Mengejutkan! Orang Yahudi, Ateis dan Agnostik Amerika Lebih Tau Agama Daripada Kristen

Mengejutkan! Orang Yahudi, Ateis dan Agnostik Amerika Lebih Tau Agama Daripada Kristen

Puji Astuti Official Writer
1873

Banyak orang memandang Amerika Serikat sebagai negara Kristen terbesar dengan umat yang religious. Namun hasil survey dari Pew Research Center memberikan hasil yang mengejutkan, karena ternyata orang Yahudi, Ateis dan Agnostik lebih tau tentang agama dan mereka yang lebih tau agama memiliki sikap yang lebih ramah terhadap kelompok agama yang lain.

Orang Kristen Injili, Protestan dan Katolik hasil surveinya berada di bawah Yahudi yang menduduki urutan pertama, kedua ateis dan ketiga adalah agnostik. Posisi paling bawah adalah orang dari denominasi Kristen Protestan kulit hitam.

Ada beberapa fakta menarik dari survey ini, yaitu :

1# Kebanyakan orang Amerika tahu pengetahuan mendasar tentang Kekristenan dan bahkan beberapa hal tentang Islam, namun sedikit yang tau tentang agama Yahudi, Hindu dan Budha.

2# Orang Kristen Injili yang paling banyak tau fakta mengenai Kekristenan, setelah itu diikuti oleh orang ateis dan Mormon.

3# Mereka yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi, memiliki lebih banyak pengetahuan tentang agama.

4# Orang yang kenal dengan orang yang memiliki kepercayaan yang berbeda, memiliki lebih banyak pengetahuan tentang agama.

5# Orang yang lebih banyak tau tentang agama cenderung lebih terbuka dan ramah terhadap mereka yang memiliki kepercayaan yang berbeda, atau kelompok agama lain.

Dari survey di atas kita bisa melihat bahwa mereka yang tidak percaya Tuhan, yaitu Ateis dan yang meragukan keberadaan Tuhan seperti orang agnostik mempelajari agama-agama yang ada. Bahkan orang Yahudi memiliki pengetahuan paling tinggi tentang agama-agama lain, dan pengetahuan mereka akan agama tersebut membuat mereka menghormati dan menghargai kepercayaan orang lain.

Hal ini membuktikan bahwa komunikasi dan dialog antar agama adalah salah satu kunci untuk membangun toleransi umat beragama. Jadi kita sebagai orang Kristen jangan tertutup terhadap saudara-saudara kita yang berbeda iman ya. Bertemanlah dan juga berdialoglah tentang iman kita dengan sikap yang saling menghormati. 

Baca juga: 

Nyaris Jadi Ateis, Ini Pengakuan Putri Wakil Presiden Amerika Serikat!

Gara-gara Tragedi Las Vegas, Pria Agnostik ini Kembali Jadi Percaya Yesus Kristus

Sumber : pewresearch.org

Ikuti Kami