Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
494


Sudah berapa ribu followermu di Instagram atau Twitter, atau berapa ribu temanmu di Facebook? Di jaman ini, kalau kamu tidak punya akun sosial media kamu akan ditanya berasal dari planet mana. Ya, bersosial media menjadi kebutuhan semua orang.

Mulai dari anak-anak hingga orangtua, setiap harinya menghabiskan berjam-jam menatap layar smartphone mereka atau bahkan layar notebook. Tidak hanya itu, sampai di rumah televisi pun sudah smarttv yang telah terhubung dengan internet dan tv kabel.

Tapi taukah kamu bahwa saat ini manusia banyak yang sudah memasuki masa kritis kecanduan dengan teknologi, mulai dari kecanduan sosial media, hingga kecanduan game. Pada akhirnya hal itu mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan kita, dan bahkan mempengaruhi kesehatan mental kita.

Berikut ini adalah dampak negatif dari kecanduan sosial media:

1#  Fokus untuk mendapatkan like dan share serta menjadi viral

Tidak hanya anak remaja, bahkan orang dewasa pun terobsesi mendapatkan sebanyak mungkin like dan share atas setiap unggahan mereka. Hal itu akhirnya mempengaruhi pilihan-pilihan mereka, prioritasnya hidup orang yang terobsesi like dan share adalah untuk tampil menarik di sosial media.

Orang yang fokus pada penampilan luar, akan memunculkan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti tidak bisa menjadi diri sendiri, berpura-pura menjadi orang lain atau orang yang ada dalam bayangan mental mereka, dan bahkan dalam beberapa kasus membuat mereka melakukan sesuatu yang ekstrim seperti operasi plastik, berhutang untuk bisa liburan ke tempat-tempat eksotis atau membeli barang-barang mahal, dan lain sebagainya.

Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa

~ Amsal 21:4

2# Cyber bullying.

Yang satu ini ngga asing banget buat kita, terlebih Indonesia baru saja melewati Pemilu yang membuat hubungan di sosial media sangat panas. Adanya perbedaan pilihan dan dukungan, membuat orang mengatakan hal-hal negatif dan bersifat bullying dan body shaming.

Namun hal ini tidak hanya terjadi saat politik sedang memanas saja loh, bahkan hal-hal kecil bisa memicu cyber bullying, seperti cara bicara, gaya rambut atau make up kita.

Cyber bullying dan bodyshaming bisa membuat seseorang mengalami depresi, kecemasan dan membuat seseorang cenderung ingin bunuh diri.

Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan. ~ Amsal 12:18

3# Suka membandingkan diri

Salah satu masalah yang muncul jika seseorang menghabiskan banyak waktunya bersosial media adalah munculnya rasa tidak puas. Hal ini terjadi karena ia membandingkan dirinya dengan orang lain, baik secara fisik atau apa yang mereka nikmati atau jalani, pada akhirnya itu akan menghilangkan rasa syukur dalam dirinya.

Mereka yang kehilangan rasa syukur, akan mulai menyimpan iri hati, kedengkian dan pada akhirnya bisa berujung kepada rasa minder atau sebaliknya tinggi hati. Jadi, membatasi penggunaan sosial media dan menjaga pola pikir kita agar tetap benar saat bersosial media itu sangat penting,

Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. ~ Yakobus 3:16

4# Memiliki terlalu banyak teman palsu

Dari ratusan hingga ribuan orang yang menjadi teman atau follower di sosial media, berapa yang benar-benar teman sejati kamu dan siap menolong kamu kapan saja?

Bisa dihitung dengan jari bukan? Bahkan kadang, kamu tidak kenal sama sekali dengan dia, karena dia adalah temannya dari teman kamu. Hal ini pada akhirnya mengurangi kualitas kehidupan kamu, seharusnya kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang bisa membangun dan menjadi teman sejati kamu.

Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara. Amsal 18:24

5# Mengurangi waktu berinteraksi langsung dengan orang-orang sekitar

Sosial media membuat orang tidak bisa fokus pada hal-hal penting dalam hidupnya. Sebagai contoh, sewaktu pulang ke rumah dari kerja, apa yang kamu lakukan terlebih dahulu?

Seorang teman saya, duduk di ambang pintu saja begitu sampai di rumah, karena ia sudah sibuk dengan Instagramnya. Mungkin kamu tidak sampai seperti itu, tapi ada loh yang sampai pekerjaannya terbengkalai, anak-anaknya tidak mendapatkan perhatian atau suaminya diabaikan hanya karena ia sibuk dengan sosial media.

Kamu jangan sampai seperti itu ya, kendalikan dirimu dan batasi penggunaan sosial mediamu. Buatlah prioritas untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitarmu, saat kamu pulang berbincanglah dengan orangtua atau saudaramu. Saat makan siang di kantor, berbincanglah bersama rekan-rekan kerjamu ya. Jangan sampai kamu menjauhkan orang yang di dekat kamu.

Nah, setelah tahu tentang 5 dampak buruk sosial media di atas, apa sih yang akan kamu lakukan selanjutnya?

Pastilah berubah ya, karena jika tidak bisa berdampak buruk baik dari sisi kesehatan baik fisik dan mental, juga akan mempengaruhi hubunganmu dalam interaksi sosial di rumah maupun di masyarakat.

Yuk bersosial media dengan bijak! 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7274

Banner Mitra September week 3