Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
279


Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari kemarin, mengingatkan kita pada perjuangan para pengidap kanker. Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho adalah salah satu pejuang kanker yang pantas diangkat dalam peringatan ini.

Pasalnya, meski divonis mengidap kanker paru-paru stadium IV B, pria berusia 49 tahun ini tampak tetap semangat menjalani tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Dia dikenal aktif membagikan informasi terkini mengenai bencana yang terjadi di berbagai wilayah di nusantara. Kendati di tengah rasa sakit yang ia derita, Sutopo seakan tak ingin sedetikpun mengabaikan tugasnya. Semangat inilah yang membuat banyak orang kagum dan bangga dengannya.

Baca Juga :

Divonis Derita Kanker Paru-Paru, Penginjil Luis Palau Dapat Kedamaian Seusai Baca Ayat Ini

Bawang Putih Dipercaya Cegah Kanker Paru-Paru

Hujan pujian dan dukungan semangat dari berbagai kalangan mengalir deras terhadapnya. Di mata mereka, Sutopo adalah sosok panutan sebagai pelayan masyarakat.

Sutopo tak pernah mengira jika tubuhnya yang tampak sehat itu rupanya harus divonis kanker paru di pertengahan tahun 2018 silam. Saat itu, dokter menyampaikan kalau sel kanker sudah menyebar ke tulang dan kelenjar getah beningnya. Dia menyayangkan karena meskipun bukan perokok, tapi risiko terjangkitnya penyakit mematikan ini bisa terjadi kepada siapapun.

Di tengah pekerjaannya, Sutopo pun menjalani pengobatan di rumah sakit, mulai dari kemoterapi, radioterapi sampai mengkonsumsi obat-obatan. Berharap pengobatan ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuhnya.

Setelah hampir setengah tahun menjalani pengobatan, kondisi Sutopo masih belum begitu membaik. Paru kirinya sudah semakin mengecil karena ditutupi oleh sel kanker yang terus bertumbuh.

“Saat ini paru kiri saya mengecil karena memang dulu yang kena di bagian ini. Tapi, saya sering lupa sedang sakit kalau terjadi bencana. Adrenalin saya rasanya naik untuk segera berbagi info,” ucapnya, seperti dituturkan kepada DetikHealth.com, Senin (4/2).

Dia juga bercerita kalau baru-baru ini dirinya mengalami kesulitan bernapas karena paru-paru dipenuhi cairan. Dalam kondisi ini, dia harus mengeluarkan cairan dengan cara memasang kateter pig tail.

Terkait penyakit yang dideritanya, Sutopo kerap membagikan secara terbuka di sosial medianya. Beberapa diantaranya adalah momen ketika dirinya bertemu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan dukungan yang ia terima dari Risma.

"Bertemu dengan Bu Risma, beliau langsung menyambut saya. "Pak Sutopo harus semangat dan cepat sembuh. Banyak masyarakat yang menunggu informasi Pak Sutopo saat bencana. Saya kirim obat ya. Banyak orang yang sembuh kanker minum itu," kata Bu Risma. Sungguh baik hati Bu Risma," tulis Sutopo dalam postingan Twitter-nya pada Sabtu, 2 Februari 2019.

Bukan hanya Risma, tapi dari selebriti sampai Presiden Jokowi pun memberikan dukungan dan semangat yang sama kepada Sutopo.

Sebagai pengidap kanker, semangat Sutopo tampak tak perlu pudar. Di tengah sakit, dia tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui pekerjaannya. Ada satu kalimat yang selalu diucapkan setiap kali ditanyai soal penyakitnya. Dia selalu berkata, “Dengan penyakit ini saya justru mendapat pelajaran untuk selalu berusaha sebaik-baiknya, karena makna hidup bukan ditentukan lamanya tapi seberapa besar manfaat untuk orang lain."

Semangat buat Sutopo. Kita berdoa supaya dia diberi kesembuhan total dan sehingga bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pengidap kanker lainnya yang juga tengah berjuang hidup.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Carmel Lita 19 April 2019 - 14:19:30

Mohon doanya untuk ayah kami Ignatius Budi agar bi.. more..

0 Answer

fuamu 18 April 2019 - 14:26:35

bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara

0 Answer

luh purnami 17 April 2019 - 18:30:26

Ketut sweda

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7243

advertise with us