Dua Bom Serang Gereja Filipina 20 Orang Tewas, ISIS Klaim Dalang Peristiwa Sadis Ini!

Internasional / 28 January 2019

Dua Bom Serang Gereja Filipina 20 Orang Tewas, ISIS Klaim Dalang Peristiwa Sadis Ini!

Puji Astuti Official Writer
1474

Dua bom yang hanya berjarak dua menit meledak di gereja Katedral Katolik Roma di wilayah selatan kepulauan Jolo, Filipina dan menyebabkan setidaknya 20 orang tewas dan melukai ratusan orang. Menurut pihak berwajib, serangan bom terjadi saat misa sedang berlagsung.

Kejadian pada hari Minggu, 27 Januari 2019  itu menewaskan 15 orang penduduk sipil dan lima prajurit, ditambah dengan korban luka sebanyak 111 orang.

Melalui sebuah website, kelompok radikal ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) mengklaim menjadi dalang peristiwa mengerikan itu.

Menurut berita yang dirilis Aljazeera.com, bom pertama meledak di dekap gereja katedral Jolo, di pusat pemerintahan Provinsi Sulu, kemudian bom kedua meledak saat pihak keamanan meresponi serangan itu.

“Angkatan bersenjata Filipina akan bangkit untuk menantang dan menghancurkan para criminal tidak bertuhan tersebut,” demikian pernyataan resmi juru bicara Presiden Duterte, Salvador Panelo.

Paus Fransiskus mengutuk serangan bom berdarah tersebut dan mengajak umat berdoa bagi para korban dan keluarganya. Ia menyatakan bahwa “Komunitas Kristen tenggelam dalam duka.”

“Semoga Tuhan, Raja Damai, mengubah hati yang penuh kekerasan dan mengaruniakan kepada penduduk di wilayah itu hidup berdampingan secara damai,” demikian doa dari Paus Fransiskus.

Pulau Jojo sendiri dikenal sebagai sarang kelompok Abu Sayyaf, kelompok Islam radikal Filipina yang kerap melakukan aksi pembajakan, penculikan dan meminta tebusan uang untuk sejumlah warga negara asing yang diculiknya. 

Sumber : Aljazeera.com
Halaman :
1

Ikuti Kami