Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
387


Artikel ini khusus dibuat berhubungan dengan pesta rakyat yang kita adakan hari ini yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Dan penulis berpikir kalau hal ini berkaitan kuat dengan pernikahan juga ya. Kenapa? Karena bahkan Calon Presiden dan Wakil Presiden pun adalah mereka yang sudah menikah. Di tambah dengan mereka yang maju dalam pemilu legislatif yang kebanyakan berasal dari beragam profesi dan latar belakang kehidupan.

Mungkin sebagian dari pembaca kebetulan berada dalam posisi dimana pasanganmu juga ambil bagian dalam Pemilu ini. Entah mencalonkan diri sebagai anggota DPR atau DPRD.

Berani mencalonkan diri berarti berani menerima hasilnya: Kalah atau Menang bukan?

Sayangnya, ada banyak dari mereka yang kalah gak bisa menerima kekalahannya dan pada akhirnya membuat mereka berujung pada depresi, sakit jiwa, emosional dan sebagainya.

Tentu saja kamu gak rela kan kalau pasanganmu mengalami hal serupa? Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya kalau kamu mempersiapkan beberapa hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan ketika dia harus menelan kekalahan.

1. Pastikan kamu selalu ada mendukungnya

Kalau memang pilihan untuk maju di Pemilu 2019 ini adalah hasil dari kesepakatan bersama. Artinya, kalian juga sudah sepakat untuk menerima hasil apapun.

Jadi orang yang kalah memang bukan hal yang mengenakkan. Pastilah pasanganmu akan merasa sedih dan kecewa. Dan supaya dia tak berlarut-larut dalam kesedihan itu, adalah tugasmu untuk mendukungnya.

Berilah dia semangat dan yakinkan kalau kekalahan bukan akhir dari segalanya.

2. Ingatkan pasangan bahwa kekalahan ini untuk tujuan yang lebih baik

Sebagai manusia, kita pasti akan mencari-cari kesalahan orang lain saat kita harus dinyatakan kalah. Tapi alih-alih mencurigai banyak hal, akan lebih baik menerima kekalahan dengan lapang dada dan mengakui pemenangnya memang lebih pantas menang.

Sebagai pasangan, jadi tugasmu untuk mengingatkan pasanganmu untuk tetap berhikmat dan mengingat janji Tuhan. Sebagai orang percaya, ingatkan dia bahwa Tuhanlah yang mengatur segala sesuatu terjadi.

Jadi, kalah bukan berarti menjadikannya pecundang. Justru Tuhan bisa memakai kekalahan untuk tujuan yang baik.

3. Ingatkan dia masih ada kesempatan lain

Walaupun tujuan maju di Pemilu 2019 adalah karena panggilan bukan berarti seseorang gak boleh kalah. Rencana kita bukan rencana Tuhan. Jadi, yakinkan pasanganmu bahwa masih ada kesempatan lain.

Tuhan bisa membuka pintu lain yang lebih baik untuk dia. Jadi, ingatkan dia supaya gak kehilangan harapan.

4. Yang terjadi biarlah terjadi

Mungkin satu hal yang paling disayangkan oleh pasanganmu dari kekalahannya adalah biaya besar yang sudah digelontorkannya untuk kampanye menggalang simpati.

Walaupun cukup besar, tapi itu bukanlah alasan yang tepat untuk mulai stress dan depresi. Tunjukkan dukunganmu dengan sikap mengikhlaskan semua dana, tenaga dan waktu yang sudah kalian habiskan. Yang terjadi biarlah terjadi!

Saat kamu menyikapinya dengan positif, maka pasanganmu pun pasti akan terdorong untuk melakukan hal yang sama.

5. Doakan dia

Sebagai pendukung utama, sudah jadi tugasmu untuk mendoakan pasangan baik sebelum dan sesudah pemilu.

Doa adalah senjata terbesar yang bisa kita lakukan selain memberikan pandangan-pandangan positif kepada pasangan. Mintalah supaya Tuhan memberi pasanganmu kerendahan hati untuk mau menerima kekalahan.

Apapun kondisi yang dialami pasanganmu, ingatlah sumpah yang kalian ucapkan di depan altar bahwa dalam kondisi apapun itu hadapilah bersama. Kekalahan saat ini adalah satu fase atau musim yang harus kalian lewati bersama. Jangan biarkan pasanganmu menderita sendirian dalam kekalahannya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7271

Banner Mitra Agustus Week 4