Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
720


Memasuki masa-masa remaja, tentu ada begitu banyak hal yang berubah dari anak.

Tak lagi mau di atur seperti bayi, melainkan sudah memiliki kepribadiannya sendiri dan sudah tangkas dalam membuat keputusan sendiri.

Sebagai orangtua, kita sudah tidak lagi sebagai otoritas atas hidupnya dan hal ini kerap membuat kita kuatir.

Meski demikian, kamu masih memiliki hak istimewa menjadi sahabatnya yang duduk disampingnya, berjalan disampingnya, melatihnya, dengan membesarkan hati menghadapinya, berdoa untuk dia menemukan sendiri siapa itu Tuhan.

Adalah kesempatan yang luar biasa bagi kita sebagai orang tua sampai saat ini masih diberikan waktu untuk membantu remaja kita dalam prosesnya ini.

Jadi jangan sia-siakan ya, inilah beberapa cara  yang berdampak bagi pertumbuhan anak kamu ketika dia memasuki masa remaja. Coba praktikkan!

1. Minta bantuan kepada anak kamu untuk kamu bisa mengenali dan mengerti dia

Anak remaja itu kerap ingin dihargai dan dibikin merasa berguna.

Jadi, cobalah mengenalinya dengan cara mengikutsertakan dia. Misalnya meminta bantuan dia supaya kamu bisa menemukan resep yang enak untuk makan malam, atau membantu dia dalam memilih anting-anting atau pakaian kamu untuk pesta.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan dia tugas-tugas untuk dia bisa kerjakan sepanjang hari, nggak cuma sekedar tugas melainkan tugas yang membuat dia mengeluarkan idenya, atau masukannya.

Misalnya dalam hal mengubah posisi kursi dan beberapa pernak-pernik di rumah, berikanlah tugas itu untuknya, sekalian bertanya "Kak, menurut kamu mana yang bagus? Fotonya disini atau disana? Coba kaka urusin ya. Nanti kalau ada yang tidak paham, tanya mama ya kak."

Dengan demikian, dia merasa bahwa dia sangat diperlukan dalam rumah. Dan idenya pun dihormati dan dihargai.

2. Tulislah catatan cinta untuk menyemangati dia

Misalnya, supaya anak kamu senang atau semangat, kamu bisa menulis catatan dan sembunyikan di buku-bukunya, laci pakaiannya, perlengkapan olahraganya, atau tempat-tempat lain yang gampang dia temukan.

Kamu juga bisa menantang berapa banyak catatan manis yang bisa dia temukan dalam seminggu atau sebulan.

Percaya deh, dengan begini maka anak kamu akan semakin dekat sama kamu, semakin cinta dan penuh kasih. Dia akan belajar sesuatu hal yang manis dari sikap mamanya. Dan itu akan membuatnya bertumbuh menjadi remaja yang penuh kasih dan lemah lembut.

3. Hormati apapun minat atau hobinya

Sebagai orangtua, kamu tidak bisa melarang hobinya dong. Kalau dia suka mendengar lagu, menonton YouTube, masakan kita larang?

Justru bertanyalah kepada dia, lagu apa yang dia suka, YouTube favorit siapa yang dia sering nonton, lalu arahin dia untuk mendengar lagu-lagu yang menarik atau YouTube yang menarik. Jangan langsung kritik mereka sembarangan, melainkan hargailah hobi dan kesukaan mereka.

Kalau misalnya mereka menonton YouTube publik figur yang tidak baik, dan menurutmu buruk bagi pertumbuhannya, maka kamu pelan-pelan arahin dia tanpa mengkritik sembarangan. Berikan bukti jika publik figur yang dia tonton itu buruk. Riset dan sampaikan, lalu arahin mereka untuk menonton publik figur yang lain, jauh lebih baik.

4. Investasikan waktu kepada mereka

Sebentar lagi anak kamu akan tumbuh dewasa dan mereka akan pergi dari rumah untuk merantau atau menikah. Jadi semasa remajanya ini, habiskanlah waktu dengan mereka.

Ketika mereka menghadapi tekanan di sekolah, di lingkarang sosial mereka maka sisihkanlah waktu untuk berbicara, bertanya untuk apa yang bisa kamu bantu.

Juga ajaklah mereka liburan bersama, naik sepeda bersama, olahraga bersama atau apa saja yang mereka suka.

Bangunlah hubungan yang positif kepada  mereka di masa remaja ini, untuk mereka bawa ketika mereka dewasa dan memiliki anak-anak di masa depan.

5. Seringlah berbagi dan bercerita tentang Tuhan dengannya

Berdoalah untuk anak remaja kamu. Biarkan dia mendengarkan kesaksian dan cerita kamu,  dan bersyukur kepada Tuhan atas karunia dimana kamu memiliki mereka dalam hidupmu.

Doronglah mereka untuk ikut komsel atau ibadah remaja di gereja kamu, pedalaman Alkitab dan adakanlah mezbah keluarga supaya mereka tetap merasakan Kristus tiap hari. Nikmatilah ikatan bersama dalam menjelajahi Firman Tuhan bersama-sama.

 

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu anak kamu bertumbuh dalam Kristus dan merasa di hargai. Sehingga pada masa mudanya, dia hidup dalam kasih Bapa yang lemah dan lembut!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2