Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
136


Penuh dengan pengharapan, optimisme, dan semangat adalah cara terbaik untuk memulai tahun yang baru ini. Setelah kita merenungkan dan mengevaluasi pencapaian apa yang telah dikerjakan pada tahun 2018 lalu, kini saatnya untuk kita melangkah ke depan dengan mimpi dan harapan-harapan yang baru.

Salah seorang tokoh yang dikenal dengan inovasi, bos Facebook yang sekaligus dikenal sebagai seorang pemain besar di industri teknologi, Mark Zuckerberg membeberkan kunci suksesnya dalam mencapai resolusi-resolusinya setiap tahun. Biasanya, pada setiap awal tahun, Mark akan menuliskan resolusinya pada dinding Facebook pribadinya.

Contoh, pada tahun 2010, ia menuliskan kalau dirinya akan belajar bahasa Mandarin, tahun berikutnya ia akan menjadi seorang vegetarian, dan pada tahun 2015 lalu, ia menuliskan kalau akan membaca sebuah buku setiap dua minggu sekali.

Semua resolusi Mark tercapai, ia membuktikannya dan mengunggah keberhasilan tersebut sehingga publik bisa melihat pencapaiannya. Dari Mark, 5 hal ini adalah bekal agar resolusi di tahun 2019 ini tercapai.

1.  Fokus

Kalau dilihat kembali, hampir semua daftar resolusi yang dipublikasi oleh Mark tidaklah banyak. Ia hanya menuliskan satu-dua hal yang ingin ia capai dalam tahun tertentu. Setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing.

Namun, seseorang minimal bisa mengelola tiga hal pada periode waktu tertentu. Lebih dari itu, biasanya tidak akan efektif. Akan jauh lebih baik jika kita memiliki satu atau dua resolusi tetapi tercapai, dibandingkan dengan memiliki daftar rentetan resolusi yang belum tentu tercapai.

2. Spesifik

Terkadang, kita sendiri juga dibuat bingung oleh resolusi yang kita buat sendiri. Kita harus bisa spesifik dalam menuliskan resolusi di tahun ini. Daripada menuliskan ingin bisa menabung rutin, ada baiknya kita menuliskan ingin memiliki uang sebanyak Rp. 100 juta di akhir tahun.

Buatlah setiap resolusi yang kita inginkan sedetail mungkin. Ingin punya pekerjaan baru belum bisa disebut sebagai spesifik, melainkan menginginkan sebuah pekerjaan dengan pendapatan yang naik, berkesempatan untuk menambah ilmu tertentu, dan atasan yang seru, barulah sebuah tujuan yang spesifik.

3. Berani menunjukkannya pada publik

Tujuannya adalah agar orang lain juga bisa ikut mendoakan dan mengingatkan kita saat keluar dari jalur. Ketika kita berani mengutarakannya secara terbuka pada orang lain, maka kita akan merasa lebih bertanggung jawab atas resolusi kita sendiri.

4. Jadikan tujuan tersebut sebuah tantangan

Kalau kita melihat resolusi-resolusi yang dituliskan oleh Mark, dirinya cenderung membuat resolusi untuk menantang dirinya sendiri. Terkadang, kita sendiri ini malas-malasan saat dimintai sesuatu hal tertentu, tetapi semangat kalau ditantang sesuatu. Tantangan sering membuat kita terpacu untuk melakukan hal terbaik.

5. Kenali alasannya

Penting pula untuk memahami mengapa kita menuliskan resolusi di tahun ini. Hal ini akan menjadi pemicu kita untuk terus berada di jalan yang tepat. Misalnya, kita perlu mempelajari ilmu finansial agar keluarga tidak lagi dipandang sebelah mata, atau ingin hidup sehat agar bisa melakukan banyak hal di tahun 2020 yang akan datang. Semakin kuat alasannya, akan semakin kuat pula kita untuk mencapai resolusi tersebut.

Jadi, apa resolusimu di tahun ini? Tidak perlu ‘ngoyo’, cukuplah beberapa saja, tetapi kita bisa menjalaninya dengan komitmen dan konsisten. Semangat menjalani tahun 2019 ini, ya!

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us