Inta

Official Writer
786


Sebagai orang Indonesia yang kaya akan tradisi dan budaya, nggak jarang tradisi yang ada sebenarnya tidak sesuai dengan firman Tuhan. Sebenarnya, nggak semua tradisi itu bertentangan dengan firman Tuhan.

Ada pula tradisi baik yang bisa kita lakukan, contohnya adalah tradisi mudik untuk bertemu dan berbagi kasih dengan keluarga di kampung, atau tradisi lainnya. Nah, biar kita tahu bagaimana menyikapi tradisi, yuk ikuti langkah berikut.

Satu, nggak semua tradisi atau budaya itu bertentangan dengan firman Tuhan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas. Untuk itu, kita perlu benar-benar memperhatikan dan yakin betul dengan tradisi tersebut.

Contohnya, tradisi di kampung saya, setiap berkunjung untuk ziarah, orang-orang akan membawa beberapa sesajen, air-air yang sudah didoakan, sekaligus melakukan bakaran di sebelah kuburan yang dikunjungi.

Saya menganggap kalau tradisi ini tidak sesuai dengan firman Tuhan, karena sudah memberikan persembahan berupa sesajen pada sesuatu yang bukan Tuhan. Setelah tahu kalau tradisi tersebut  bertentangan dengan firman Tuhan, kita jadi tidak salah dalam mengambil sikap atau keputusan kedepannya.

Dua, pastikan kalau kita mengetahui dasar dari firman Tuhan. Kalau ada kesempatan, kita juga harus memberikan masukan kepada keluarga tentang kebenaran. Ingat ya, untuk memberitahukannya, harus didasari dengan kasih dan sikap hormat, bukan menggurui atau menghakimi mereka.

Bicarakan terlebih dahulu dengan orang terdekat kita, seperti saya yang berbicara kepada Ibu sebelum akhirnya memberi tahu bahwa sikap itu sebenarnya tidak sesuai dengan firman Tuhan. Sebab kita harus tahu bahwa orang terdekat kita mungkin lebih tahu keluarga dibandingkan dengan kita.

Tiga, jika tidak didengarkan, tegaslah pada diri sendiri untuk tidak mengikuti tradisi tersebut. Nggak mudah buat mengubah suatu kebiasaan, apalagi sebuah tradisi yang sudah diturunkan selama bertahun-tahun.

1 Korintus 8:9, “Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.”

Sebagai pribadi yang sudah ditebus oleh darah Kristus, kita sudah dibebaskan dari ikatan tradisi, apalagi kalau tradisi tersebut tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Namun, bisa saja orang lain menjadi tersandung karena sikap kita yang berbeda tersebut. Untuk itu, penting buat kita untuk menjelaskan kepada mereka dengan kasih terhadap apa yang kita percayai.

Mereka bisa menolak, tetapi balaslah dengan penuh kasih. Setelah memberi tahu kebenaran, bisa jadi sikap keluarga besar justru menganggap kita tidak menghormati mereka dan membuat mereka menjadi berjarak dengan kita. Untuk itu, kenalkanlah mereka kasih dengan sikap baik dan lebih baik lagi dalam hal lainnya.  

Terakhir, cari bantuan. Soal tradisi, kita terkadang perlu orang yang membimbing. Carilah orang yang lebih memahami soal tradisi ini, seperti hamba Tuhan atau tim konselor Sahabat 24. Baik hamba Tuhan maupun Sahabat 24 berkepentingan terhadap pertumbuhan iman kita.

Apakah kamu memiliki pergumulan soal tradisi dengan keluarga atau masalah hidup lainnya? Yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.


 

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7246

Banner Mitra Juli 1-2