Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
578


 

Belum lama ini, Pendeta Yakub Tri Handoko (YTH) yang menggembalai gereja Reformed Exodus Community (REC), mengatakan bahwa umat Kristiani dan gereja di Indonesia harus melek dan paham mengenai politik.

"Sangat naif jika ada orang Kristiani berkata gereja tidak perlu peduli dengan politik. Justru orang Kristen harus melek politik," kata YTH dalam Talkshow Gereja dan Politik, di Warunk Upnormal Wiyung Surabaya, Senin (25/2/2019) malam.

Selain itu, pendeta ini juga membeberkan alasan praktis yang harus diketahui oleh umat Kristiani mengapa perlunya kita memahami dan melek terhadap politik sekarang ini.

"Kita tidak mungkin melepaskan diri dari politik. Contohnya, kita semua harus membayar pajak, mendapat amnesti pajak, bisa sekolah gratis, itu semua karena keputusan politik," kata YTH dikutip dari Tribum Jatim.

Meskipun semua umat Kristiani harus memahami politik dan melek terhadapnya, Pendeta ini tetap was-was dan memperingatkan gereja supaya memberikan edukasi yang tepat bagi jemaat dalam menilai dan memilih capres di Indonesia ini.

"Tetapi gereja wajib mengedukasi umat untuk bertanggung-jawab dalam menilai dan memilih capres, partai, dan caleg mana yang layak dipilih."

Dia juga menyebutkan seorang tokoh di Alkitab yang juga berkecimpung dalam politik dan menyebut bahwa negara berkaitan penuh dengan kesejahteraan umat Tuhan.

"Allah melalui Nabi Yeremia juga memerintahkan umat-Nya untuk mengusahakan kesejahteraan kota atau negara. Ini menunjukkan bahwa ada kaitan erat antara negara dengan keberadaan dan kesejahteraan umat Tuhan," pungkasnya.

Untuk mendukung PEMILU 2019 tetap aman dan Indonesia penuh dengan kesejahteraan, maka sebagai umat Kristiani kita perlu ambil bagian khusus untuk ini. Mari berdoa, berpuasa untuk bangsa ini. Siapapun presidennya, itu adalah pilihan Tuhan.

Roma 13:1,"....sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah- pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah."

Sumber : Tribum Jatim

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Angelika Yenny 20 November 2019 - 20:45:53

Bagaimana kita memperkenalka n adanya aneka pelaya.. more..

0 Answer

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3