Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
602


Cell Group atau kelompok sel adalah salah satu cara gereja untuk membantu sesama orang percaya bertumbuh dan mengalami perjalanan yang mendalam bersama Tuhan.

Kalau kita bisa mengubah hidup kita sendiri tanpa bantuan Tuhan dan orang lain, tentu saja tak akan ada orang yang bermasalah.

Karena itulah, hampir semua gereja menyediakan wadah untuk sesama jemaatnya atau bahkan di luar jemaat untuk saling mendukung dalam iman. Kelompok sel adalah wadah pemuridan gereja yang terdiri dari pemimpin dan juga murid, sama seperti Yesus dan kedua belas murid-Nya. Di sanalah setiap anggota bisa saling membangun dan mengajar tentang siapa Tuhan dan bagaimana harusnya gaya hidup orang percaya.

Namun, bukan berarti pemimpin bertanggung jawab sepenuhnya untuk membuatmu bertumbuh setiap kali ikut di dalamnya. Karena bagaimanamu pertumbuhan hanya bisa terjadi ketika setiap anggota kelompok sel bekerja bersama-sama. Itu sebabnya dibutuhkan kekompakan untuk melakukan 9 hal ini secara intens, yaitu:

1. Lakukan pertemuan secara intens

Kelompok sel yang sehat hak cukup hanya ketemu satu kali dalam sebulan. Setiap anggota sell group perlu menjadikan pertemuan mereka sebagai kebiasaan. Kebiasaan tentu saja gak dilakukan sekali-kali bukan? Tapi dilakukan secara intens. Itu sebabnya pertemuan harus dilakukan minimal sekali dalam seminggu.

2. Jadilah dirimu apa adanya

Kelompok sel adalah tempat yang aman untuk menunjukkan dirimu yang sebenarnya. Jangan pernah berpura-pura atau mengenakan topeng di dalamnya. Karena kamu hanya akan mengecewakan rekan-rekanmu yang sudah menaruh kepercayaan yang tulus di dalammu.

Kelompok sel akan menjadi tempat yang nyaman, ketika semua orang menunjukkan dirinya apa adanya. Ketika setiap orang mengakui kelemahannya, mengakui kegagalan dan masalahnya.

3. Satu hati satu rasa

Kelompok sel ibarat rumah dan keluarga kedua. Di sanalah kita menemukan saudara sebenarnya, meskipun bukan sedarah. Artinya, setiap anggota akan tumbuh dalam satu rasa yang sama. Ketika salah satu anggota mengalami kesuksesan, maka anggota yang lain akan merayakannya. Kelompok sel harusnya membuat setiap anggota saling mendukung.

4. Punya rasa simpati yang kuat

Bukan hanya merayakan kesuksesan atau kemenangan. Tapi dalam kelompok sel juga dibutuhkan rasa simpati yang kuat. Misal, saat salah satu anggota sedang ditimpa kemalangan, anggota lain patut menguatkan dan mendukung. Baik dalam hal material maupun doa dan dukungan moral.

5. Tetap bersikap rendah hati

Keangkuhan hanya akan menghancurkan hubungan dengan du acara yaitu menghancurkan komunikasi dan meningkatkan sikap membandingkan diri. Seperti, ‘Aku lebih baik darimu’.

Tentu saja kelompok sel harus dipenuhi dengan orang-orang yang rendah hati. 1 Petrus 5: 5 berkata, “Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.””

Baca Juga:

Biar Komsel Nggak Ngebosenin, Yuk Cobain 4 Ide Permainan Seru Ini!

Apakah Kamu Kelompok Kambing Atau Domba? Pastikan Dirimu Domba ya..

6. Penuh belas kasihan

Setiap kelompok sel akan diisi dengan orang-orang yang tidak sempurna. Setiap orang pernah terluka. Tapi dengan saling membangun dan berbelas kasihan, kita akan memiliki kekuatan untuk mengampuni karena Tuhan sudah lebih dulu mengampuni kita. Menunjukkan belas kasihan adalah karakteristik penting yang harus dimiliki setiap anggota kelompok sel yang sehat.

7. Memiliki budi pekerti yang baik

Kita akan menjadi berkat bagi orang lain jika menunjukkan sikap yang penuh kasih dan budi pekerti yang baik. Kelompok sel harusnya menjadi rumah teraman di tengah dunia ini. Karena setiap anggotanya adalah orang-orang yang bisa dipercaya dan berperilaku baik kepada semua orang.

Sebagai anggota kelompok sel, kita harus menghormati perbedaan satu sama lain. Kita harus sopan bahkan saat dalam perselisihan.

8. Mampu menjaga rahasia

Kepercayaan satu sama lain adalah faktor terpenting dalam kelompok sel. Sesama anggota akan mengalami pertumbuhan saat menyadari bahwa teman-temannya bisa menjadi teman yang menjaga rahasia. Semua hal yang dibagikan di dalam kelompok sel, sudah seharusnya disimpan di sana dan tidak mengumbarnya keluar.

Karena itu, setiap anggota perlu menghindari gosip karena hal itu hanya akan menghancurkan kepercayaan anggota lain.

9. Hidup dalam persatuan

Seperti gereja mula-mula, mereka akan berkumpul setiap hari untuk memuji Tuhan dan berdoa bersama. Mereka juga tak segan membantu dan menolong saudara seimannya.

Kelompok sel dibangun untuk tujuan hidup seperti dalam gereja mula-mula. Itu sebabnya dibutuhkan kesatuan yang kuat. Tuhan tidak ingin kita saling menghancurkan, tapi Dia mau kita bersatu.

Pertanyaannya adalah kenapa banyak kelompok sel yang berantakan? Karena ada banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka sedang di dalam sebuah tempat yang nyaman dan aman jika setiap orang mau bersikap apa adanya, rendah hati, penuh simpati dan bersatu.

“Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka..” (Kisah Para Rasul 4: 32-34a)

Sumber : Pastors.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2