Naomii Simbolon

Official Writer
1694


Penatalayanan adalah segala kebijakan dan tindakan seseorang percaya dalam mengelola kepercayaan yang diberikan oleh pemberi kewenangan.

Nah di Alkitab, Yesus berbicara banyak mengenai hal ini. Dia bahkan menggunakan perumpamaan tentang gimana menangani uang dan mengajarkan prinsip-prinsip yang lebih dalam mengenai pemuridan dan Dia juga mengingatkan para pengikutNya bahwa dimana harta kita berada maka disanalah hati kita juga berada.

"Karena di mana hartamu berada,  di situ juga hatimu berada." (Lukas 12:34)

Tetapi gimana cara-Nya supaya kita bisa mengelola berkat Tuhan seperti yang Yesus lakukan juga?

Nah, itu adalah pertanyaan yang benar bagi orang percaya yang ingin mengikuti keteladanan Yesus dalam kehidupan mereka, termasuk penatalayanan mereka dalam hal keuangan dan lain sebagainya.

Cara yang baik untuk menjawab dan memeriksa pertanyaan ini adalah dengan menyaring hidup Yesus dulu melalui penatalayanan Alkitab soal mengelola berkat-berkat Allah untuk kemuliaanNya.

1. Berkat Tuhan

Tuhan adalah Allah pemilik segalanya dan kitalah yang mengelola apa yang Dia miliki itu. Itulah dasar penatalayanan Alkitab yang harus kita tahu.

Dalam Injil, Yesus sering sekali mengakui peran Allah sebagai Allah Penyedia. Dia mempercayai bahwa Allah menyediakan semua hal bahkan pajak bait suci dari mulut ikan (Matius 17:24-26), dan Dia juga mengajar para pengikutNya untuk selalu bersandar pada Allah ketika mereka bekerja dan melayani (Markus 6:8-11).

Walau demikian, Yesus juga menunjukkan bagaimana kepengurusan bukan hanya mengenai kepemilikan materi tetapi juga melibatkan pekerjaan dan waktu kita.

Dia juga tahu kalau waktu-Nya di bumi sangat terbatas, sehingga Dia dengan sengaja membuat sebuah prioritas yaitu Allah.

Pernah nggak sih bertanya , kok Yesus menyembunyikan identitasnya kepada banyak orang?

Yap, karena jika semua orang tau siapa Dia maka itu akan mengganggu pelayanan-Nya .

            Artikel Terkait :

       4 Kebiasaan Yang Bikin Kamu Miskin Di Pertengahan Bulan.                     Sekarang, Salah Siapa?

2. Jalan Tuhan

Mengakui bahwa Tuhan memiliki semuanya boleh saja, tetapi beda lagi jika bicara untuk terus berkomitmen pada diri sendiri dan menggunakan barang yang Tuhan miliki dengan caraNya – karena sering kali cara Tuhan itu nggak masuk akal.

Dari Eden sampai hari ini, manusia sudah bergulat dengan ketegangan antara mempercayai rencana Tuhan atau rencana diri sendiri.

Ketika manusia mengalami pergumulan ini, Yesus benar-benar tak pernah bergumul dengan ketegangan semacam itu.

Dia merengkuh sepenuhnya rencana Bapa dan tidak pernah gentar untuk mewujudkan semuanya.

Dia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang (Lukas 19:10).

Sama dengan uang atau berkat yang Tuhan punya yang diberikan di tanganmu apa pun itu harus kamu lakukan sesuai dengan jalanNya. Tanpa gentar memberi, dan menggunakannya untuk tujuan yang Allah kehendaki.

Yesus tetap terhubung dengan jalan Tuhan melalui doa. Alkitab memberi tahu kita bahwa doa adalah kebiasaan Yesus (Lukas 5:15-16), dan itu adalah kebiasaan yang juga bisa kita tiru untuk mencari tahu gimana Tuhan menginginkan kita untuk menjaga berkatNya dan menyalurkan kepada yang lain.

3. Kemuliaan Tuhan

Sebenarnya, hidup dan pelayanan Yesus selalu terkait dengan kemuliaan Allah (Yohanes 13:31-32). Entah itu kematian teman atau mengajar murid-muridNya tentang doa, yang jelas Yesus selalu mencari cara untuk memuliakan Bapa-Nya.

Seperti halnya berkat dan harta yang Allah berikan kepada kita. Gunakanlah itu untuk kemuliaanNya. Carilah cara dan lakukanlah semuanya untuk memuliakan nama-Nya.

Jadi, untuk menjadi pengurus dari harta, waktu, dan talenta  yang Tuhan berikan secara efekif, kita harus setiap hari menemukan cara untuk menggunakan berkat Tuhan untuk kemuliaanNya, sama seperti yang Yesus lakukan.

Sumber : crosswalk | Jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us