Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
606


Saat bakteri masuk ke dalam usus, biasanya seseorang akan mengalami demam, diare dank ram perut. Kondisi ini pun hanya akan sembuh dalam waktu empat sampai tujuh hari, tanpa perlu pengobatan medis yang serius.

Kondisi sakit perut ini disebut dengan serangan bakteri Salmonella atau bakteri patogen yang ditemukan sebagian besar di saluran usus manusia dan hewan.

Penyakit ini kerap menyerang ribuan ternak dan jutaan manusia. Dan sakit perut yang satu ini persis sseperti gejala gastroenteritis. Bakteri Salmonella yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan infeksi sistemik, yang juga dikenal dengan demam enterik. Salmonella bisa dengan ceoat meningkay dari usus ke aliran darah. Tahap ini membutuhkan antibiotik atau rawat inap. Yang paling rentan terserang bakteri ini adalah orangtua, bayi dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Ada tiga jenis bentuk penyakit akibat terjangkit bakteri salmonella diantaranya gastroenteritis, septikemia dan demam enterik.

Saat dalam tahap septicemia, pasien biasanya berada dalam zona sedang dimana dia tak mengalami gejala sakit perut. Bakteri bahkan masih terisolasi di dalam tinja. Tingkat keparahan menjadi sangat tergantung pada kekebalan tubuh penderita atau seberapa kuatnya isalt bakteri. Sementara tahap gastroenteritis Salmonella bisa menetas dalam kurun waktu enam sampai empat puluh delapan jam, tergantung seberapa banyak jumlah bakterinya. Saat menetas, bakteri akan menyebabkan gejala seperti mual, sakit perut, muntah dan diare.

Gejala sakit kepala dianggap normal. Kadang bahkan bisa menyebabkan demam sampai suhu 39 derajat celcius. Demam enterik biasanya disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dimama gejala ini terjadi beberapa setelah gastroenteritis.

Demam enterik biasanya akan menimbulkan gejala seperti sakit kepala, myalgia, demam, penurunan berat badan dan sembelit. Kondisi ini bisa berakibat fatal kalau tidak ditangani dengan tepat waktu.

Gejala umum Salmonellosis ini ditandai dengan gastrpenteritis, septicemia, demam enterik, infeksi dan tahap pembawa asimptomatik. Bakteri Salmonella ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang tidak higienis dan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Bakteri sejenis ini disebut patogen yang mematikan jika:

- Bisa menyerang sel

- Lapisan lipopolisakarida lengkap harus ada

- Harus bisa berkembang biak secara intraseluler

- Bisa meningkatkan racun dalam tubuh

Saat masuk dalam tubuh, bakteri Salmonella bisa membuat koloni di dalam lambung dan usus besar. Kemudian akan mneyerang epitel di lapisan usus dan dengan cepat tumbuh di dalam folikel.

Bakteri Salmonella berkembang biak secara intraseluler dan akan secara bertahap menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi darah. Penyebaran dan penjangkitannya dikendalikan oleh sel retikuloendotelial. Bahaya yang lebih parah dari bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada hati, kantong empedu, tulang, limpa, meningitis dan sebagainya.

Saat lapisan mukosa dalam usus terserang, bakteri akan menghasilkan sitotoksin inflamasi. Biasanya hal ini akan ditandai dengan sensasi terbakar di dalam perut dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pada fungsi usus.

Jika gejala-gejala awal sudah terdeteksi, segeralah melakukan pengobatan rumah berikut.

1. Konsumsi makanan seperti daging merah dan daging unggas dalam kondisi sudah matang sempurna.

2. Mengkonsumsi makanan dengan benar. Misal, tidak mengkonsumsi makanan yang sudah disimpan cukup lama.

3 Minum susu dari proses pasteurisasi saja.

4. Minumlah air mineral dalam kemasan yang baik, tidak rusak atau kotor.

5. Hindari kontak dengan orang atau hewan yang terinfeksi salmonella.

6. Cuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan dan setelah ke toilet.

7. Lakukan diet rendah kalori setelah diare benar-benar berhenti.

Saat kondisi tampak lebih buruk, seperti dehidrasi panjang (kulit keriput dan kering, jarang buang air kecil, dan urin berwarna gelap) atau gejala yang berlangsung lebih dari 48 jam, seperti demam tinggi, diare akut, kulit atau mata menjadi kuning, maka hubungilah segera dokter.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muhammad fachri Nasution 23 September 2019 - 03:07:04

I spoken word

0 Answer

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

advertise with us