Tak Pernah Puas Dengan Pekerjaan Yang Dijalani, Yuk Kenali 8  Makna Bekerja Ini! (Part 2)
Sumber: https://www.incimages.com/uploaded_files

Finance / 6 June 2019

Kalangan Sendiri

Tak Pernah Puas Dengan Pekerjaan Yang Dijalani, Yuk Kenali 8 Makna Bekerja Ini! (Part 2)

Inta Official Writer
1545

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas soal 4 makna bekerja. Yuk simak 4 makna bekerja lainnya di bawah ini.

5. Pekerjaan sebagai sarana untuk memperluas jaringan

Linda dalam contoh sebelumnya adalah tipe karyawan yang unggul dalam membina hubungan baik. Ia juga berhubungan dengan staf keuangan dari perusahaan lainnya yang berada di gedung yang sama.

Ia juga aktif dalam asosiasi sesuai dengan profesinya dan mengikuti sejumlah mailing list yang berhubungan dengan pekerjaannya. Tidak heran jika Linda termasuk orang yang sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi penting.

6. Pekerjaan sebagai sarana untuk melayani orang lain

Alan Loy McGinnis benar ketika mengatakan tidak ada pekerjaan yang lebih mulia di dunia ini ketimbang membantu orang lain -membantu seseorang meraih kesuksesan (there is no more noble occupation in the world than to assist another human being -to help someone succeed).

Betapa berartinya hidup ini jika kita menyadari apa yang kita lakukan membawa manfaat bagi sesama, minimal bagi rekan kerja kita, perusahaan kita dan bagi customer yang menggunakan produk atau jasa kita. Betapa bahagianya kita jika kita sungguh mengetahui produk atau jasa kita dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang lain atau membantu mereka memecahkan masalah mereka.

Sayangnya, masih banyak orang yang cenderung mengutamakan profit atau upah di atas segalanya. Padahal jika kita mau memberikan yang terbaik, semuanya itu akan datang dengan sendirinya. Apa yang kita tabur akan kita tuai!

7. Pekerjaan sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menjadi wirausaha (entrepreneur)

Ketika memberikan pelatihan kepada 110 karyawan terbaik sebuah bank terkemuka di negeri ini, beberapa di antara mereka menyatakan kekecewaannya karena sudah lama bekerja namun tidak juga naik jabatan.

"Saya sudah bekerja lebih dari 15 tahun. Teman-teman seangkatan saya sudah pada jadi kepala cabang, tinggal saya," begitu kata mereka. Kita bisa ikut merasakan apa yang mereka rasakan, tetapi, Pak Paulus mengingatkan mereka untuk tidak berkecil hati.

Ada sebuah nasihat seorang pengusaha sukses mengenai kapan waktu yang paling tepat bagi seorang karyawan untuk terjun berwirausaha. "Salah satunya adalah ketika kamu bisa mengurus diri sendiri tanpa disuruh-suruh orang lain. Sebab sebagai pengusaha, kamu harus mampu mengatur diri sendiri dengan baik karena kamu sendirilah pemimpinnya," katanya.

8. pekerjaan sebagai sarana ibadah

Pekerjaan bisa menjadi tempat bagi nama Tuhan dipermuliakan melalui hidup dan karya saya. Bukankah sungguh indah kalau suatu hari nanti, kita bisa mendengar -Nya berkata : "Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu."

Ketika kita bisa memahami makna-makna di atas, maka kita akan bisa mengenali nilai kita sendiri. Ternyata, setiap hal yang kita kerjakan ini bukanlah sesuatu yang sia-sia, melainkan bisa dipakai oleh Tuhan untuk memberkati banyak orang. Jadi, jangan pernah menganggap enteng apa pun pekerjaan yang sedang dilakukan. Seperti yang disebutkan pada nomor 8 di atas, mari kita setia pada perkara yang kecil, sehingga perkara yang besar akan dilimpahkan pada kita.

Sumber : Paulus Winarto

 

Sumber : jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami