Naomii Simbolon

Official Writer
1356


Gereja Kristen Protestan terbesar di Amerika Serikat (AS) yaitu Southern Baptist Convention tengah di guncang skandal kekerasan seksual. Laporan media-media lokal di AS mengungkap bahwa ratusan pemimpin dan relawan gereja dituduh melakukan kekerasan seksual anak sejak tahun 1998 lalu.

Seperti yang dilansir dari AFP, Rabu (13/02/19), penyelidik berhasil mengungkap mengungkapkan bahwa 380 pemimpin gereja dan relawan gereja menghadapi tuduhan publik atas kekerasan seksual sejak tahun 1998.

Tuduhan tersebut kebanyakan datang dari pria dan wanita muda, yang melaporkan bahwa mereka di paparkan dengan pornografi hingga mengalami pemerkosaan dan hamil.

Dilaporkan jumlah korban mencapai 700 orang anak-anak, dengan usia yang paling muda yaitu 3 tahun. Sampai hari ini  beberapa orang yang dituduh atas kekerasan seksual tersebut masih bertugas di gereja.

Menanggapi laporan ini, beberapa pejabat gereja mengakui bahwa jumlah korban sebenarnya jauh lebih banyak. Mereka bahkan mendorong para korban lainnya untuk berani melapor.

"Salah satu hal yang mendorong saya adalah jumlah pendeta yang secara aktif terlibat saat ini," ujar salah satu pemimpin Southern Baptist Convention, Russell Moore, kepada AFP.

Skandal yang mengguncang Southern Baptist Convention ini sama persis seperti skandal pelecehan seksual  pastor yang mengguncang Gereja Katolik Roma. Southern Baptist Convention merupakan denominasi gereja yang sangat besar, mereka memiliki 47 ribu gereja dan 15 juta jemaat gereja yang sebagian besar tersebar di wilayah Selatan Amerika Serikat (AS).

Menurut kesaksian salah satu jemaat yang pernah menjadi korban dari pelecehan seksual ini, dia (Debbie Vasquez) pernah di aniaya oleh pendetanya ketika dia berusaha 14 tahun, dan pelecehan terhadap dirinya terus menerus terjadi sehingga menyebabkannya hamil pada usia 18 tahun.

Pada tahun 2006, ia menggugat pendeta, Dale Amyx dan gereja karena pelecehan seksualnya, tetapi tuduhan itu malah dibatalkan dan sampai 2016, pendeta yang melecehkannya masih terdaftar sebagai pendeta.

Debbie Vasquez (DV) sekali lagi ditolak legitimasi pada tahun 2008, ketika itu dia pergi ke Indianapolis untuk memohon kepada gereja Southern Baptist Convention. Dia memohon supaya gereja menerapkan perubahan kepada 47 ribu gereja yang tersebut, supaya pelecehan yang serupa tak lagi terjadi di masa depan, tetapi SBC justru dilaporkan menolak hampir semua usulan reformasi, dan membiarkan pelecehan tetap berlanjut.

Presiden SBC saat ini yaitu J. Greear pun mendukung para korban pelecehan seksual karena gerejanya tersebut.

Dalam sebuah email yang ditujukan ke Chrinicle Townhall, Greear mengatakan bahwa setiap gereja yang "membuktikan pola mengabaikan dosa apalagi pelecehan seksual dan masalah lainnya, harus mendapat hukuman dan dihapus dari persekutuan denomonasi yang lebih luas."

Pelecehan seksual yang dilakukan oleh rohaniawan menjadi sebuah fenomena mengerikan. Untuk itu penting gereja untuk mulai membangun lingkungan yang aman untuk anak-anak.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2