Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
312


Hari ini adalah hari pertama sekolah, namun yang gugup dan gelisah bukan hanya anak-anak saja loh, ada ribuan orangtua yang merasa gelisah dan gugup melepaskan buah hati mereka masuk sekolah, terutama mereka yang baru memulai sekolah seperti di PAUD, TK atau SD. 

Namun tidak sedikit orangtua yang anaknya sudah masuk usia remaja juga tetap kuatir dan mengantarkan mereka hingga ke depan pintu kelasnya. 

Tidak hanya anak-anak yang menangis saat mereka harus duduk di bangku sekolah dan berpisah dengan orangtuanya, kadang orangtuapun ada yang tak bisa menahan air mata saat melepaskan buah hati mereka. 

Kok gitu sih? Ada apa dengan fenomena di hari pertama sekolah ini? 

Secara psikologis, memasuki lingkungan yang baru bisa menimbulkan kegelisahan dan ketakutan bukan hanya bagi si anak namun juga bagi orangtua. Hal inilah yang terjadi di hari pertama sekolah. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Mempersiapkan anak sebelum mereka sekolah:

Mempersiapkan buah hatimu sebelum ia memasuki masa sekolah dapat mengurangi rasa gelisahnya ketika hari besar itu tiba. 

- Perkenalkan kepadanya apa saja sih aktivitas dia di sekolah nanti, mulai dari membaca, menulis, berhitung, hingga bermain bersama teman-teman barunya. 

- Ajak buah hatimu untuk mengunjungi sekolah itu beberapa kali sebelum hari pertamanya tiba. Hal itu akan membuatnya mengenali lingkungan barunya, dan tidak kaget pada saat hari pertama sekolahnya tiba. 

- Perkenalkan buah hatimu kepada sang guru. Ya, hal ini akan membuatnya tidak takut lagi dan tidak menganggapnya sebagai orang asing lagi. 

Persiapkan dirimu sebagai orangtua : 

- Tanyakan pada guru anakmu prosedur dari sekolah itu ketika anak menangis atau mencari orangtuanya. Pastikan kalau staf di sekolah itu siap membantu buah hatimu. 

- Dapatkan jadwal harian anakmu di sekolah dan aktivitas mereka. 

- Tanyakan kontak darurat di sekolah yang bisa dihubungi jika kamu ingin menanyakan sesuatu tentang buah hatimu. Jangan lupa juga berikan nomor telephonemu agar kamu bisa dihubungi sewaktu-waktu oleh sang guru maupun pihak sekolah. 

Tips agar saat melepaskan buah hati di kelas tanpa air mata

Pasti kamu akan menjumpai ramainya anak-anak dan orangtua di hari pertama sekolah, dan yang paling sering ditemui adalah anak-anak yang menangis karena mereka tidak mau ditinggalkan orangtuanya. Nah, agar proses buah hatimu masuk di kelas di hari pertamanya mulus, kamu bisa lakukan beberapa hal ini: 

- Perkenalkan lagi sang guru pada buah hatimu. Ingatkan kepadanya bahwa dia sudah bertemu dan berkenalan dengan sang guru beberapa hari sebelumnya. 

- Berikan dia sebuah jam tangan, dan ingatkan dia jam berapa kamu akan menjemputnya. Hal itu akan membuatnya merasa bahwa dia sudah lebih dewasa. 

- Ajak kenalan dengan beberapa anak, kamu juga perlu kenalan dengan orangtuanya. Siapa tahu anak-anak kalian bisa main bersama di luar jam sekolah. 

- Jangan diam-diam pergi. Pastikan bahwa anakmu tahu bahwa kamu akan meninggalkannya di sekolah dan kamu akan menjemputnya kembali ketika waktunya pulang tiba. Hal ini perlu dipastikan agar tidak merusak rasa percayanya kepadamu. 

- Ketika sudah mengucapkan selamat tinggal, jangan mengulur-ulur waktu untuk pergi. Beberapa orangtua ada yang mengintip dari jendela, hal itu akan semakin sulit buat si anak untuk melepaskanmu. 

Sebagai orangtua, saat melihat buah hatimu mulai masuk sekolah kamu merasa bahwa waktu berlalu begitu cepat. Kamu tinggal menghitung hari, dan beberapa tahun kemudian dia akan kuliah dan bahkan menikah. 

Itu adalah perasaan yang wajar bagi orangtua, dan juga waktu yang tepat untuk bersyukur atas karunia Tuhan yang luar biasa dalam bentuk kehadiran buah hatimu.  Jadi, jangan sedih ya moms and dads. Lepaskan dia untuk bertumbuh dan menjadi anak yang akan membuatmu bangga. 

Baca juga

Musim Sekolah Bakal Tiba, Dukung Anak Sukses Lewati Tahun Ajaran Baru Dengan Cara Iniā€¦

Mendikbud Himbau Orangtua Antar Anak Hari Pertama Sekolah

Sumber : Parents.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3