Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
766


Pernah dengar pepatah ," Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian."

Sejatinya, pepatah ini bisa juga diterapkan untuk mengatur keuangan kamu saat ini loh, apalagi jika kamu masih usia 20-an tahun, jadi pas nanti usia 30-an tahun kamu sudah nggak lagi meraba-raba dan bisa sukses serta mandiri secara finansial.

So, sudah siap mengatur keuangan kamu supaya bisa terbebas dari beban biaya yang tidak terduga sekaligus pensiun dini tanpa beban?

Yuk, mulailah lakukan hal ini mulai dari sekarang!

1 Menginvetasikan saham

Mumpung masih muda dan tidak begitu banyak pengeluaran, ada baiknya menyimpan uangmu dalam investasi saham.

Coba cari tahu informasi soal ini, karena menyimpan uang melalui investasi itu butuh waktu yang panjang, serta dibutuhkan kesabaran sekaligus harus pintar dalam membaca kondisi ekonomi negara.

So, bekerja keraslah karena hasilnya akan sangat baik. Kamu cukup mengeluarkan modal 100.000 di awal untuk mendaftar menjadi nasabah sekuritas.

Selain berinvestasi, memiliki saham adalah cara untuk menjaga ekonomi bangsa untuk tetap sehat.

2. Cobalah untuk berinvestasi di startup yang sesuai dengan passion kamu

Jika kamu merasa kreatif, maka cobalah untuk membuka diri dan bekerja sama dengan teman atau bahkan membuka perusahaan startup sendiri. Tapi sebelum melakukannya, pastikan kamu punya modal yang kuat ya, supaya perusahaan kamu bisa berjalan sukses dan meraih keberhasilan.

Nggak harus memiliki ranah usaha yang mainstream kok, kamu juga bisa melirik jenis usaha yang anti-mainstream seperti  dalam bidang pertanian, kue, jual baju dan lain sebagainya.

3 Bergaullah dengan lingkungan yang positif

1 Korintus 15:33: "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik."

Firman ini juga berlaku dalam keuangan kamu. Jika kamu salah memilih teman,  maka kamu pun bisa kehilangan banyak uang dan tak bisa berhasil dalam keuangan.

Jadi, pastikan jangan banyak bergaul dengan teman-teman yang boros dan cenderung konsumtif ya, itu akan mempengaruhimu apalagi kalau kamu belum begitu pandai untuk menyimpan uang.

4 Mampu mengatur pesangon ataupun bonus dengan baik

Kadang, merasa masih muda membuat kita berpikir bahwa masih banyak waktu untuk mencari uang lebih banyak, jadi ketika kamu mendapatkan pesangon atau THR kamu pun menggunakannya untuk berfoya-foya.

Nah, jika kamu masih melakukan kebiasaan itu sampai saat ini maka ada baiknya berubahlah dan semakin bijak dalam mengatur keuangan, seperti menahan diri untuk berfoya-foya. Ingatkan dirimu untuk selalu menyimpan sebagian besar penghasilan tak terduga tersebut sebagai dana darurat atau kamu bisa memasukkannya ke dalam depositomu.

5. Carilah kerjaan sampingan sesuai dengan keahlianmu

Jangan merasa karena usia masih muda, akan ada banyak peluang di depan mata. Justru selagi muda Anda harus memanfaatkan waktu yang ada untuk terus mengasah diri dan mencari keahlian baru sambil memperdalam keahlian yang sudah dimiliki. Saingan akan terus bertambah seiring dengan waktu. Bukan hanya datang dari kalangan yang seusia tapi juga lebih generasi selanjutnya. Seiring berjalan waktu persaingan di dunia kerja akan semakin ketat dan mengharuskan Anda memiliki kemampuan lain untuk ditawarkan.

Nah itulah 5 hal yang wajib kamu lakukan, mumpungbelum usia 30 an Jangan lupa berdoa dan terus meminta perkenanan Tuhan ya. Sebab, apalah gunanya memiliki seluruh harta dan kekayaan jika tak memiliki hati Allah dan hidup penuh kasih seperti Yesus.

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

C N Kaunang 29 February 2020 - 10:29:37

anak menentang

0 Answer

Blante Reynaldy Sirait 29 February 2020 - 00:05:48

Kemalasan

0 Answer

Abram is 28 February 2020 - 19:37:25

Makanan

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7268

Banner Mitra Februari 2020 (3)