Pelajaran Kerendahan Hati, Sebuah Tamparan Dari Tuhan Tanda Dia Sayang Padaku
Kalangan Sendiri

Pelajaran Kerendahan Hati, Sebuah Tamparan Dari Tuhan Tanda Dia Sayang Padaku

Puji Astuti Official Writer
      4656

Yesaya 42: 8

Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 61; Markus 5; Bilangan 5-6

Namun, kadang-kadang, saya mencoba mencuri kemuliaan itu dari Tuhan.

Saya baru-baru ini pulang ke Florida dari Indiana setelah menjadi sutradara dan koreografi drama untuk empat konser besar Natal sekelas kota itu. Saya telah menulis sekitar 60 surat ucapan terima kasih yang dipersonalisasi kepada para pemain dan kru yang telah membantu saya, termasuk asisten sutradara saya, tetapi belum menerima satu tanggapan pun dari mereka. Suatu hari saya berbagi dengan seorang teman bahwa saya telah memberikan waktu, tenaga, dan bakat saya sebagai sukarelawan selama enam bulan, dan tidak ada yang mau repot-repot menanggapi.

"Ini luar biasa," kataku, "bagaimana beberapa orang, bahkan orang Kristen, bisa sangat tidak berterima kasih."

"Jadi sekarang," teman saya bertanya, "Kamu mengeluh tentang sikap mereka yang tidak tahu berterima kasih?"

Aduh. Tuhan menampar wajah saya.

Apakah saya mengeluh atau hanya menjelaskan situasinya? Saya bertanya, "Apakah kamu  tidak ingin tahu bahwa setidaknya satu orang menghargai semua kerja keras dan lamanya saya bekerja?"

"Kedengarannya bagiku kamu seperti sedang mengasihani diri," jawabnya. "Jadi, apakah kamu melakukan hal itu untuk mendapatkan pujian dan tepukan di punggung?"

Aduh. Tuhan menampar wajah saya lagi.

Kemudian teman saya mengingatkan saya tentang Yesus dan sepuluh orang kusta. Dia telah menyembuhkan kesepuluh dari mereka, tetapi hanya satu yang kembali untuk mengucapkan terima kasih. "Menurutmu bagaimana perasaan-Nya?"

“Kurasa aku tidak pernah mempertimbangkannya. Bagaimanapun, Dia adalah Tuhan. Dia bisa menanggung kekecewaan. "

"Jadi, menurutmu apakah kamu lebih baik dari pada Tuhan sendiri?" Tanyanya.

Aduh. Tamparan keras.

Sama seperti Tuhan menggunakan Nathan untuk menegur  Daud (lihat 2 Samuel 12: 1-9), maka Tuhan menggunakan teman saya untuk menjadi Nathan saya. Saya selalu berpikir saya termotivasi untuk melayani, bukan pengakuan. Saya sedang mengasihani diri sendiri. Saya harusmelayani Tuhan apakah saya mendengar tepuk tangan atau tidak.

Teman saya mengakhiri percakapan kami dengan tendangan keras yang tajam: “Mungkin ada sesuatu yang lain, juga. Mungkin Tuhan tahu kamu membutuhkan kursus penyegaran dalam kerendahan hati. "

Aduh. Tuhan menampar wajah saya lagi.

Saya mengerti pesannya. Saya akhirnya ditegur dengan keras setelah begitu lama. Akhirnya, dalam keadaan ‘memar dan berdarah-darah, saya berlutut dan mencari Alkitab untuk memahami bagaimana Allah mendisiplinkan miliknya. Setelah pencarian yang panjang dan menyakitkan, saya berlutut, puas dengan apa yang dikatakan di  Ibrani 12: 5 (NIV):

Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya."

"Hei," aku ingin berteriak, "Dia benar-benar mencintaiku!"

Pertanyaannya, Mengapa Tuhan menegur anak-anak-Nya? Pemikiran ini mengganggu saya. Sekarang Roma 8:29 menjawabnya: agar kita “menjadi serupa dengan gambar Anak-Nya” dan bagian dari rupa itu adalah “Ia merendahkan diri.” Filipi 2: 8

Jantungku melompat-lompat. Meskipun sifat lama sering kali menolak, Roh di dalam memohon: “Rendahkanlah aku, Tuhan. Rendahkan hati saya. ”Tuhan, Bapaku yang maha tahu, dengan penuh kasih mengoreksi anak-Nya. Dia menunjukkan kepada saya bahwa keinginan mendapatkan pengakuan publik tidak sesuai dengan kerendahan hati Tuhan.

Pencerahan saya, akhirnya: tamparan Tuhan mempersiapkan saya untuk melanjutkan apa yang telah saya lakukan, tetapi sekarang, dengan motif baru, saya akan berusaha keras untuk melihat bahwa nama dan ketenaran Tuhan yang penting - Kristus sendiri - menerangi tenda kehidupan saya.

Tuhan memberikan konfirmasi bahwa saya membuat kemajuan. Dia menyediakan sebuah acara musikal Natal, yang ditulis oleh seorang anggota gereja kami, untuk saya sutradarai dan koreografi. Dia telah memberi saya kesempatan lain untuk melakukan semua hal “dengan segala kerendahan hati.” Kisah Para Rasul 20:19.

Saya sudah menerima cukup banyak tamparan untuk membuat saya bangun untuk saat ini, dan, meskipun saya tidak meminta koreksi dari-Nya, saya bersyukur sudah diingatkan  bahwa “Tuhan mendisiplinkan orang-orang yang ia kasihi” (Ibrani 12: 5). Kursus penyegarannya mengajarkan saya bahwa nama Tuhan-lah yang harus mendominasi semua kredit yang ada di akhir kisah hidup saya. Doa saya adalah agar saya tidak lagi merebut kemuliaan-Nya.

Saya dulu sering menggoda salah seorang teman kuliah saya bahwa ia sudah menghasilkan buku di seri keempat berjudul Kerendahan Hati dan Bagaimana Saya Mencapainya. Sekarang saya bisa mulai dengan yang pertama dan mudah-mudahan, hanya satu saja. Saya akan memberikannya judul, Kerendahan Hati dan Bagaimana Saya Mencapainya, Satu Tamparan Setiap Kali.

Hak Cipta © D. Leon Pippin. Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami