Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
287


Anak adalah peniru yang ulung. Apa pun yang kita perbuat sekarang ini, akan sangat berdampak baginya di masa yang akan datang. Sebuah kebiasaan pada anak yang baik tidak timbul begitu saja, melainkan harus dipupuk terus menerus. Untuk itu, yuk biasakan anak untuk melakukan kebiasaan di bawah ini.

1.  Mengucapkan kata tolong

Sekarang ini, rasanya agak sulit untuk menemukan orang yang bersedia mengucapkan kata tolong saat meminta bantuan sesuatu. Padahal, kata tolong ini bisa berdampak sangat besar, lho. Mengucapkan kata tolong juga merupakan tindakan yang sopan untuk meminta bantuan seseorang.

Untuk membuat anak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, kita harus bisa menerapkannya sendiri. Kapan pun meminta sesuatu, biasakan untuk selalu mengatakan tolong. Dengan begitu, anak akan menirukan kebiasaan kita tersebut.

2.  Terima kasih

Mengucapkan kata terima kasih sejak dini dapat membuat anak jadi lebih menghargai orang lain. Biasakan anak untuk mengucapkan terima kasih saat dirinya menerima bantuan sekecil apa pun. Cara terbaik agar anak bisa mengikutinya, tentu saja harus dimulai dari kita sebagai orang tua.

3.  Tidak memotong pembicaraan

Sekarang ini, anak sudah bisa mengakses banyak informasi dari internet. Kebanyakan konten yang ditonton dari Barat yang lebih liberal, dimana mereka bebas mengutarakan pendapat atau berbicara tanpa harus menunggu lawannya selesai berbicara.

Untuk itu, kecuali dalam keadaan darurat, jelaskan selalu pada anak untuk tidak memotong pembicaraan. Selain membuat anak jadi belajar untuk memperhatikan orang lain, cara ini juga membuatnya belajar untuk menahan diri.

4.  Permisi

Jelaskan pada anak kalau sesuatu yang bukan miliknya perlu meminta izin. Berlaku pula saat bertamu atau mengunjungi rumah saudara, teman, dan kerabat lainnya. Begitu pula ketika si kecil ingin di perhatikan, atau sedang melewati kerumunan orang yang lebih tua, ajarkan agar mereka tidak segan mengucapkan kalimat ini.

5. Tidak mengomentari penampilan fisik

Sebagai orang dewasa, kita sering memperhatikan sesuatu dari tampak luarnya. Tidak terkecuali soal penampilan fisik seseorang. Padahal, kita harus bisa mengajarkan pada anak kalau setiap orang adalah unik dan berbeda, sehingga kita perlu menerimanya. Mengomentari fisik seseorang bisa membuat orang lain terluka, lho. Tentu saja kita tidak ingin anak kita jadi seperti itu nantinya.

6.  Biasakan untuk bertanya kabar

Bertanya kabar bukan hanya sekedar basa-basi, tetapi juga karena kita memang peduli terhadap orang tersebut. Jadilah teladan dengan menjawab pertanyaan ini dengan baik, juga untuk bertanya hal serupa kepada si penanya. Biasakan juga bertanya tentang kabar anak setelah pulang sekolah, atau saat kita pulang kerja.

7.  Tidur tepat waktu

Disiplin terhadap jam tidur juga penting untuk diajarkan pada anak sedini mungkin. Biasanya, kalau anak kurang tidur, ia akan jadi lebih rewel dari pada biasanya. Untuk itu, buatlah peraturan yang jelas agar anak bisa seenaknya sendiri saat dewasa nantinya.

Ibarat sebuah kertas yang kosong, anak-anak adalah lembaran yang perlu kita isi. Isi dari kertas tersebut sangat tergantung dari isi yang ingin kita goreskan. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7233

advertise with us