Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
248


Apa kesan yang kamu dapatkan ketika mendengar kata museum? Gedung besar dengan gaya art-deco, nggak menarik, olides, penuh barang-barang usah dengan kesan yang suram?

Well, nggak semua museum di Jakarta menawarkan pesona yang begitu, kok!

Faktanya ada banyak museum di Jakarta yang memiliki karakter dan nuansa yang nggak biasa dan anti-mainstream untuk bisa kamu nikmati dan pastinya nggak membosankan. Bahkan nggak sedikit juga yang menawarkan nuansa Instagenik, yang membuat siapapun tertarik untuk berfoto dan mengabadikan keunikan spot yang bisa ditemukan.

So, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi museum yang tidak biasa, namun tetap mengusung semangat edukasi dan informasi tanpa meninggalkan perannya sebagai salah satu penyimpan sejarah Indonesia dan dunia?

Nah ini dia!

1. Nuansa hijau di padatnya Jakarta ternyata ada Museum di Tengah Kebun loh!

Nggak banyak yang tahu bahwa ada surga alam yang hijau ditengah kota Jakarta yang padat dan penuh bangunan bertingkat. Nuansa hijau yang menyejukkan itu ada di dalam wilayah Kemang.

Disambut pintu kayu yang besar yang memisahkan pusat keramaian di Kemang dengan surga di dalamnya, Museum di Tengah Kebun ini menawarkan topeng, patung hingga fosil pohon, kerang hingga lebah dari era Triassic dan Jurrasic untuk dinikmati oleh mata.

Di dalam ini, ada sekitar 2.800-an koleksi barang yang dipamerkan loh, yang memiliki nilai sejarah dan cerita menarik di dalamnya.

Kamu bisa mengikuti kisah di balik setiap item barang yang dipamerkan dengan terpana.

Namun, ada syarat khusus untuk bisa masuk museum di Jakarta yang cukup eksotik ini. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, namun harus datang dalam rombongan antara tujuh dan 12 orang. Waktu berkunjung juga harus ditetapkan jauh-jauh hari untuk bisa masuk di museum yang memiliki gazebo asyik di tengahnya untuk menikmati nuansa dan atmosfer alami museum ini. Tertarik untuk datang?

2. Menikmati seni modern dan kontemporer dunia di Museum Macan

Oke, jangan membayangkan kamu akan melihat harimau, singa atau sebangsanya di salah satu museum di Jakarta ini. Malahan, yang bakal kamu nikmati adalah hasil seni modern dan kontemporer asal Indonesia dan Internasional. Keren banget, lho!

Setidaknya ada 90 karya seni rupa dan kontemporer dari Indonesia dan internasional yang dipamerkan di sini. Salah satu karya seni yang paling menyita perhatian adalah Infinity Mirrored Room dari Yayoi Kusama, seniman asal Jepang.

Bagi penikmat seni instalasi atau hasil karya seni tidak biasa dengan gaya kontemporer dengan berbagai media dan teknik, museum ini menjadi lokasi yang pas untuk menjadi jujukan, untuk sekadar menikmati karya seni, atau juga belajar mengenai aliran seni kontemporer.

3. Ruang seni penuh histori yaitu Museum Toeti Heraty

Dari sekadar galeri menjadi museum yang jauh lebih mengesankan. Itulah gambaran singkat dan dangkal, namun bisa menggambarkan seperti apa salah satu museum di Jakarta yang cukup unik dan anti-mainstream ini.

Berbeda dari museum pada umumnya, Museum Toeti Heraty memiliki koleksi banyak karya seni seniman besar Indonesia. Bukan hanya lukisan, tapi juga patung dan benda lain yang memiliki nilai histori berharga. Harta lain dari museum ini yang tidak bisa dilewatkan adalah ribuan literatur dengan tema perempuan dan arsitektur.

Tidak hanya menikmati ribuan karya seni yang terbagi dalam dua bangunan, museum ini juga memiliki auditorium, ruang rapat, kafe dan lima unit kamar homestay yang cozy. Tertarik bermalam di sini?

Nah itulah 3 museum yang harus kamu datangi di Jakarta. Tertarik weekend ini ke sana?

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3