Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
703


Apakah kamu sudah lama memiliki sebuah ide yang ingin banget kamu lakukan tetapi sayangnya kamu nggak begitu yakin kalau ide itu adalah sesuatu yang Allah ingin kamu lakukan. Terus, gimana kamu bisa tahu tanpa ragu bahwa Tuhan selalu berada dalam petualangan besar bersamamu?

Nah, agar kamu yakin kalau  keputusan yang kamu ambil itu benar-benar berasal dari Allah, maka cobalah utnuk melakukan langkah dibawah ini.

Langkah ini akan membantu kamu untuk menentukan apakah lompatan iman yang ingin kamu lakukan itu adalah kehendak Allah atau nggak.

1. Berdoalah

Mohonlah supaya Tuhan,"Beritahukan jalan-jalanMu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah itu kepadaku." (Mazmur 25:4)

Dalam 1 Samuel 14:36, kita membaca bahwa Saul ingin berperang dengan orang Filistin:

"Lalu kata Saul: "Marilah kita pada malam ini mengejar orang Filistin dan menjarahi mereka sampai fajar menyingsing dan janganlah kita biarkan hidup seorangpun dari mereka." Jawan mereka itu,"Perbuatlah apa yang kaupandang baik." Tetapi iman berkata," Marilah kita dahulu tampil menghadap Allah disini."

Ketika kita membaca kisah-kisah dari beberapa orang besar dalam Alkitab seperti Abraham, Musa dan Daud, kita akan melihat bahwa ketika mereka berdoa dan bertanya kepada Tuhan apa yang harus mereka lakukan, lalu mengikuti arahannya, mereka selalu berhasil. Tetapi itu akan menjadi sebuah bencana ketika mereka melakukannya sendiri tanpa Tuhan.

Jadi berdoalah dan minta penyertaan Tuhan.

2. Dengarkan suara Tuhan

Sering sekali kita meletakkan permintaan kita dihadapan Tuhan melalui doa dan kemudian kita melanjutkan tanpa menunggu jawaban doa dariNya. Kadang-kadang Dia akan menjawab segera, tetapi juga di waktu yang berbeda Dia ingin kita menunggu dengan sabar pada waktuNya. Jadi, kita harus terus berdoa, mendengarkan, bertanya dan mendengarkan lebih banyak lagi suara Tuhan, sampai kita benar-benar merasakan suaraNya dan doronganNya untuk kita mengambil keputusan berikutnya atau nggak.

"Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan." (Amsal 1:5)

"Dan kataNya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" (Markus 4:9)

3. Mempelajari Firman Tuhan

Tuhan akan berbicara kepada kamu melalui FirmanNya. Tulisan suci yang kamu baca berkali-kali akan memiliki makna yang luar biasa dan akan berbicara kepada kamu mengenai keputusan yang akan kamu ambil. Dan sepatutnya kamu mempertimbangkannya.

"FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

4. Carilah konfirmasi sebelum benar-benar mengambil keputusan tersebut

Semakin kamu berdoa, mendengarkan, dan membaca Alkitab maka semakin kamu akan mendengar sesuatu yang membuat iman kamu melompat dan bertumbuh, baik itu melalui kotbah, lagu, diskusi, media sosial, blog bahkan program TV dan juga film.

Tiba-tiba sepertinya semua orang membicarakan apa yang kamu sedang pertimbangkan sekarang ini.

Jika ini adalah kehendak Tuhan untuk hidup kamu, maka pintu akan mulai terbuka dan kemudian kamu akan mengambil sebuah keputusan besar, apakah akan berjalan atau nggak.

Itulah 4 hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan sebelum benar-benar memutuskan sebuah keputusan yang besar.  Yakinkan dirimu dan izinkan dirimu dalam tuntunan Tuhan!

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3