Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
717


Orang awam sering mengaitkan peristiwa kerasukan atau kesurupan sebagai kejadian yang berbau mistis. Sementara dari sudut pandang kedokteran, kesurupan merupakan sebuah kondisi seseorang yang sedang berhalusinasi atau sedang berdelusi.

Terus, apa sih ya yang Alkitab bilang soal kesurupan ini? Bersama dengan Pdt. Tony Mulia, yang merupakan pendeta dan mantan dukun, yuk kita kupas Kata Alkitab soal kesurupan.

Buat orang indonesia yang sangat erat dengan mistisnya, kata kesurupan memang nggak asing lagi di telinga kita. Kondisi serasukan sering diartikan sebagai peristiwa masuknya roh atau kekuatan gaib dalam tubuh manusia.

Mengenali orang yang kesurupan

Buat tahu orang itu kesurupan atau tidak, kita perlu tahu ciri-cirinya. Yaitu:

Berteriak dengan kencang, juga mengeluarkan kata-kata yang muali tidak dimengerti. Nada bicara dari orang yang kesurupan juga sering jadi lebih tinggi atau sangat berbeda dengan nada bicara biasanya. Beberapa peristiwa kesurupan juga ada yang menyakiti diri sendiri, bahkan berujung meninggal dunia.

Psikiatri mengakui kalau peristiwa ini ditandai oleh perubahan identitas pribadi seseorang.

Pdt. Tony Mulia menjawab kalau peristiwa kesurupan merupakan suatu keadaan dimana kita memanggil roh jahat untuk manifestasi dalam diri kita. "Roh jahat itu kan dua ribu tahun yang lalu sampai sekarang masih ada," jelasnya.

Baca juga : 

Daud Tony, Dukun Santet Yang Kalah Oleh Pendeta

Saat Dukun Sakti Tak Mampu Obati Anak Sendiri

Contoh kesurupan dalam Alkitab

Dari situ, kita bisa menemukan beberapa gejala gangguan setan sampai proses tentang bagaimana seseorang bisa akhirnya mengalami kesurupan. Dalam beberapa kasus lainnya, beberapa kesurupan juga membuat seseorang melakukan tindakan kejahatan. Contoh ini bisa kita temukan dalam Kisah Para Rasul 16:16-18,

"Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.

Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan."

Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.”

Bisakah orang Kristen mengalami kesurupan?

Alkitab mau kita untuk tidak memberikan kesempatan sedikit pun buat iblis. Alkitab tidak menuliskan kalau orang mati dan orang hidup itu tidak ada hubungannya. Kita juga bisa mengalami kerasukan ini kalau tidak punya iman dan Roh Kudus tidak tinggal di dalam kita.

Yesus mengataikan dalam Matius 12:43-45, 

"Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.

Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur.

Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

Kalau demikian, maka ini cara yang bisa kita lakukan agar tidak mengalami kerasukan.

"Agar kita nggak kerasukan ya kita harus mau dibimbing oleh mentor untuk mengerti tentang Firman Tuhan. Yang kedua ya kita harus menetapkan bahwa Firman Tuhan itu lebih dari segala-galanya," terang Pdt. Tony.

Ia juga berpesan agar kita membiasakan diri untuk membaca Firman Tuhan, juga merenungkan dan melakukan firman tersebut.

"Yang ketiga, minta Roh Kudus buat menguasai kita."

Dengan adanya Roh Kudus dalam diri kita, setan mana sih yang berani?

Untuk video selengkapnya, yuk tonton full videonya dengan klik gambar di atas..

Kamu diberkati dengan kisah nyata di atas? Yuk dukung kami memberitakan kasih Tuhan dengan memberi donasi hanya Rp.100.000,- dengan KLIK DISINI. 

 

Sumber : JC CHANNEL

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7261

Banner Mitra November Week 4