Supaya Bisa Bepergian Saat Hamil Kayak Meghan Markle, Ikuti Aja 3 Tips dari Dokter Ini

Supaya Bisa Bepergian Saat Hamil Kayak Meghan Markle, Ikuti Aja 3 Tips dari Dokter Ini

Lori Official Writer
1017

Di usia kehamilan yang sudah memasuki bulan ketujuh, Megan Markle masih saja terlihat sibuk dan aktif. Baru-baru ini dia malah masih terlihat bepergian dengan mengunakan pesawat.

Dan saat ini Meghan tengah berada di New York City untuk lima hari kedepan. Ini bahkan jadi kunjungan pertamanya ke Amerika sejak menikahi pangeran Harry. Selama di NYC, Meghan rencananya akan mengadakan Baby Shower bersama dengan teman-temannya.

Melalui hal inilah, banyak orang yang kemudian mempertanyakan apakah benar-benar aman kalau seorang ibu hamil melakukan perjalanan dengan pesawat?

Untuk menjawab hal ini, Dr. Jennifer Aquino, seorang OB/GYN dan asisten profesor klinis di departemen kebidanan dan ginekologi di NYU Langone Health di NYC menyampaikan pendapatnya.

“Untuk wanita hamil yang sedang terbang, kekuatirannya adalah risiko komplikasi kehamilan saat berada di pesawat. Mayoritas komplikasi terjadi pada trimester pertama atau ketiga, tapi juga bisa terjadi kapan saja,” ucap Dr. Aquino.

Salah satu risiko yang ditupi Aquino adalah kemungkinan terjadinya kelahiran premature (kurang dari 37 minggu) dan tidak ada dokter atau perawat di pesawat.

Tapi menurut rekomendasi daeri American College of Obstetrics and Gynecology, selama calon ibu dan janin sehat, seorang wanita bisa melakukan perjalanan dengan aman sampai kehamilan diusia 36 minggu.

Tapi maskapai penerbangan tertentu punya kebijakan tersendiri soal ijin wanita hamil bepergian.

Misalnya, salah satu pesawat mengharuskan penumpang yang hamil bepergian dalam waktu tujuh hari dari tanggal jatuh tempo harus menyerahkan sertifikat dokter tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan. Ibu hamil harus memeriksa kebijakan soal hal ini lebih dulu kepada maskapai yang akan ditumpanginya.

Selain itu, risiko lain yang bisa dialami wanita hamil adalah terjadinya pembekuan darah selama kehamilan. Kalau perjalanan yang dilakukan cenderung panjang, ibu harus mengambil tindakan pencegahan seperti minum banyak air, berpakain longgar dan secara teratur bergerak atau berjalan serta merenggangkan tubuh.

Sementara untuk hal tujuan perjalanan, wanita hamil harus menghindari daerah-daerah yang berisiko tinggi terjadinya infeksi Zika.

Ada tiga tips aman lainnya yang bisa dilakukan wanita hamil saat harus bepergian dengan pesawat.

1. Sediakan cemilan sehat

Pastikan untuk membawa cemilan sehat di dalam tas. Seperti kacang, campuran trail, buah-buahan dan sayur yang kaya serat.

2. Gerbang pemeriksaan aman bagi semua penumpang.

Jangan cemas dengan skrining dan detektor logam yang dipasang di pos pemeriksaan keamanan bandara. Karena hal itu dibuat aman bagi semua orang, termasuk wanita hamil.

3. Jangan terburu-buru

Cobalah untuk sampai ke bandara lebih awal dari jadwal penerbangan. Karena dengan waktu yang terburu-buru dan tergesa-gesa hanya akan membuat ibu hamil mudah stress dan kelelahan. Pastikan juga untuk tidak menenteng atau membawa barang-barang berat ya.

Dengan melakukan tips aman bepergian ini, ibu hamil dijamin aman tiba sampai tujuan. 

Sumber : Today.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami