Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
403


Diteguhkan menjadi pendeta baru dan akan pindah dari gereja  di Lembang Buntu Tabang, ke  Gereja To Bena Lembang Betteng Deada, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja, pendeta Yulpianti dan suami diantar oleh sejumlah warga muslim.

“Saat Ibu Pendeta Yulpianti masih di sana (Lembang Buntu Tabang), setiap ada kegiatan, misalnya syukuran rumah, aqiqah, pernikahan, bahkan kegiatan-kegiatan sosial masyarakat muslim dia selalu hadir dan berbaur dengan masyarakat muslim,” tutur Hasriani, seorang warga muslim yang juga turur ikut dalam acara peneguhan ini.

Menurut peneliti Balai Litbang Kementrian Agama (BLA) Makassar, Faisal Oemar Massiry yang juga menyaksikan proses peneguhan pendeta ini, bahwa potret kerukunan umat beragam di Tana Toraja memang sangat terlihat terutama dari aktivitas keseharian yang dilakukan.

"Potret kerukunan umat beragama di Tana Toraja terlihat dalam aktivitas keseharian warga. Mereka yang berbeda agama tak pernah risih untuk menjalin persaudaran dan persahabatan."

Bahkan ibu-ibu anggota Majelis Taklim (MT) Masjid Al Imran Gandang Batu Timur dan Masjid Istiqamah Benaru, Lembang Butu Tabang, Kecamatan Gandangbatu Sillanan pun ikut merayakan ini. Alasan utama mereka adalah karena selama di desa tersebut, pendeta dan suaminya sangat membangun hubungan yang erat dengan warga.

Sementara itu, menurut data demografi yang juga dipaparkan oleh Faisal," penduduk Gandangbatu Silanan mayoritas  Suku Toraja dan Duri. Dari segi agama, penganut agama Islam sebanyak 5.821 jiwa, Katolik 2.966, Kristen 10.311, dan Hindu (Aluk Todolo) 696 jiwa. “Meski warga menganut agama yg beragam namun relasi antar umat beragama terjaga sangat baik dan aktif,” ujarnya

Gimana menurutmu? Apakah kamu akan begitu berdampak seperti pendeta ini di daerah dimana kamu Tuhan tempatkan?

            Artikel Terkait: 

Selama 5 Tahun, Ada 32 Gereja Telah Ditutup. Lantas, Dimana Kesetaraan Rumah Ibadat ?

Apakah kamu akan dihormati, dihargai dan dikasihi seperti ini? Apakah rasa kehilangan akan dirasakan oleh sekitar ketika kamu sudah tak lagi di sisi mereka?

Sebagai orang Kristen, kita diharuskan saling mengasihi satu sama lain. Itulah yang pendeta ini lakukan, dan benar-benar sangat menginspirasi ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

Banner Mitra September week 3