Naomii Simbolon

Official Writer
640


 Berapa kali kamu mendengar mengenai kepemimpinan lelaki di dalam pernikahan?

Saya rasa, kamu sudah sering mendengarnya ya. Baik itu di dalam gereja dan lain sebagainya.

Bagi seorang pria, menjadi pemimpin di dalam pernikahan ataupun dalam rumah tangga bukan berarti segala sesuatu harus dikerjakan oleh istri, istri harus tinggal di rumah, dan menyiapkan makanan yang enak bahkan ketika dia baru pulang dari kantor.

Yah, jika ini adalah cara  kamu berfungsi dalam pernikahan kamu, sebenarnya juga nggak ada yang salah.

Tapi itu bukanlah standar utama dalam kepemimpinan pria dalam pernikahan. Kepemimpinan itu jauh lebih penting daripada memenangkan makanan alias roti.

Meskipun memang kamu dan pasangan adalah dua orang yang berbeda, tetapi bukan berarti kamu harus melakukan sesuatu sesuai kehendakmu saja dan lalu memimpin.

Dua dinamikan rumah yang berbeda inilah yang seharusnya membuat kita lebih mengerti bagaimana seorang pria seharusnya memimpin dalam kebenaran Kristus.

Yesus memanggil kita untuk mengatasi perbedaan, sehingga itu pria bisa memimpin keluarga mereka dan pernikahan mereka menjadi lebih berkembang.

Nah, inilah beberapa aspek penting yang pria bisa pelajari sehingga bisa memimpin pernikahan dan keluarga dengan baik.

1. Kepemimpinan seharusnya memberikan visi untuk keluarga dan pernikahan kamu

Pemimpin haruslah menginspirasi, memberikan visi dan menetapkan tujuan untuk keluarga atau pernikahan dan memotivasi semua orang di sekitar visi itu.

Nah, itulah bagian terpenting dari kepemimpinan seorang suami di rumah, karena ini akan menyangkut iman istri dan juga anak-anaknya.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak kemungkinan besar akan terhubung dengan gereja bahkan sampai mereka dewasa jika ayah mereka ke gereja juga.

Dengan kata lain, jika ayah nggak bergairah mengenai imannya, maka besar kemungkinan anak-anaknya nggak akan menjadi lebih baik.

Ini adalah kabar baik, bahwa pernikahan kamu dan keluarga kamu akan mendengarkan kamu dan memperhatikan kamu.

Jadi jika kamu mengikuti Yesus dengan sepenuh hati dan memberikan visi ke seluruh keluarga dalam pernikahan kamu untuk melakukan hal yang sama, maka hasrat kamu akan terbakar di dalam pernikahan kamu dan jadilah demikian.

Jadi suami, kamu dipanggil dan memiliki kekuatan untuk mengubah dunia, dan itu harus kamu mulai dari pernikahan dan keluarga kamu. Kamu diperlengkapi dengan unik dan kamu akan menjadi pemimpin.

2. Kepemimpinan bukan berarti harus mengendalikan keluarga atau pernikahan kamu.

Kepemimpinan adalah pengaruh bukan kontrol.

Dalam suratnya kepada gereja di Efesus, inilah yang dikatakan Paulus kepada para suami mengenai gimana mereka harus memperlakukan istri mereka :

"Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela." (Efesus 5:25-27)

Setelah itu, dia melanjutkan untuk bicara gimana ayah harus memperlakukan anak-anak mereka dalam Efesus 6:4, "Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan."

Paulus mendefenisikan bahwa kualitas kepemimpinan itu adalah kasih bukan kontrol. Dan kasih bisa menjadi hal yang memang lebih sulit dibanding kontrol.

Ketika kamu menjadi pemimpin dalam pernikahanmu, maka hidup kamu bukan lagi tentang kamu saja. Tetapi ketika hidup kamu lebih dari sekedar kamu, melainkan Tuhan maka berkat yang kamu alami jauh lebih besar dari yang pernah kamu bayangkan. Jadi, renungkanlah 2 hal di atas dan jadilah pemimpin yang baik dan benar dalam pernikahanmu.

 

 

Sumber : crosswalk | Jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us