Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
428


Nggak tau kapan mulainya, tapi kayaknya sekarang ini banyak orang mulai tertarik dengan dunia investasi. Katanya, menabung nggak bikin untung, sebab bunga yang didapat justru ketutupan dengan biaya administrasi yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Daripada uangnya 'nganggur' di tabungan, investasi di bidang saham bisa jadi jawabannya. Mudah, bisa online, dan nggak mesti dengan modal yang banyak. Sayangnya, banyak orang yang akhirnya jadi mengurungkan niat karena saham sering dianggap ribet dan sulit, apalagi harus dipantau terus setiap waktunya.

Setiap orang pasti harus mengalami tahap belajar, sehingga bisa dikatakan sebagai orang yang mahir. Saham nggak sesusah yang kita kira, lho. Mau buktinya? Yuk belajar dengan 5 cara ini.

1. Cari tahu cocok atau tidaknya kita dengan investasi saham

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup riskan. Makanya, nggak semua orang cocok di bidang ini. Buat tahu cocok atau tidak, tentu saja kita harus mencobanya. Tenang aja, sebab sekarang ini kita bisa beli saham dengan nominal yang yang cukup kecil.

Mau punya uang 200ribu pun bisa langsung dibelikan saham. Sekecil apa pun uang yang kita punya, yang namanya modal itu harus tetap dihitung. Nah, setelah mulai belajar-belajar saham, ikut nyemplung di dalamnya, coba jawab pertanyaan ini, “Apakah kita cocok di investasi saham ini?”

2. Modal paling penting bukan cuma duit, tapi pengetahuan

Ibaratkan saham sebagai perang, kayaknya akan dinamakan bunuh diri kalau kita turun ke medan perang tanpa memikirkan strategi terlebih dahulu. Belajar soal saham bukan cuma cari tahu gimana caranya bisa cuan sebanyak-banyaknya, tetapi juga bagaimana kita mendapatkan mindset atau pola pikir menuju kemapanan.

Mau jadi dokter sukses yang akhil aja perlu waktu bertahun-tahun, begitu pula dengan dunia investasi. Internet banyak kok menyediakan teknik belajar saham buat pemula. Kalau saran penulis, ada baiknya kita mulai dari membaca tren dan mengenal simbol-simbol chart.

Baca artikel lainnya: Tuhan Mau Orang Kristen Berinvestasi dengan 5 Prinsip Alkitab Ini, Yuk Jadi Berkat!

3. Pilih perusahaan sekuritas yang klop buat kamu

Modal ada, meski cuma seuprit. Kemauan juga udah ada, udah mulai belajar sedikit-banyak soal saham. Sekarang, saatnya kita mulai melangkah ke medan perang. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas.

Sekarang ini, perusahaan sekuritas banyak menawarkan kemudahan bertransaksi dengan aplikasi yang ringan dan mudah dipelajari. Jadi, tinggal pilih saja mana yang cocok buat kita, ya.

4. Kalau bisa, jangan kenalan dulu dengan yang namanya saham gorengan

Duh, denger namanya aja kayaknya udah kerasa gurihnya, ya. Kalau udah mulai nyemplung di dunia per-saham-an, kita akan mulai kenalan dengan yang namanya saham gorengan. Singkatnya, saham ini adalah jenis yang mudah naik, tapi juga mudah turun.

Saham ini emang enaknya pas lagi anget-angetnya, sama kayak gorengan yang sering kita makan. Kita bisa profit 30% dalam waktu 1 jam, tetapi bisa juga loss dalam waktu yang kurang dari setengah jam. Nah, karena gerakannya yang acak dan nggak bisa diprediksi dengan baik ini bikin jenis saham gorengan kurang cocok buat sarana belajar kita.

Baca artikel lainnya: Meski Penting, Investasi Uang Perlu Disampingkan Oleh 4 Jenis Investasi Ini, Lho

5. Hindari menggunakan semua modal buat satu transaksi

Setiap investor saham punya caranya masing-masing buat dapetin cuan. Ada baiknya kalau modal kita nggak semuanya dibelikan untuk satu kali transaksi. Sebagai pemula, kita masih meraba-raba. Gunakan saja sedikit, sisanya buat di simpan. Seenggaknya, kita udah tahu dunia saham itu gimana.

Ibaratnya, ketika kita taruh semua uang yang dimiliki untuk sekali transaksi, kayaknya kok mahal banget harga belajar investasi saham yang kita jalani ini, ya?

Jadi, gimana nih? Tertarik dengan investasi saham?

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2