Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
466


Jadi orangtua adalah pekerjaan yang berat dan melelahkan. Dan tak ada orangtua mau merasakannya. Tuhan sendiri memberi kita kebutuhan untuk beristirahat. Bagi orangtua, bisa istirahat dengan nyaman sepanjang malam adalah anugerah Tuhan. Itu benar! Karena setelah punya anak, tidur tak akan pernah lagi berkualitas.

Di tengah rasa lelah itu, berapa banyak orangtua yang meminta pertolongan dari Tuhan? Kalau Tuhan berjanji untuk melakukan hal-hal yang baik dalam hidup kita, maka Dia juga peduli dengan rasa lelah sebagai orangtua.

Dengan rasa lelah inilah Tuhan mau mengajar setiap orangtua belajar tentang 5 hal ini.

1. Tuhan mau orangtua belajar untuk menemukan rencanaNya

Di tengah kelelahan yang dialami orangtua, Tuhan ingin mengajarkan tentang kelemahan kita dan kebutuhan kita akan Dia.

Kadang kala, rasa lelah membuat kita jadi pribadi yang rendah hati. Saat merasa lelah, kita mendapat kesempatan untuk merasakan realitas. Kita akan semakin tergantung kepada Tuhan setiap waktu. Tuhan mau setiap kita yang mengaku hampir menyerah dengan pekerjaan mengurus anak, datang kepadaNya dan meminta pertolongan.

2. Tuhan mau membereskan hal-hal yang tak baik

Rasa lelah memang mudah membuat seseorang emosional; marah, sebbel, kesal, tidak sabar dan sebagainya. Kita mungkin juga akan cenderung mengeluh ke Tuhan. Dan respon negatif itulah yang Tuhan mau bereskan dari dalam hidup kita.

Sebagai orangtua, kita harusnya bisa menguasai diri dan belajar untuk berlapang dada. Tuhan mau kita belajar meresponi dengan cara yang benar dan bertumbuh dalam kasih serta menjauhi hal-hal yang jahat (Roma 12: 9). Tuhan sendiri bekerja di dalam kita sebagaimana Roh Kudus mengekspos setiap dosa yang menguasai kita ketika sedang lelah. Tuhan mau mendewasakan kita dan belajar tentang hatiNya yang penuh belas kasihan.

Baca Juga :

Sebagai Anak, Perkatakanlah Tiga Ayat Alkitab Saat Doakan Orangtuamu

Dokter Ini Peringatkan Orangtua Soal Video Youtube yang Selipkan Tips Bunuh Diri ke Anak

3. Tuhan mengajar kita untuk mau terbuka meminta bantuan

Banyak orangtua jaman sekarang yang mulai merasa enggan meminta bantuan dari sesama orangtua. Mereka berpikir bisa menangani masalah yang mereka hadapi.

Sayangnya, itu adalah pilihan keliru. Tuhan sendiri memerintahkan kita untuk meminta pertolongan dari sesama kita. Karena orang lain juga akan senang jika dilibatkan untuk membantumu.

Jadi kalau kamu memang benar-benar lelah dan butuh bantuan, andalkanlah orang-orang terdekatmu baik itu teman, keluarga, maupun komunitasmu. Mereka pasti akan terbuka membantu sesuai dengan kemampuan mereka.

4. Tuhan mau mengambilalih fokus kita

Waktu kita lapar, kita butuh makan. Saat kita kuatir dan takut, kita butuh melekatkan hati kita melalui firman Tuhan. Setiap orangtua butuh kekuatan untuk melawan setiap rasa lelah. Yesus sendiri memberikan diriNya dan berjanji untuk hadir bagi kita (Matius 11: 28).

Jadi, meskipun di tengah kelelahan Tuhan mau kita tetap mengambil waktu untuk mengkonsumsi firmanNya. Jadi, luangkanlah waktumu walaupun hanya butuh punya waktu 5 menit untuk membaca firman-Nya dan berdoa.

5. Rasa lelah orangtua bisa hantarkan anak kepada Tuhan

Setiap orangtua butuh Yesus untuk menguatkan mereka hari lepas hari. Dan saat rasa lelah seakan membawa orangtua pada dosa dan masalah, mereka diberi kesempatan untuk melatih anak-anak mereka untuk berpegang teguh kepada Tuhan (Yesaya 40: 31).

Orangtua, rasa lelahmu mungkin adalah ujian yang tak diinginkan. Tapi percayalah itu adalah kesempatan bagi semua orangtua untuk bisa menggantungkan dirinya kepada Tuhan. Jadi, mintalah pertolongan dariNya supaya rasa lelah itu digantikan dengan kekuatan yang baru. 

Sumber : Unlockingthebible.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3