalah mencatat setiap pengeluaran kamu, mulai dari beli barang-barang yang kecil, seperti pasta gigi, kopi hingga pengeluaran dalam skala yang besar seperti tagihan listrik, tagihan medis, dan lain sebagainya.

Lembar pengeluaran tunai ini akan membantu kamu secara mudah untuk melacak pengeluaran uang tunai kamu sepanjang hari. Dan kamu akan terkejut gimana mudahnya menyimpan sejumlah uang yang kecil di sana-sini setelah kamu berhasil dan terbiasa menghabiskan uang dengan baik.

Setelah kamu bisa melacak keuangan kamu, maka kamu akan berpikir untuk mengendalikan pengeluaran kamu, dan latihlah itu selama 4 minggu atau lebih, jika kamu berhasil melakukan itu, maka kamu berada di jalur yang benar untuk menuju kesuksesan secara finansial.

Selain mencatat pengeluaran perhari, kamu  juga harus rekap dan menulis daftar pengeluaran bulanan kamu. Karena itu akan membantu kamu untuk mengatur uang dengan baik.

Keluarkan daftar apa yang harus dibeli setiap bulan atau daftar apa yang harus dibayar tiap bulan, catatlah. Misalnya, bayar rumah, mobil, untuk makan sebulan dan biaya penitipan anak dan lain sebagainya.

Setelah kamu berhasil melakukan itu, maka kamu akan mulai melihat pola dalam kebiasaan kamu mengeluarkan uang, dan kamu akan mulai melihat secara realistis dari pengeluaran tersebut.

Jika kamu sudah tahu apa yang salah dengan itu, maka belajarlah untuk merumuskan kembali rencana pengeluaran kamu.

Buatlah laporan keuangan kamu, dan kamu akan tahu perbedaan antara berapa yang kamu hasilkan dan yang kamu keluarkan.

BACA JUGA :

Apa Sih Kata Alkitab Tentang Hidup Minimalis? Yuk, Simak Disini!

Seperti halnya dalam perusahaan, jika di dalam laporan keuangan perusahaan mengalami kerugian, maka akan ada penyusutan pengeluaran biaya dalam perusahaan tersebut.

Demikian juga dalam keuanganmu, jika pengeluaranmu lebih besar dari pendapatan, maka tidak ada salahnya menyusutkan beberapa biaya yang bisa disusutkan. Misalnya mulai mencari diskon pas belanja, dan belanja lah dipasar alih-alih di supermarket, atau tidak, kamu juga bisa mengeluarkan beberapa barang yang tidak seharusnya dibeli, dan memulai pengiritan dalam pemakaian sabun mandi atau pasta gigi.

Mungkin sulit dilakukan, tapi setidaknya ini bisa menjadi awal untuk kamu bisa bebas secara finansial dan memiliki jumlah yang banyak untuk disisihkan dalam membayar hutang.

Daripada makan nasi goreng di restoran dengan harga mahal, mending masak sendiri dan sisa uangnya di sisihkan untuk pelunasan hutang.

Jadi, ayo mulai mengatur keuangan dari hari ini. Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu berniat melakukannya. Utangmu pasti lunas!

Sumber : christianpost/ jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2