Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
1049


Pastikan kalau kamu sudah menjawab semua pertanyaan di artikel ini Trivia Natal : Seberapa BaikPengetahuanmu Soal Natal? Yuk Coba Jawab 21 Pertanyaan Ini (Part 1) dengan benar ya.

Saatnya memeriksa jawabanmu dengan jawaban kuis trivia Natal ini.

1. A. Betlehem

Yusuf bekerja dan tinggal di Nazareth, tetapi dia berasal dari Betlehem (baca Lukas 2: 3).

2. E. Semua jawaban salah

Pemilik penginapan tidak mengatakan apapun kepada Maria dan Yusuf. Alkitab bahkan tidak menyebut pemilik penginapan karena penginapan itu mungkin lebih seperti kamar tamu di sebuah rumah.

3. C. Tempat makanan ternak

Menarik sekali karena di jaman Perjanjian Baru semua palungan terbuat dari batu. Kalau kamu mengunjungi Israel, kamu bisa melihat batu palem yang digunakan Salomo untuk memberi makan kuda-kudanya di Megido.

4. E. Semua jawaban salah

Alkitab sama sekali tak menyebutkan tentang hal ini. Sejak Yesus lahir di kandang domba ada beragam hewan di sana. Kalau kita berpikir ada hewan tertentu, mungkin kita sedang berasumsi soal hal itu.

5. E. Semua jawaban salah

Ini adalah pertanyaan jebakan. Orang-orang Majus melihat bintang. Tapi Alkitab tidak mengatakan berapa banyak orang Majus yang datang. Dan mereka bukan raja tapi para ahli bintang.

6. D. Semua jawaban salah

Walaupun di cerita anak sekolah minggu banyak yang menyebutkan kalau Maria menunggang kuda dan Yusuf berjalan, tapi Alkitab sama sekali tidak pernah menulis soal hal itu.

7. A. Sekali

Malaikat hanya berbicara langsung kepada gembala sebanyak satu kali saja.

8. A. Kemuliaan kepada Allah di tempat maha tinggi

Kamu bisa membacanya di Lukas 2: 14.

9. D. Balai tentara malaikat

Tentara surgawi bisa terdiri dari ribuan, mungkin mencapai 10.000-100.000 orang. Tak heran kalau para gembala ketakutan saat malaikat-malaikat itu datang menghampiri mereka.

10. D. Suatu tempat di Israel

Lagi-lagi, ini adalah pertanyaan jebakan. Kalau kita tahu salju selalu turun di gunung Hermon. Jadi jangan pernah terjebak lagi ya.

11. C. Parfum yang berharga

Kemenyan biasanya dipakai sebagai cairan untuk pemujaan di bait Allah. Kemenyan melambangkan keilahian Tuhan karena Dia adalah Tuhan yang lahir dalam rupa manusia.

12. C. Sosok yang belajar soal bintang

Kata orang Majus secara harafiah diartikan sebagai ‘pemburu bintang’. Meskipun taka da catatan Alkitab yang menuliskan tentang siapa mereka sebenarnya atau dari mana asal mereka, tapi diyakini kalau mereka adalah orang-orang bijak dari Babel. Bisa jadi Tuhan memakai Daniel untuk mengajar orang-orang ini soal nubuatan di masa mendatang, termasuk soal kelahiran Juruslamat dunia.

13. D. Bumbu yang dipakai untuk mengubur orang

Penguburan Herodes menggunakan sebanyak 150 ibs mur. Mur digunakan sebagai pembalseman jenazah di masa itu. Di Yohanes 19: 39 dituliskan bahwa tubuh Yesus diikat dengan kain lenan serta dibaluri dengan 75 pon mur dan gaharu. Mur digambarkan sebagai bentuk penderitaan dan kematiannya.

14. E. Tidak ada yang tahu

Kita tak tahu pasti siapa orang majus itu. Banyak orang yang mengasumsikan kalau terdapat tiga orang majus karena ada tiga hadiah yang dibawa. Tapi di jaman lalu bahwa orang-orang bisa membawa barang-barang bawaan sampai belasan jenis sebagai alat perlindungan.

15. E. Semua jawaban salah

Bacalah Matius 2: 11 untuk mengetahui jawabannya.

16. B. Seorang anak kecil atau balita

Saat gembala menemukan Yesus, mereka mendapati Dia dibungkus di salam sebuah kain lampin. Tapi saat orang Majus itu datang, Yesus telah dipindahkan ke sebuah rumah dan kata Yunani yang digunakan di Matius adalah ‘anak kecil atau balita’. Dia mungkin di suatu tempat saat berusia 12-24 bulan. Kita perlu tahu kalau sebenarnya orang Majus itu baru tiba beberapa bulan setelah kelahiran Yesus.

17. C. Menuntun mereka di depan dan berhenti tempat di mana Yesus berada

Kebanyakan orang melewatkan pertanyaan ini. Bintang itu tidak tinggal diam di atas palungan atau rumah. Matius 2: 9 memperjelas kalau bintang Timur bergerak di depan para Majus dan membimbing mereka sampai berdiri di tempat Yesus berada.

18. B. Untuk mencari tahu di mana Yesus berada

Walaupun para ahli Taurat tahu persis dimana Mesias itu dilahirkan (menurut Mikha 5: 2), mereka sama sekali tak tertarik untuk mengunjunginya.

19. C. Hanya di Matius dan Lukas

Matius adalah seorang pemungut cukai yang mencatat silsilah Yesus sampai cerita tentang orang-orang Majus. Sementara Lukas, seorang dokter mencatat cerita kehamilan Maria dan masa persalinannya.

20. E. B dan C

Saat Yusuf tahu tunangannya mengandung, dia berusaha untuk mengakhiri pertunangannya. Sementara Maria memilih untuk meninggalkan kota untuk menemui sepupunya.

21. E. Kaisar Agustus

Setelah pengumuman dari Kaisar Agustus soal sensus penduduk, Maria dan Yusuf akhirnya memutuskan untuk melakukan perjalanan dari Nazareth ke Betlehem untuk mendaftarkan diri.

Akhirnya selesai juga. Berapa pertanyaan yang berhasil kamu jawab dengan benar? Semoga dari kuis ini kamu bisa dapat beberapa hal baru ya.

Akhir kata, segenap keluarga besar Jawaban.com mengucapkan ‘SELAMAT NATAL’ untuk kita semua. Damai dan sukacita Natal tetap bersama kita ya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Irsan 13 5 December 2019 - 20:31:44

Bidang yg dibahas ekonomi berfokus pada

0 Answer

Icha Vedani 4 December 2019 - 22:12:48

Intan pariwara kelas 11 semester 1

0 Answer

Diah Kristanti 4 December 2019 - 21:56:25

cara bebas hutang

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4