Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
546


Pasanganmu sulit bilang ‘maaf’? Sikap ini pasti sering bikin kesal. Tapi sebelum amarahmu naik, akan lebih baik tahu informasi penting ini.

Mungkin kamu akan mulai bertanya-tanya, ‘Lalu setelah melakukan kesalahan apa yang membuat pria harus enggan meminta maaf?’

Padahal dengan minta maaf lah, konflik yang kalian hadapi bisa diselesaikan, rasa emosi bisa diredakan, rasa stress, dendam dan kebencian bisa disembuhkan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pada umumnya pria memang sulit untuk mengungkapkan kata ‘maaf’ lebih dulu. Sebuah penelitian membuktikan kalau sikap pria ini memang sudah dimiliki secara alamiah.

Ada lima alasan kenapa pria sulit berkata ‘maaf’ diantaranya:

1. Pria gak merasa salah

Studi yang dilakukan di Universitas Waterloo di Ontario menemukan kalau seorang pria sebenarnya bukan orang yang enggan meminta maaf. Hanya saja mereka punya batasan untuk apa mereka meminta maaf. Kalau ternyata mereka tak merasa salah, mereka tak akan mau lebih dulu melakukannya.

2. Pria digerakkan oleh logika, wanita oleh perasaan. Itulah perbedaannya.

Kalau wanita lebih mengandalkan emosinya dan membuatnya mudah meminta maaf. Maka kaum pria sebaliknya, sama seperti poin nomor 1. Mereka bukan makhluk yang mau membodohi dirinya. Kalau memang merasa gak bersalah, ya buat apa minta maaf?

3. Minta maaf membuat pria merasa lemah dan rendah.

Mediator perceraian Sam Margulies, Ph.D percaya kalau salah satu alasan pria sulit minta maaf adalah karena mengakui kesalahan sendiri hanya akan membuat mereka lemah dan rendah.

“Pria cenderung memandang permintaan maaf sebagai penghinaan dan menjual harga diri mereka. Supaya seorang pria mengakui kalau dia melakukan kesalahan dia akan merasa kehilangan harga diri di mata orang yang menyaksikannya,” kata Margulies.

Baca Juga:

Sebaris Nasihat Buat Kamu yang Merasa Pernikahanmu Adalah Sebuah Kesalahan

Hamil Anak Pertama Setelah 7,5 Tahun Menikah, Suami Shandy Aulia Lebih Beda, Selamat Ya!

4. Meminta maaf semacam beban berat bagi pria.

Harriet Lerner, Ph.D, penulis Marriage Rules menunjukkan bahwa saat tumbuh dewasa, beberapa pria merasa dipaksa untuk menjadi dewasa dan mudah untuk meminta maaf kepada kakak atau adiknya. Tapi pria mulai sadar bahwa hal itu jadi beban bagi mereka dan mereka mulai bertekad untuk tak melakukan kesalahan.

Tapi alasan lain yang juga bisa membuat pria sulit minta maaf adalah karena pengalaman masa lalu yang tak mengenakkan. Jadi cari tahulah apakah masa lalunya berpengaruh terhadap bagaimana dia bersikap saat ini.

5. Pria percaya tindakan jauh lebih baik daripada hanya kata-kata.

Daripada mengatakan ‘maaf’, pria akan lebih memilih minta maaf dengan tindakannya. Misalnya, tiba-tiba pulang dengan membawa sekuntum bunga, membantu pekerjaan rumah, ata menanyakan kabar sepanjang hari.

Saat pasanganmu mulai mencoba menyibukkan diri untuk basa basi denganmu, itu artinya dia mulai mencoba meminta maaf dengan cara diam-diam. Dia terus mencoba dengan caranya tanpa harus mengungkapkannya secara langsung.

Bagaimana cara untuk mengungkapkan rasa kesal terhadap pasangan karena sikapnya yang sulit minta maaf?

Pertama, kamu perlu memberi dia kode. Alih-alih memaksa dia untuk bisa membaca pikiran dan perasaanmu, akan lebih baik mengungkapkannya secara langsung.

Kedua, jangan memaksanya untuk minta maaf. Pria malah akan semakin kesal saat dia dipaksa untuk minta maaf. Sementara dia sama sekali tak menyadari kesalahannya. Jadi, jangan sampai kamu membuat kondisinya menjadi lebih runyam.

Ketiga, terimalah permintaan maafnya dengan lembut. Sekalipun kamu kesal dan marah, tapi kalau pasanganmu dengan rendah hati mau meminta maaf.

Bila perlu responi permintaan maafnya dengan dua cara: Sampaikan kalau dia sudah dimaafkan lalu berikan dia pelukan. Cara ini akan mengajarinya bahwa meminta maaf sebenarnya gak sehina yang dia bayangkan.

Apa kamu lagi kesal sama pasanganmu saat ini? Cobalah menerapkan tips di atas ya dan semoga kalian bisa kembali berbaikan.

Sumber : Yourtango.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2