Seimbangkan Gula Darah Kamu Sebelum Melakukan Kegiatan Yang Berat, Dengan Cara Ini!
Sumber: CBN.com

Health / 13 May 2019

Kalangan Sendiri

Seimbangkan Gula Darah Kamu Sebelum Melakukan Kegiatan Yang Berat, Dengan Cara Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2168

Apakah kamu berencana untuk mengikuti lomba marathon, balap sepeda dalam waktu dekat?

Sementara itu, kamu sedang mengalami sakit diabetes. Lalu apa yang harus kamu lakukan supaya mampu mempertahankan kadar glukosa kamu tetap sehat?

Dengan membuat sebuah perencanaan, maka nggak akan ada alasan bahwa penyakit diabetes kamu menghalangi kemampuanmu untuk melakukan aktivitas apapun.

Latihanlah sebelum kamu benar-benar ikut lomba tersebut

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk mulai mempertahankan kadar glukosa kamu supaya tetap sehat dan membuat manajemen diabetes yang sedikit lebih mudah, karena olahraga itu mampu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kada gula darah.

Nah, menurut masyarakat Imunologi Austalasia, aktivitas fisik bagi penderita diabetes bisa menurunkan peradangan dan mengurangi lemak tubuh, dan akhirnya menormalkan metabolisme dan gula darah.

The American Diabetes Association mengatakan bahwa latihan aerobik seperti berlari dan bersepeda akan menurunkan risiko penyakit jantung bagi orang yang penyakit diabetes.

Jadi, olahraga benar-benar bagus untuk kamu yang penyakit diabetes. Tapi jangan lupa perhatikan hal ini sebelum melakukan kegiatan tersebut ya!

 1. Konsultasi dengan dokter dulu

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan sebelum memulai olahraga adalah konsultasi dengan dokter kamu mengenai rencana kamu. Dokter kamu akan memberikan kamu beberapa informasi penting untuk keberhasilan olahraga atau latihan ini.

Jangan lupa tanyakan pertanyaan ini ke dokter kamu ya :

  • Apakah kamu bisa melakukan jenis olahraga atau kegiatan ini?
  • Seberapa sering kamu harus memonitor gula darah saat berolahraga
  • Gimana caranya menyesuaikan obat atau insulin jika diperlukan?
  • Apa yang dokter rekomendasikan untuk kamu makan, apakah kamu perlu diet.

Kamu mungkin pengen banget menyelam dan langsung olahraga tanpa konsultasi sama dokter, tapi jika kamu ingin mempertahankan gula darah kamu tetap sehat dan mencapai tujuan kamu tanpa cedera, sebaiknya konsultasi dulu ya.

Perhatian, ketika kamu merasakan pusing, lelah sekali, kulit pucat, berkeringan, lapar ketika berolahraga, maka berhentilah sejenak serta periksa gula darah kamu. Untuk olahraga pertama, mulailah di dalam ruagan dan banyak minum air dan taruh makanan ringan di dekat kamu bila diperlukan. Setelah itu, barulah kamu ke luar ruangan.

2. Makan dan minumlah dengan baik dan teratur

Tahu nggak sih bahwa atlet sekalipun membutuhkan karbohidrat  untuk membantu peningkatan aktivitas fisik mereka.

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan asupan karbohidrat yang konsisten setiap hari untuk mendukung olahraga kamu.

Makanlah makanan yang simbang dengan sedikit protein dan lemak, karena ini akan membantumu mempertahankan energi dan gula darah kamu selama olahraga.

Jika gula darah kamu antara 70 dam 100 mg/dl, maka kamu harus makan setidaknya 15 gram karbohidrat sebelum olahraga untuk meningkatkannya.

Setelah olahraga, kamu harus makan sesuatu yang tinggi karbohidrat juga seperti biji-bijian, buah atau susu.

Pisang adalah camilan yang bagus karena bisa membantu menangkal gula darah rendah kamu.

Cobalah untuk makan makanan seimbang dalam waktu dua jam setelah berolahraga. dan pilihlah sesuatu yang sedikit mengandung protein.

Jadi, bisa saja seseorang yang penyakit diabetes mengikuti lomba lari atau sepeda.  Asal melakukan latihan olahraga terlebih dahulu dan dibawah konsultasi dokter.  Cepat sembuh dan jangan lupa olahraga ya! Teruslah berdoa, sebab usaha apapun yang kamu lakukan, tanpa penyertaan Tuhan maka itu tidak akan sempurna.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami