Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
375


Sungguh tidak menyenangkan saat mengalami alergi, mulai dari bersin-bersin hingga mengalami gatal-gatal. Tapi ternyata, menurut penelitian olahraga lari dapat mengurangi dampak dari alergi loh. Selain itu lari juga membantu kita untuk melawan beberapa penyakit lainnya.

Berlari merupakan sebuah olahraga yang saat ini semakin popular, karena memang manfaatnya banyak bagi kesehatan kita. Selain itu untuk melakukan olahraga lari ini juga tidak sulit dan butuh biaya mahal, kamu cukup pakai sepatu lari dan menyediakan waktu serta memilih rute yang aman untuk berlari.  

Apa saja sih penyakit yang bisa dilawan atau diatasi dengan berlari?

Alergi

Menurut penelitian, mereka yang mengalami alergi dan berlari selama 30 menit terbukti mengalami menurunan gejala sebesar 70%, mulai dari bersin-bersin, pilek dan hidung tersumbat.

Para ahli menyarankan kecepatan lari yang sedang saja, dengan rata-rata detak jantung di 65-70 persen. Berlarilah antara pukul 5 hingga 9 pagi, ketika alergi berada di titik terendah, dan pilih rute dengan sedikit pohon. Perlambat langkahmu dan bernafas melalui hidung juga bisa menolong. Setelah lari, mandi dan cucilah rambutmu. Jika lari ditempat terbuka lebih beresiko, lakukanlah dengan treadmill.

Asma

Banyak orang percaya mitos bahwa lari bisa berdampak buruk bagi penderita asma, namun dunia medis membantah hal tersebut. Banyak pelari di berbagai belahan dunia yang menderita asma juga, karena jika kita tahu tips yang tepat, maka berlari malah akan membuat penderita asma lebih sehat.

Berlari akan memperkuat otot-otot pernafasan dan menjaga berat badan, dua kunci penting dalam mengendalikan penyakit asma dan juga menurunkan resiko serangan jantung. Selain itu berlari di ruang terbuka, terlebih di daerah yang bebas polusi juga bagus untuk paru-parumu. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga lari, penderita asma sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagi penderita asma, kamu harus berlatih secara bertahap dan bila perlu carilah pelatih professional.  Lakukan pemanasan dengan berjalan lambat selama 10 menit, lalu tambahlah kecepatan pelan-pelan. Bernafaslah melalui hidung, bukan mulutmu. Jika kamu baru pertama kalinya berlari, mulailah dengan lambat, gabungkanlah berjalan dengan berlari. Juga, rilekskan bahu-bahu dan lenganmu sewaktu berlari – hal itu akan membuka paru-parumu dan membuat bernafas lebih mudah.

Pertimbangkan untuk menggunakan masker saat berlari untuk menghindari debu dan juga serbuk sari yang bisa memicu asma. Selain itu pastikan kamu selalu membawa inhaler, dan juga obat asma jika sewaktu-waktu diperlukan dalam kondisi darurat.

Masalah pencernaan

Kenapa lari baik untuk pencernaan? Kamu dapat berterimakasih pada gerakan naik-dan-turun saat berlari karena saat itu darah kamu sedang dialihkan dari pencernaan kepada jantung dan otot-ototmu. Untuk itu : Jangan makan makanan-makanan dengan lemak atau serat tinggi beberapa jam sebelum berlari, dan jika kamu ingin makan sebelum berlari pastikan dua hingga empat jam sebelum berlari.

Jika kamu mau makan setelah lari, pastikan 15 hingga 30 menit setelahnya. Pastikan memilih makanan sehat yang bernutrisi dan mengandung protein tinggi. Jangan terlalu banyak karbo ya.

Nah, setelah kamu baca tentang beberapa manfaat olahraga lari, apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Kali ini Yayasan Cahaya Bagi Negeri Indonesia akan mengadakan FUN RUN  dengan tema “Hero of Change” loh. Selain lari untuk kesehatan, dalam FUN RUN kali ini juga ada acara penggalangan dana.


Event lari FUN RUN ‘Hero of Change’ ini akan diadakan di empat kota besar di Indonesia seperti:

  • Semarang : 3 Agustus 2019
  • Medan : 10 Agustus 2019
  • Manado : 14 September 2019
  • Jakarta : 21 September 2019

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi : https://www.jawaban.com/cbnfunrun/

Baca juga : 

Ikut Lari di ‘Fun Run ‘Hero of Change’, Selain Sehat Kamu Juga Bisa Beramal Loh!

Cara Alami Atasi Alergi Akibat Seafood

Sumber : Berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer

Abdul Hamid 16 November 2019 - 05:58:24

Sy di tinggal kabur istri sdh 1 bulan alsan istri .. more..

2 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2