Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
387


Baru-baru ini seorang wanita di China menjadi terkenal karena videonya meminta untuk balikan sama mantan yang saat itu sedang melangsungkan pernikahan jadi viral. Bahkan wanita itu datang ke pernikahan mantan lengkap dengan gaun pengantin berwarna putih, dan menghampiri mantan kekasihnya yang sedang melakukan prosesi pernikahan untuk mengajak balikan.

Bisa kebayang dong perasaan mempelai perempuan saat melihat pengantin pria yang ditarik-tarik mantan karena diminta balikan? Marah, sedih dan malu pasti ia rasakan. Ia akhirnya meninggalkan panggung pelaminan dan membiarkan sang pengantin pria untuk mengurus drama di hari pernikahan itu. Namun alih-alih menanggapi sang mantan, pengantin pria memilih mengejar mempelai wanita yang sepertinya marah.


Video itu cuma berdurasi 30 detik, tapi pastinya buat sang pasangan mempelai dan keluarga sangat dirugikan dan merasa malu karena peristiwa itu.

Tapi harusnya, si mantan yang minta balikan dan keluarganya pun merasa malu karena hal ini menjadi berita nasional bahkan dunia.

Nah, jangan sampai ya kamu jadi kaya perempuan itu yang meminta balikan bahkan di saat hari pernikahan si mantan. Untuk itu kamu harus bisa move on, apa lagi kamu seorang single Kristen.

Tapi gimana sih biar bisa move on, terlebih ngga baper saat menerima undangan pernikahan dari sang mantan?

1# Coba cek hati kamu, apakah kamu masih merasa terluka karena sang mantan

Menyimpan perasaan sama si mantan itu tidak baik, bahkan perasaan terluka sama si dia. Jangan karena kamu merasa terluka sama dia jadi kamu berpikir ngga akan mikirin dia lagi loh.

Saat putus atau bahkan dalam masa pacaran, saring melukai itu kadang tidak terelakkan. Untuk itu penting bagi kamu untuk menyelesaikan masalah di masa lalumu ini agar kamu bisa move on kepada rencana yang indah yang sudah Tuhan siapkan.

Caranya ngga selalu dengan mendatangi si dia kok. Kamu bisa datang kepada Tuhan, cek hati kamu apakah masih ada rasa terluka, marah atau mungkin bahkan kepahitan, lalu putuskanlah untuk mengampuni dia.

Hal ini dijamin ngga gampang melakukannya, untuk itu minta Roh Kudus untuk menolongmu, jika perlu mintalah tuntunan dari seorang pembimbing rohani yang bisa dipercaya.

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. ~ Kolose 3:13

2# Akuilah pada Tuhan jika kamu sedih kehilangan si dia

Ya, kita ngga perlu menutup-nutupi hal ini. Ketika kita putus cinta pasti ada rasa sedih, jadi jangan menyangkal kalau kamu merasakan sedih atau sakit hati. Kamu boleh kok menangis karena kehilangan si dia.

Mengapa kita harus mengakui rasa sedih atau patah hati kita?

Karena mereka yang menyangkali perasaannya akan lebih sulit untuk sembuh atau dipulihkan.

Sama seperti orang yang sakit, dokter tidak bisa menolong untuk mengobatinya jika orang itu tidak mau mengungkapkan apa yang ia rasakan dan dibagian mana yang sakit.

Kamu mau cepat sembuh kan? Yuk datang pada Tuhan yang akan memulihkan dan menyembuhkan hatimu.

TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. Mazmur 34:19

3# Kalau masih juga belum bisa melupakan sang mantan, jangan-jangan dia jadi berhala dalam hidupmu. Bertobatlah!

Memang tidak semua hubungan itu jadi berhala. Tapi jika kamu tidak bisa juga melepaskan mantan kamu maka bisa jadi si dia sudah jadi berhala dalam hidupmu.

Saat kamu menyembah sesuatu, kamu memberikan hidup kamu kepada obyek yang kamu sembah. Tentu saja jika kita menyembah Tuhan hal itu sangat bagus. Tetapi jika tanpa sadar kamu menjadikan sesuatu berhala dalam hidupmu, kita menghancurkan hidup kita sendiri.

Sama seperti saat kamu merasa “tidak bisa melepaskan si dia”, hidupmu sedang terikat kepada sosok mantan kamu. Kamu memposisikan mantan kamu dalam sebuah posisi yang tidak tergantikan, bukankah itu menduakan Tuhan?

Alkitab mengingatkan kita dalam 1 Yohanes 5:21 untuk waspadalah terhadap segala berhala."

Jadi, yuk bertobat dan hancurkan berhala yang satu ini. Jadikan Tuhan sebagai penguasa tunggal dan satu-satunya dalam hidupmu.

4# Jika kamu ingin benar-benar pulih dan move on, alamilah cinta sejati di dalam Tuhan Yesus Kristus

Tahukah kamu bahwa satu-satunya solusi untuk mereka yang patah hati adalah mengalami kasih sejati yang sempurna, dan hal itu hanya bisa kamu temukan di dalam Yesus Kristus. Lalu bagaimana kita mengalami kasih Yesus itu?

Dalam Roma 5:3 dituliskan, Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita."

Apakah kamu membaca kalimat yang digarisbawahi? Ya, kasih Tuhan dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Kudus. Jadi untuk mengalami kasih Tuhan ini ijinkan Roh Kudus bekerja dalam hidupmu. Kasih Tuhan ini bukan hanya perasaan atau hasil pemikiran logika kita, tapi merupakan karya Roh Kudus.

Untuk itu undanglah Yesus Kristus menjadi Tuhan dan Juru Selamat dalam hidupmu dan terimalah Roh Kudus bekerja dalam hidupmu, memenuhimu dengan kasih Tuhan dan memulihkan setiap luka hatimu.

Nah, itulah 4 hal yang harus dilakukan oleh single Kristen untuk move on dari sang mantan. Percayalah bahwa Tuhan sudah mempersiapkan masa depan yang penuh harapan bagimu, jadi jangan terus-terusan melihat ke belakang dan terikat dengan sang mantan ya.

Kamu punya masalah seperti artikel di atas, ngga bisa move on dari mantan? Yuk hubungi SAHABAT24 dan alami pemulihan, kamu bisa hubungi melalui SMS/WA  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke [email protected]  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. Kami siap untuk membantumu. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer

Carmel Lita 19 April 2019 - 14:19:30

Mohon doanya untuk ayah kami Ignatius Budi agar bi.. more..

1 Answer

Maryanne 16 April 2019 - 20:03:13

Selamat malam.. saya anne. Rumahtangga sya mulai b.. more..

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7241

advertise with us