Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
311


Dalam kehidupan sehari-hari, akan datang amsanya ketika kamu terjebak dalam energi dan situasi yang negatif. Sejak bangun tidur, yang kamu dengar ialah ocehan melulu. Perjalanan ke kantor dipenuhi dengan sumpah serapah dan berisik macet mobil dan pengguna jalan. Tiba di kantor pun kamu masih harus dengerin keluhan teman dan temanmu.

Meski begitu, yang perlu kamu ketahui, sumber energi negatif itu adalah dirimu sendiri. Sesuatu yang sebenarnya bukan apa-apa malah kita pikirin sebegitu panjang dan lebarnya sehingga membuat kita kewalahan sendiri.

Saya tahu bahwa bersikap positif dan menjadi orang yang positif terhadap segala situasi itu nggak mudah. Lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan ya?

Tapi, gimana  pun sikap optimisme harus dimiliki karena akan membantu kamu dan membawa kamu melalui tantangan hidup.

Jadi, beginilah yang bisa kamu lakukan untuk tetap positif dalam menjalani hidup bahkan ketika keadaannya begitu sulit!

1. Selalu berusahalah menemukan sudut pandang yang optimis dalam situasi yang negatif

Kepositifan dimulai dengan pikiran positif. Ini adalah salah satu cara dan yang paling sederhana namun paling efektif untuk membangun pandangan yang lebih positif.

Ketika kamu dibombardir dengan kenegatifan, tanyakanlah kepada dirimu sendiri, apa satu hal yang positif atau yang baik mengenai situasi ini?

Bisakah kamu menemukan satu peluang dalam situasi tersebut? Memikirkan hal baik akan lebih baik daripada mengalahkan diri sendiri karena berpikiran negatif.

2. Menumbuhkan lingkungan yang positif

Negativitas hanya akan menyedot energi kamu. Sementara sikap positif akan menular.

Sebaiknya berhati-hatilah dengan siapa kamu menghabiskan waktu. Selanjutnya, kamu harus waspada terhadap input yang kamu dapatkan dari TV, Internet dan majalah karena semuanya hanya akan memiliki efek yang besar terhadap pandangan kamu.

Untuk memupuk lingkungan yang positif, kamu harus memiliki pengaruh dalam hidupmu, kamu harus tegas dan harus membangun sikap positif itu atas dirimu. Luangkanlah waktu untuk memikirkan sumber informasi paling negatif yang kamu habiskan dan gimana kamu bisa mengurangi interaksi.

Fokuslah untuk menghabiskan waktu dengan sumber-sumber positif atau orang-orang yang positif dalam hidup kamu.

3. Mundur dan berjalan pelan

Maksudnya, ketika kamu berpikir, berbicara dan bersikap dengan ceroboh dan negatif, maka itu akan menciptakan banyak masalah bagi hidup kamu. Selain itu, kamu akan stres dan negatif hanya akan memupuk pikiran kamu.

Jadi, pelan-pelan mundurlah. Itu akan membuat pikiran dan tubuh kamu tenang.

Jauh lebih muda untuk memikirkan semuanya dengan jelas ketika kamu santai.

4. Jangan membesar-besarkan masalah yang kecil

Sangat mudah untuk menjadi orang yang pesimis. Pesimis hanya akan membuat pikiran kita penuh ketakutan.

Nah, untuk menghindari ini, kamu harus menghentikan pikiran kamu segera mungkin dari hal-hal negatif. Bernafaslah dan fokus kembali untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik dan positif mengenai situasimu.

Perluaslah perspektif kamu dan bersantailah. Belajarlah untuk melepaskan hal-hal kecil yang nggak penting.

5. Bersyukur kepada Tuhan akan hidupmu

Orang yang jarang mengungkapkan rasa syukur akan selalu merasa kekurangan. Semua yang ia capai akan jadi seolah gak punya makna. Jangan sampai kamu terjebak dalam pemikiran seperti itu. Sebaliknya, pelajarilah cara mengapresiasi diri. Orang lain pun akan berusaha mengapresiasi kamu juga. Hubungan yang baik semacam ini akan terus menghasilkan energi positif antara kamu dengan keluarga dan/atau teman-teman.

Apa saja yang bisa kamu syukuri? Banyak. Mulai dari membuka mata pagi ini, kamu bisa bersyukur atas tidur yang cukup dan berkesempatan bertemu pagi lagi. Bersyukurlah kamu memiliki keluarga yang selalu mencintaimu. Bersyukurlah kamu memiliki kendaraan untuk berangkat dari rumah ke kampus/kantor, walaupun jalanan macet. Bersyukurlah kamu bisa menjalani hari ini hingga nanti kembali memejamkan mata. Bersyukurlah kamu masih bernapas. Itu saja.

Intinya semuanya harus dimulai dari dalam dirimu. Apa yang kamu pikirkan akan menjadi kata, dan apa yang kamu katakan akan menjadi tindakan dan menjadi kebiasaan. So, semoga harimu menyenangkan ya!

 

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Danny Gandahanindija 25 April 2019 - 19:37:47

bagaimana melakukan mentoring untuk remaja

0 Answer

Pirlo Josua 25 April 2019 - 15:07:05

Saya saat ini, di kejar kejar oleh pihak bank, kar.. more..

0 Answer

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7241

advertise with us