Gak Pernah Kamu Sadari, 7 Sikap Ini Menjadikan Kamu Pribadi Yang Intelligent, Lho (Part 2)

Single / 1 July 2019

Kalangan Sendiri

Gak Pernah Kamu Sadari, 7 Sikap Ini Menjadikan Kamu Pribadi Yang Intelligent, Lho (Part 2)

Inta Official Writer
1696

Sebelumnya, kita sudah membahas soal 3 sikap yang mencirikan seseorang itu adalah orang yang punya kecerdasan tinggi. Buat yang belum baca artikelnya, boleh klik link di sini yaa.. Selain punya empati, rasa penasaran, dan suka mengamati, ada 4 hal lain yang bisa menandakan kalau seseorang itu cerdas. Yuk kita bahas!

4. Punya pengendalian diri yang baik

Seseorang bisa dianggap dewasa dari bagaimana dirinya bisa mengendalikan diri. Kita tahu bagaimana mengendalikan emosi dan sikap yang cenderung impulsif, sehingga ia meminimalisir peluang untuk tidak menyakiti orang lain.

Kalau dari penelitiannya Dr. Jackson, punya pengendalian diri berarti adalah sebuah kemampuan dimana kita berpikir sebelum melakukan atau berbicara akan sesuatu.

5.  Memiliki daya ingat yang baik

"Daya ingat yang baik dan kecerdasan secara keseluruhan jelas sangat memiliki korelasi," ungkap Jackson. Ketika kita punya daya ingat yang baik, berarti kita punya kemampuan untuk fokus dan memperhatikan sesuatu. Hal ini juga berarti kita punya kemampuan kongnitid yang lebih fleksibel, sehingga bisa dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

6. Menyadari batasan diri sendiri

Orang yang cerdas cenderung tidak mencoba untuk bersikap seolah-olah mengetahui banyak hal. Padahal, kecerdasan itu bisa diketahui keberadaannya saat kita menyadari sebuah kebenaran bahwa sebenarnya kita nggak tahu apa-apa. Jadi, ketika kita tidak bisa melakukan sesuatu, kita nggak akan bertindak seolah-olah tau atau bisa melakukannya.

Tahu batasan kita ini berarti membukakan diri sendiri, sehingag kita akan mencari tahu terus-menerus. Baik itu dari orang lain, buku, atau situasi yang sedang dihadapi.

7.  Suka ngikut aliran

Kebanyakan orang cerdas tahu bagaimana jadi lebih fleksibel dan ngikut aja dengan keadaan sekitar. Kalau kita adalah satu diantaranya, bisa jadi kalau ini menandakan sikap cerdas yang kita miliki. Ini ada kaitannya sama sikap kaku soal apa yang harus terjadi, orang yang cerdas akan mempersiapkan diri terhadap apa yang terjadi secara mental.

Jadi, sikap yang terbuka terhadap sesuatu dan bisa dengan mudah beradaptasi dengan keadaan juga bisa menandakan sikap intelligent, lho. Ini juga menunjukkan kalau kita bisa mengatasi suatu masalah dan solusi dengan cepat dan cermat.

Lewat beberapa poin di atas, kita bisa tahu kalau jadi orang yang cerdas itu nggak selalu adalah orang yang pakai kacamata dan bawa buku kemana-mana.

Memiliki sikap empati, belas kasih, dan punya rasa ingin tahu juga merupakan tanda orang yang cerdas. Jadi, kalau ada beberapa sikap di atas yang kita banget, bisa jadi loh kamu adalah salah satu orang cerdas.

 

Sumber : Bustle/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami