Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
509


Sebuah hubungan akan terjaga kalau kita bisa mengomunikasikannya dengan baik. Dalam kehidupan rumah tangga, seringkali kita mengalami salah paham karena kurangnya komunikasi ini. Itulah mengapa komunikasi perlu diusakan.

Salah satu kesalahan komunikasi yang sering terjadi adalah ketika kita mau pasangan untuk membantu urusan rumah. Saat kita minta tolong atau mengeluhkan sesuatu, seringkali kita justru terdengar seperti mengomel atau memerintah pasangan.

Padahal, hubungan rumah tangga tidak sama seperti hubungan atasan dengan bawahan. Diperlukan sebuah kerjasama yang baik agar hubungan satu sama lain semakin dekat setiap harinya.

Untuk itu, yuk komunikasikan keinginan pada pasangan dengan cara yang tepat, agar tidak dikira kita mengomel atau tukang menyuruh-nyuruh.

1. Cari tahu apa yang benar-benar kita inginkan

Penting sekali agar kita mengetahui apa yang benar-benar kita butuhkan, sekaligus kenapa kita membutuhkannya. Hal ini akan sulit terutama buat kita yang terbiasa untuk tidak menceritakan perasaan kita. Tidak semua orang pandai dalam memabca kode yang kita lemparkan. Untuk itu, ketika sudah benar-benar tahu apa yang diinginkan, cobalah untuk mengutarakannya dengan jelas kepada pasangan.

2.  Fokus pada isi pesannya

"Apa sih yang sebenarnya kita ingin sampaikan pada pasangan?" Pertanyaan ini harus ada dalam pikiran kita agar akhirnya pesan yang disampaikan menjadi jelas. Fokus pada pesannya dapat membuat kita lebih bijak dalam memilih kata-kata saat meminta sesuatu dari pasangan. Baik itu sebuah permintaan atau hal lainnya, kalau disampaikan dengan cara yang manis dan pesan yang tepat, pasangan pasti akan senang mendengarnya.

3. Tempatkan diri sendiri pada posisi pasangan

Kita dan pasangan sama-sama lelah. Tetapi, salah satu diantara kita harus ada yang memasak karena sejak makan siang, kita belum makan apa pun. Di sisi lain, lantai belum disapu, ada cucian kotor yang menumpuk.

Dalam kondisi yang sama-sama lelah, tanpa adanya obrolan atau permintaan yang baik, bisa jadi bantuan yang kita inginkan justru terdengar memerintah, lho. Salah satu caranya adalah dengan memikirkan perkataan apa yang ingin didengar oleh pasangan.

4.  Waspadai gerak-gerik kita

Komunikasi non verbal atau melalui gerakan tubuh juga sama pentingnya dengan isi atau cara kita menyampaikan permintaan pada pasangan. Tentu kita akan lebih senang kalau dimintai tolong dengan cara yang sopan, tidak ditunjuk-tunjuk, bukan?

Menurut Albert Mehrabian, salah seorang guru besar yang banyak meneliti tentang komunikasi, ia berpendapat bahwa kata-kata berperan 7%, intonasi suara berperan 38%, sementara bahasa tubuh mempengaruhi 55%.

Jadi, ayo perhatikan intonasi suara kita, dekati pasangan dengan gerak gerik yang penuh cinta. Ingat sekali lagi, kalau hubungan kita dan pasangan tidaklah sama dengan hubungan antara atasan dan bawahan.

Setelah mengetahui 4 cara di atas, semoga mulai sekarang ini kita jadi bisa bekerja sama dengan pasangan lewat komunikasi yang penuh cinta, ya.

Apakah kamu memiliki pergumulan dengan cara berkomunikasi dalam kehidupan rumah tanggamu? Yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

Sumber : psychcentral


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

0 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

0 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7261

Banner Mitra Februari 2020 (3)