Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
501


Sebuah daerah dikatakan hidup berdampingan kalau setiap warganya bebas melakukan kegiatan keagamanaan sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. Selain itu, setiap warga juga tak pernah memaksakan kehendak dan bahkan menyakiti sesama warga yang berbeda keyakinan.

Bandung sendiri, yang merupakan kota yang dikenal mayoritas Muslim rupanya punya daerah yang toleran juga. Salah satu daerah yang pernah dinobatkan sebagai kampung toleransi adalah Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler, Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku kalau kehidupan berdampingan di Kelurahan Jamika ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu.

Tapi selain, daerah yang juga baru-baru ini dinobatkan sebagai daerah yang mencerminkan keberagaman adalah Kecamatan Astanaanyar. Daerah ini dipandang telah menerapkan Bhinneka Tunggal Ika lewat kesatuan warganya yang berasal dari latar belakang agama yang berbeda.

“Di Astanaanyar itu memiliki keanekaragaman dan sebaran tempat ibadah cukup banyak. Ada 101 masjid, 18 gereja, 7 vihara dan 1 klenteng yang 90 persennya berada di kelurahan Cibadak,” kata Camat Astanaanyar, Syukur Sabar, seperti dikutip Jabarekspres.com, Selasa (19/2).

Untuk memperkuat kesatuan ini pun, pemerintah setempat membentuk wadah keagamaan bernama Forum Silaturahmi Umat Beragama (FSUB), yang dipakai sebagai tempat untuk berkomunikasi antarumat beragama. FSUB ini sendiri juga difungsikan untuk menekankan hal-hal yang bersifat sosial atau tolong menolong.

“Adapun kegiatannya adalah rapat koordinasi dan komunikasi menjembatani hubungan sosial di wilayahnya. Kita sering memberikan bantuan kalau ada musibah. Itu dikomunikasikan oleh FSUB jadi sangat cepat. Kita tidak menjembatani hubungan ibadahnya, tapi hubungan sosial antara penganut agama yang ada di wilayah Astanaanyar,”ucap Syukur.

Bukan hanya itu, FSUB juga berfungsi untuk mendukung pertumbuhan budaya melalui penyelenggaraaan beragam acara yang melibatkan warganya. Seperti halnya perayaan Imlek bulan ini dilakukan dengan meriah oleh semua warga, tanpa pandang agama.

Kita patut bersyukur bahwa di tengah provinsi mayoritas Muslim ini, masih ada daerah-daerah yang menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman. Semoga kita akan mendengar daerah lain juga hidup berdampingan seperti ini ya.

Sumber : Jabarekspress.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

Banner Mitra September week 2