Naomii Simbolon

Official Writer
1319


Apakah kamu yakin, kalau kamu  benar-benar tidur terlentang atau gimana sih?

Mungkin beberapa dari kamu tidurnya terlentang dan mungkin juga tidur karena hal itu tergantung tubuh kamu.

Misalnya, kalau kamu sedang hamil maka mungkin kamu tak akan tidur terlentang karena bisa menyebabkan tekanan dan ketidaknyamanan pada perut kamu.

Atau kalau kamu menderita sleep apnea dan nyeri punggung, maka mungkin posisi terlentang akan kamu hindari.

Tetapi sebelum kamu berhenti berusaha untuk mengubah posisi tubuh kamu, kamu perlu mempertimbangkan segala sesuatu, bahkan hal-hal kecil yang mungkin akan berakibat buruk bagi kesehatan kamu ketika memaksakan untuk tidur terlentang.

Meski demikian, tidur terlentang memiliki banyak manfaat yang sangat berharga bagi kesehatanmu loh, karena tidur terlentang bagus untuk menjaga agar tulang belakang kamu tetap lurus dan mengurangi sakit kepala karena tegang. Selain itu, tidur dengan terlentang pun akan bikin kamu terhindar dari kerutan dan iritasi wajah karena kurangnya tekanan sinur terhadap bantal dan lain sebagainya.

Sayangnya, ketika seseorang sudah terbiasa tidur dengan telungkup atau menyamping, maka biasanya akan sulit untuk memulai tidur dengan posisi terlentang lagi.

Nah, untuk melatih tubuh kamu tidur dengan terlentang, coba deh mengikuti tips ini :

1. Coba deh tinggikan posisi kepala kamu dengan bantal

Dengan menggunakan satu atau dua bantal untuk meninggikan posisi kepala kamu setinggi 10 meter akan membuat kamu lebih leluasa bernafas ketika tidur loh.

Atau nggak, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli bantal yang dirancang khusus untuk menjaga otot leher tetap rileks loh, supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak terlentang.

2. Tidurlah dengan menempatkan bantal di bawah lutut kamu.

Tidur dengan terlentang bagus banget untuk memberikan tekanan yang sehat bagi tulang belakang dan punggung kamu bagian bawah.

Kamu akan merasa nyenyak dan segar pas bangun pagi. Maka dari itu, cobalah untuk meletakkan satu atau dua bantal di bawa lutut kamu sebelum tidur, supaya tulang belakang kamu ditopang dengan baik, jadi bisa mengurangi tekanan yang ada pada punggung bagian bawah kamu.

3. Pastikan kasur yang kamu tiduri nyaman dan rata ya!

Ketika kamu ingin tidur terlentang, kasur yang kamu ingin tidur harus nyaman, rata, jangan terlalu keras, jangan juga terlalu lembek sehingga tubuh kamu terbenam ke bawah serta harus kuat menopang tubuh kamu dengan baik. Kalau bisa, ketebalan kasur kamu juga harus berbeda, yaitu dari 18cm hingga 45cm. Jadi, kalau mau beli kasur harus di coba dulu untuk memastikan kasur itu nyaman dan mampu menopang tubuh kamu.

4. Belilah pelembab ruangan

Udara yang kering dalam ruangan itu, bisa bikin masalah bagi kesehatan kita seperti gangguan pada hidung dan tenggorokan, sehingga akhirnya kamu mendengkur pas tidur di malam hari. Nah, untuk menjaga lingkungan tempat tidur tetap nyaman dan lembap, maka tidurlah dengan menyalakan pelembab ruangan. Kamu bisa beli di toko-toko, banyak yang jual!

5. Hindari makan sebelum tidur

Supaya kamu bisa tidur nyenyak, jangan makan sebelum tidur. Kalau pun harus makan, mending beberapa jam sebelum tidur ya.

Jangan lupa minum air putih sebelum tidur.

6. Bersantailah sebelum tidur

Sebagai persiapan sebelum kamu tidur, lakukanlah kegiatan santai seperti mandi secara santai, membaca buku, membaca Alkitab, lalu ngobrol dengan pasangan, berdoa bareng, baru deh, tidur.

Bersantai sebelum tidur akan membantu kamu mudah tidur dan merasa nyaman pas tidur.

Gimana? Mau menikmati sehatnya tidur terlentang kan? Jadi, silahkan melakukan 6 tips di atas! 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7254

Banner Mitra Juni Week 1-2