Dari Open House Presiden Sampai Arus Lalin, Ini 4 Hal yang Perlu Kita Tahu Soal Lebaran
Sumber: Setkab.go.

Nasional / 29 May 2019

Kalangan Sendiri

Dari Open House Presiden Sampai Arus Lalin, Ini 4 Hal yang Perlu Kita Tahu Soal Lebaran

Lori Official Writer
2396

Lebaran sudah di depan mata. Ada banyak orang yang tentu saja berencana untuk pulang kampung dan bertemu keluarga. Namun ada juga yang berencana tak pergi kemana-mana.

Nah, bagi masyarakat yang ada di ibukota dan sekitarnya. Kamu harus tahu empat informasi penting soal Lebaran 2019 ini demi memudahkan kelancaran perjalanan maupun rencana Lebaran mendatang.

1. Cuti Lebaran PNS Ditetapkan dari 3-7 Juni 2019

Presiden Joko Widodo menetapkan cuti bersama Lebaran bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 3-7 Juni 2019.

Jadi cuti bersama libur Lebaran PNS ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 13 Tahun 2019 tentang cuti bersama PNS 2019 yang ditandatangani oleh Presiden pada 27 Mei 2019 lalu.

2. Sistem Satu Arah Lalu Lintas (Lalin) Diubah

Untuk diketahui, sistem satu arah lalin yang sempat diumumkan saat Lebaran nanti akhirnya diubah.

Kepala Manajemen Operasional Pt Jasa Marga (Persero) Tbk Fitri Wiyanti menyampaikan jika sistem satu arah di sebagian ruas Tol Trans Jawa hanya akan diberlakukan selama 12 jam saat lebaran yaitu selama pukul 09.00-21.00 WIB.

Jarak pemberlakuan sistem satu arah juga diubah. Jika sebelumnya diterapkan sejak Km 29 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai Km 262 Brebes Barat. Maka saat ini sistem satu arah akan dimulai pada Km 70.

Selain itu, selama arus mudik dan arus balik Lebaran, Jasa Marga akan memberlakukan diskon tarif lokal sebesar 15 persen untuk seluruh ruas tolnya pada tanggal-tanggal tertentu.

Baca Juga:

Para Pengguna Jalan Perlu Tahu, Ini Beberapa Titik Macet Selama Libur Lebaran 2018

Inspiratif! Gereja ini Bantu Kebutuhan Lebaran Anak Yatim di Ambon

3. Jadwal Transportasi Umum di Jakarta Diundur

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan bus Transjakarta tetap beroperasi di hari pertama Lebaran pada Rabu, 5 Juni 2019 dengan jadwal operasi mulai pukul 09.00 WIB.

Tak hanya itu, pihak Bus Transjakarta juga akan menambah armadanya. “Selama ini 11 sampai 16 bus yang beroperasi. Mulai 6 hingga 16 Juni kita tambah 22 unit,” kata Agung.

4. Open House Presiden Jokowi Digelar di Jakarta

Tahun ini, Presiden Jokowi merayakan Lebaran di ibu kota. Karena itu, Presiden rencananya akan menggelar Open House di Istana Presiden Jakarta. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jokowi akan membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat umum untuk datang.

Semoga informasi ini berguna untuk setiap kita yang berencana melakukan perjalanan ke pulau Jawa dan juga yang tetap tinggal di ibukota ya.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami