Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
386


Nggak satu pun orang yang menginginkan perceraian. Tentu saja setelah mengucapkan janji di depan altar, satu hal yang diinginkan adalah menikah seumur hidup dan menjadi berkat.

Tetapi apa boleh dikata jika ternyata perjalanan pernikahan nggak seindah yang selalu dimimpikan. Ada banyak hal yang bisa terjadi, bahkan berjuang untuk menjadi pernikahan yang lebih baik tanpa menuju perceraian.

Kita tentu saja merindukan sebuah keintiman, untuk bisa tahu segala seseuatu tentang pasangan, apalagi dalam pernikahan. Bukan karena alasan cemburu, melainkan karena cinta.

Lantas, gimana caranya agar kita bisa sampai di sana? Apa yang harus kita lakukan jika ternyata ada sisi buruk kita yang ternyata menggerogoti pasangan kita dan cenderung dosa kita menimpanya, atau sebaliknya?

Konflik dalam pernikahan pastilah terjadi, tapi kamu dan pasangan nggak harus berakhir sebagai korban.

Dengan mengikuti beberapa pedoman Alkitab di bawah ini, maka kalian akan mampu menyelesaikan konflik dalam pernikahan sedemikian rupa sehingga bisa saling membangun, bukan malah menghancurkan pernikahan.

1. Tetaplah waspada terhadap pertempuran yang sebenarnya

Ketika kita berada dalam konflik, kadang kesombongan bisa mengubah perspektif kita sehingga kita mulai memandang pasangan kita sebagai musuh.

Hal itu tidak akan pernah membuat keintiman sejati terjadi dalam pernikahan kamu.

Padahal Tuhan merancang pernikahan untuk menunjukkan kedalaman kasihNya bagi kita, sehingga hubungan kita dengan pasangan akan memberkati orang lain yang melihatnya.

Nah, itu sebabnya musuh nggak ingin melihat pernikahan kita penuh dengan kasih Allah, itulah alasan mengapa dia bersikukuh untuk menghancurkan pernikahan kita. Disitulah letak pertempuran. Ketika konflik muncul, maka fokuslah pada pertempuran yang sebenarnya, selesaikan masalah kamu supaya pernikahan kamu tetap kuat.

Kalian mungkin bisa saling mengingatkan satu sama lain, sejak awal pernikahan.

Pasangan kamu bukan musuh kamu, tetapi iblislah yang menjadi musuh kalian.

ARTIKEL TERKAIT :

Menolak Cerai, Inilah 3 Cara Mengembalikan Kepercayaan Yang Pudar Dalam Pernikahan (2)

2. Berdoalah untuk pernikahan kamu

Sebagian besar dari kita tahu bahwa kita perlu berdoa secara konsisten untuk pernikahan kita, agar Tuhan menjaga hati kita tetap lembut dan saling mengasihi satu sama lain, membantu kita untuk memahami satu sama lain dan melindungi hubungan kita dari kerusakan eksternal.

Dan kekuatan itu akan muncul ketika kita berhenti berkelahi namun menghantar semua masalah ke dalam hadirat Tuhan melalui doa. Ketika kamu melakukannya, maka RohNya akan menenangkan amarah kita dan membukakan pemikiran kita yang salah ke dalam kebenaran.

Percayalah, ketika kita melibatkan Dia dalam pernikahan dan jalan hidup kita, maka pernikahan kita akan tumbuh lebih kuat dan jauh lebih baik.

3. Periksa kembali motivasi kamu dalam pernikahan

Motif yang egois  seperti ingin memenangkan argumen, cenderung menghancurkan kepercayaan pasangan dan merusak hubungan kalian, pada akhirnya.

Motif yang salah adalah akar yang paling besar dalam masalah pernikahan.

Yakobus 4:1-2 berkata, "Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa."

 

Dalam konflik biasanya ada dua keinginan yang berlawanan dan bertarung agar bisa mendominasi.

Begitu kita mengenali dan jujur dengan keinginan kita sendiri, cobalah untuk mengevaluasinya secara lebih rasional. Apakah itu seimbang tanpa merugikan siapa pun, apakah itu sesuatu yang harus banget kamu akui? Area manakah kamu bisa menunjukkan kasih dan pengorbanan Yesus?

Jika masalah membuat kalian berkonflik, maka tarik nafas dan berhenti sejenak lalu ingatlah kebaikan dan kedaulatan Tuhan. Dia sudah tahu solusinya, dan itu akan menjadi cinta yang berakar pada kamu dan pasanganmu.

Nah, jika kamu memiliki konflik dengan pasangan kamu dikarenakan kamu sendiri atau pasangan kamu, maka ingatlah untuk melakukan 3 hal di atas.

Periksalah dirimu dan ketahuilah bahwa Tuhan senantiasa menyertaimu.

Apakah kamu memiliki pergumulan dengan kehidupan rumah tanggamu atau masalah hidup lainnya dan rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7273

Banner Mitra September week 3