Puji Astuti

Official Writer
2159


Kabar baik datang dari  Pemerintah Mesir, akhirnya 127 gereja di negara tersebut mendapatkan izin resmi mendirikan bangunan gereja di tahun 2019 ini. Menurut berita yang dirilis CBN News, gereja-gereja tersebut sebelumnya menjalankan ibadah tanpa izin resmi.

Izin resmi untuk gereja adalah suatu proses yang sulit di dapat oleh gereja-gereja di Mesir. Diperkirakan sebelumnya ada ribuan gereja yang beroperasi tanpa izin dan menjalankan ibadah dalam keadaan takut mendapat teguran dari pemerintah.

“Mesir memiliki sejarah panjang dalam mengatur proses pembangunan gereja, tetapi banyak gereja tidak bisa menyelesaikan proses tersebut,” demikian pernyataan resmi dari organisasi International Christian Concern. “Sebaliknya, mereka berdiri secara illegal.”

Gereja-gereja tersebut dibayang-bayangi oleh tindakan persekusi oleh kelompok radikal Islam, terlebih mereka tidak memiliki izin resmi.

Namun pada tahun 2016, Pemerintah Mesir membuat undang-undang baru yang bertujuan untuk mempercepat legalisasi izin gereja tersebut. Sekitar 1021 gereja sudah mendapatkan izin sejak adanya undang-undang baru tersebut dibuat.

Dengan adanya aturan baru itu, ada sebuah komite yang terdiri dari perdana menteri dan kementerian kehakiman, perumahan dan barang antik yang memeriksa pengajuan izin gereja tersebut.

Pada akhir 2018 lebih dari 100 gereja mendapatkan izin resmi, dan menurut direktur Gereja Protestan di Mesir Andrea Zaki, proses ini akan terus diperbaiki.

“Saya senang, prosesnya memang lambat di awal, tetapi ke depan ini akan semakin baik,” demikian ungkap Andrea Zaki.

Menurut lembaga Open Doors Amerika, orang Kristen di Mesir masih sering mengalami persekusi dari kelompok Islam radikal, namun dengan adanya tindakan pemerintah yang memberikan izin resmi bagi gereja-gereja ini kondisi ke depan diharapkan dapat membaik.

Saat ini Mesir masih menempati urutan ke 16 dalam daftar World Watch List atau daftar negara-negara yang paling banyak melakukan persekusi kepada orang Kristen. Pada tahun 2017 lalu, kelompok teroris ISIS saja telah membunuh 100 orang Kristen Koptik Mesir. Di Mesir sendiri, populasi umat Kristen Koptik mencapai 10 persen dari keseluruhan penduduk.

Mari berdoa terus bagi umat Kristen di Mesir agar mereka terus bersemangat untuk beribadah dan memberitakan kabar baik, terlebih dengan adanya kemudahan mendapatkan izin pembangunan gereja ini.  

Baca juga : 

Walau Sudah Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO, Gereja Ini Baru Dapat Izin Setelah 137 Tahun

Keren! Pemkot Bekasi akan Putihkan Izin Gereja-gereja di Ruko

Sumber : CBN.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 2


7269

Banner Mitra april Week 2