Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4298


Jim Howard, salah satu pendeta di Kampus Valencia yang merupakan bagian dari Real Life Church (RLC) California ditemukan tewas di rumahnya dengan luka tembak di bagian kepala pada hari Rabu, 23 Januari 2019 lalu.

Berdasarkan berita yang dirilis oleh ChristianToday.com, Howard diyakini bunuh diri lantaran mengalami depresi akibat penyakit mental yang dideritanya.

“Dengan berat hati saya mengkonfirmasi bahwa kami mengalami kehilangan yang tragis atas staf gereja kami minggu ini. Pada hari Rabu, 23 Januari 2019, Jim Howard, seorang pendeta terkasih di RLC bunuh diri,” tulis Rusty George, seorang pendeta RLC dalam sebuah pernyataan yang dirilis di Facebook.

George mengaku, Howard adalah sosok pria luar biasa yang memiliki kasih mendalam kepada Tuhan dan memiliki keinginan kuat untuk membagikan kasih itu kepada siapapun yang ia temui.

“Ketika berbicara dengan beberapa temannya saya menemukan bahwa dia diketahui sedang dalam pengobatan dan tiba-tiba bunuh diri, sesuatu yang sangat tidak disarankan,” terangnya.

Baca Juga :

Disayangkan, Pendeta California Putuskan Bunuh Diri Karena Alasan Ini

Lagi-lagi, Pendeta Prancis Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Dia mengaku, tak seorang pun yang tahu betul soal pergolakan dan masalah batin yang sedang dialami Howard. Bahkan orang paling dekat dengannya pun tak sepenuhnya tahu. Kadang dia berkomentar tentang masalahnya ke beberapa orang, namun seperti biasanya mereka sering tak menganggapnya serius.

“Karena Jim suka bercanda dan bersenang-senang. Dan saat melihat ke belakang, saya pikir kapan pun kalian melihat ke belakang kemungkinannya adalah 20/20, kamu akan mulai menyatukan beberapa tanda-tandanya. Tapi kamu tidak akan pernah benar-benar tahu kegelapan di balik hidup seseorang,” lanjutnya.

Seperti informasi yang didapatkan dari LinkedIn, Howard adalah pendeta utama di Kampus Valencia RLC pada Juli 2018. Dia juga melayani sebagai direktur eksekutif di RLC selama tiga tahun terakhir.

Sayangnya, Howard ditemukan tewas dengan luka tembak yang dilakukannya sendiri di halaman belakang rumahnya di Valencia. Dia diyakini telah mengidap penyakit mental yang membuatnya mengalami ketergantungan dengan obat.

George menjelaskan semoga kematian Howard menjadi pelajaran penting bagi orang-orang Kristen yang mengalami sakit mental untuk tidak mengabaikan obat-obatan dari dokter saat sedang sakit. 

“Obat adalah sesuatu yang sangat kuat dan saya pikir di komunitas Kristen ada stigma yang berkata, saya tidak akan minum obat, saya hanya akan berdoa saja. Yah, kadang-kadang jawaban Tuhan kepada kita adalah ‘OK’ tapi juga kita perlu mengkonsumsi obat,” kata George.

Dia juga berjanji agar gerejanya terus menyuarakan soal masalah kesehatan mental dan masalah bunuh diri lebih terbuka.

“Baru 15 tahun di komunitas ini dan melihat tingkat bunuh diri yang meningkat di komunitas kami. Menurut beberapa statistik, RLC adalah salah satu yang mengalami kasus bunuh diri tertinggi di negara ini (Amerika Serikat), dan yang kebanyakan dilakukan oleh pria berusia 40 dan 55 tahun. Ini adalah epidemic yang perlu kita bicarakan,” tandasnya.

Dalam beberapa tahun ini, kasus bunuh diri terus meningkat di kalangan pemimpin gereja. Salah satu masalah terbesar bagi mereka yang memilih bunuh diri adalah karena masalah kesehatan jangka panjang. Jadi, mari gereja-gereja untuk terus terbuka untuk membicarakan masalah kesehatan mental mengingatkan bahwa pengobatan kesehatan itu penting di tengah pelayanan.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

JustinDI 22 November 2019 - 17:30:07

ADA YANG BISA JELASKAN KE SAYA APA ITU ARTIKEL KAR.. more..

0 Answer

JustinDI 22 November 2019 - 17:28:11

Doakan supaya adik saya semakin berubah dan bertob.. more..

0 Answer

Imada Cahya Septiyaningsih 22 November 2019 - 15:17:29

Anak saya merupakan generasi Alpha. Namun ironisny.. more..

1 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3