Ketum Sinode GBI Harapkan Integritas Pewarta Nasrani Terus Dijaga

Nasional / 12 January 2019

Kalangan Sendiri

Ketum Sinode GBI Harapkan Integritas Pewarta Nasrani Terus Dijaga

daniel.tanamal Official Writer
1854


Ketua Umum Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), Pendeta Japarlin Marbun terus mendorong dan berharap kepada awak media, terutama para jurnalis Kristiani untuk tetap mengedepankan kabar baik, mewartakan manfaat dan informasi yang membangun dan mendidik masyarakat, terutama warga gereja, terlebih memasuki tahun politik 2019 ini.

“Seperti apa yang menjadi tema Natal GBI dari Lukas 2:10, yaitu; kabar baik untuk semua, maka harapan saya, rekan-rekan pewarta, para jurnalis Kristen, tetap pada misi untuk membawa kabar baik,” ujar Japarlin dalam pertemuan bersama para jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna Indonesia), di Lounge Kantor Sinode GBI, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1).

Selain itu, salah satu tokoh senior GBI ini juga mengungkapkan mengenai tiga hal penting yang mampu menjadi filter sebuah berita, sehingga tidak menjadi kabar buruk atau hoax. “Media harus menyuarakan kabar baik, bukan kabar buruk atau hoax. Sebelum kita mewartakan satu berita, pewarta harus memperhatikan tiga hal penting; Pertama, benarkah berita itu? Kedua, tepatkah berita itu? dan Ketiga, bergunakah berita yang disampaikan atau berita yang akan diwartakan itu? Kalau sudah lolos dari tiga hal ini, maka berita itu bisa diwartakan. Jadi tiga hal ini harus dipegang oleh para jurnalis Kristen,” ungkapnya.

Selain itu, Japarlin juga setuju perlunya sinergitas antara gereja dan media, sehingga masyarakat bahkan pemerintah mengetahui kegiatan-kegiatan gereja. “Organisasi gereja harus menjalin kerja sama yang baik dengan wartawan. Pertemuan seperti ini penting sehingga tidak ada mis komunikasi dan terjalin sinergitas. Kegiatan saling mendukung perlu dilakukan antara gereja dan media sehingga publik termasuk pemerintah bisa mengetahui apa yang telah dikerjakan gereja selama ini.”

 

 

Sumber : Warta Nasrani
Halaman :
1

Ikuti Kami