Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
280


Melahirkan adalah pengalaman emosional dan melelahkan bagi para ibu. Pasca melahirkan, ibu juga akan mengalami perubahan hormon secara drastis dalam beberapa hari.

Seiring dengan hal itu, moms juga rupanya akan mengalami sindrom yang disebut baby blues maupun depresi. Sindrom baby blues ini kebanyakan dialami oleh sekitar 50% dari 80% ibu baru melahirkan. Kondisi ini akan terjadi antara 3 sampai 10 hari setelah kelahiran bayi dan biasanya bisa berlangsung selama 2 sampai 3 hari.

Sindrom baby blues biasanya ditandai oleh perasaan sedih, murung dan mudah menangis. Hal ini terbilang normal karena terjadinya perubahan hormon pada wanita setelah melahirkan.

Secara medis, kadar hormon estrogen dan progesterone wanita yang sangat tinggi selama masa kehamilan akan tiba-tiba menurun pasca melahirkan. Proses neurobiologis inilah yang memicu baby blues.

Para ibu yang mengalami baby blues bisa merasa sangat sedih karena menganggap kelahiran dan transisi menjadi ibu adalah tantangan baru. Meskipun bahagia dengan hal itu, tapi seorang ibu baru akan benar-benar merasa terbebani.

Saat hal ini terjadi, perawatan yang paling efektif adalah dengan mendapatkan dukungan dari pasangan, keluarga dan teman-teman terdekat.

Sementara kondisi baby blues yang berlangsung lebih dari 2 minggu bisa jadi pertanda munculnya masalah yang lebih serius yaitu depresi pasca melahirkan. Depresi ini bisa terjadi kapan saja selama tahun pertama setelah melahirkan. Ibu-ibu yang mengalami hal ini biasanya perlu mendapatkan perawatan intens seperti mengkonsumsi obat, terapi bicara, kelompok pendukung dan yang lainnya.

Untuk mewaspadai munculnya sindrom baby blues dan depresi pasca melahirkan, moms bisa mendeteksi gejala-gejala di bawah ini.

Baby Blues

1. Muncul perasaan sedih yang membuat ibu menangis, emosional dan rentan. Hal ini mirip dengan gejala PMS pada wanita.

2. Perasaan sedih ini akan terasa sekitar lima hari pasca melahirkan, dan akan berlangsung sekitar dua minggu setelah melahirkan.

3. Moms biasanya akan merasakan suasana hati yang gak stabil, tertekan, sedi, mudah tersinggung, cemas, kurang konsentrasi dan perasaan ketergantungan.

4. Baby blues juga bisa membuat ibu menghilang atau pergi begitu saja.

Depresi pasca melahirkan

1. Perasaan sedih dan campur aduk seperti yang terjadi selama baby blues bisa bertahan lebih dari dua mingu setelah melahirkan, jadi pertanda kalau moms mengalami depresi pasca melahirkan.

2. Ketidaktertarikan ibu kepada bayi bisa jadi tanda mengalami depresi. Apalagi jika hal ini diikuti dengan perubahan dalam kebiasaan makan dan tidur serta kurang berkonsentrasi dan putus asa.

3. Depresi pasca melahirkan juga bisa terjadi selama 2-3 bulan pertama setelah melahirkan, tapi bisa juga terjadi setelah melahirkan.

Kalau gejala ini masih bertahan selama lebih dari dua minggu, maka moms harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter ahli. Dengan itu, moms bisa tahu kondisi yang sebenarnya dan penanganan yang tepat pula.

Gak ada ibu baru yang pastinya menginginkan kondisi ini terjadi. Karena melahirkan anak adalah sumber kebahagiaan seorang ibu. Karena itu, mari doakan supaya pasca melahirkan kondisi ibu tetap baik. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

chrisnanto agung 22 March 2019 - 08:05:07

sidney mohede

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer


Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Banner Mitra Week 3


7247

Banner Mitra Maret Week 2